Contoh CV Lamaran Kerja agar Dilirik HRD

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
contoh cv lamaran kerja kreatif
Daftar Topik

Contoh cv lamaran kerja. Bekerja di suatu instansi atau perusahaan merupakan impian bagi hampir seluruh orang. Dengan bekerja, kamu bisa menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan sesuai passion dengan gaji yang tinggi tentu hal yang diidam-idamkan, bukan? Namun, untuk mencapai impian tersebut, tentu harus melewati berbagai macam bentuk seleksi dari perusahaan. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, hingga tahap wawancara akhir. Berbagai rangkaian seleksi tersebut mungkin sudah biasa dilalui oleh para pencari kerja yang berpengalaman. Namun, masih saja banyak dari mereka yang bingung bagaimana agar lolos seleksi di tahap pertama, terlebih para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan perkuliahannya di bangku perkuliahan.

Tahap pertama dalam seleksi masuk kerja merupakan hal krusial yang benar-benar harus kamu persiapkan, salah satunya adalah daftar riwayat hidup atau yang biasa disebut sebagai Curriculum Vitae (CV). CV berisikan mengenai data diri kamu. HRD akan mempertimbangkan, apakah CV kamu sudah sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Itulah mengapa CV merupakan salah satu faktor penentu agar kamu bisa lolos seleksi tahap awal. 

cv formal

Bagi kamu para pencari kerja, kini tak perlu risau. Disini kamu akan menemukan poin-poin penting yang wajib ada agar CV lamaran kerja dilirik oleh HRD. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mengerti dan memahami apa itu CV. CV atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang berisikan tentang data-data penting mengenai diri kamu. Ibaratnya adalah segala hal penting yang berhubungan dengan kamu dan lowongan pekerjaan, dirangkum menjadi suatu dokumen. Data penting tersebut antara lain biodata, deskripsi diri, riwayat pendidikan formal dan informal, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, minat serta keahlian, pencapaian atau prestasi, dan diakhiri dengan lampiran sertifikat sebagai bukti atas apa yang dituliskan dalam CV. Data penting tersebut haruslah memiliki urutan yang benar. Berikut adalah penjelasan secara detail mengenai poin-poin penting dan contoh cv lamaran kerja agar CV dilirik oleh HRD.

  1. Biodata

    Biodata atau data diri menjadi hal paling penting dan utama yang terdapat pada bagian paling atas lembar CV. Kamu wajib mencantumkan data diri kamu sesuai kondisi saat ini. Oleh karena itu kamu wajib update data diri kamu bila ada perubahan.
    Data diri yang kamu cantumkan meliputi antara lain nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang bisa dihubungi, alamat email, status perkawinan, kewarganegaraan, dan media sosial linkedin (bila ada). Jika pada persyaratan lowongan kerja tersebut terdapat badan yang proposional, kamu bisa menambahkan data tinggi dan berat badan. Pastikan kamu mengisi data diri ini dengan benar tanpa ada kesalahan penulisan. Hal ini tentu akan mempengaruhi saat HRD mencocokkan data diri kamu dengan KTP. Terlebih saat kamu dinyatakan lolos, HRD akan menghubungi melalui nomor atau email yang telah kamu cantumkan. Oleh karena itu, ada baikknya kam melakukan pengecekan ulang.cv bahasa inggris

  2. Deskripsi Diri

    Deskripsi diri merupakan bagian kedua yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan diri. Bagian ini penting untuk memberikan kesan yang menarik kepada HRD. Deskripsi diri tidak perlu terlau panjang, yang terpenting telah menggambarkan diri kamu dan pastikan sesuai dengan lowongan kerja yang dilamar. Buatlah deskripsi yang sebenarnya dan tidak melebih-lebihkannya karena bisa saja HRD justru merasa kamu overshow.

  3. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

    Riwayat pendidikan tentu menjadi hal penting pula agar HRD tau apakah kamu benar-benar sesuai dengan persyaratan pendidikan yang tercantum di lowongan kerja. Alangkah lebih baik, kamu menuliskan riwayat pendidikan secara detail mulai dari jenjang pendidikan SD hingga kuliah. Sertakan pula periode pendidikan, jurusan, dan nama instansinya.
    Pelatihan termasuk dalam pendidikan non formal yang perlu kamu cantumkan pula sebagai penunjang dan menjadi nilai plus bagi HRD. Cantumkan pelatihan yang berhubungan dengan posisi lowongan pekerjaan yang kamu daftar. Sama halnya dengan riwayat pendidikan formal, kamu perlu menyertakan periode pelatihan dan instansi yang menyelenggarakan. cv fresh graduate

  4. Pengalaman Kerja

    Bagi kamu yang sudah bekerja, wajib hukumnya untuk mencantumkan riwayat pekerjaan sebelumnya. Sedangkan bagi kamu yang fresh graduate, cantumkan pengalaman kerja berupa magang atau pekerjaan paruh waktu (freelance). Ceritakan dengan detail mengenai nama perusahaan, jenis perusahaan, periode kerja, divisi, jabatan, dan deskripsi pekerjaan yang dilakukan. Pengalaman kerja ini tentu menjadi nilai tambah untuk menyingkirkan kandidat lain.

  5. Pengalaman Organisasi

    Organisasi menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. HRD akan menilai bahwa kamu merupakan orang yang aktif dan memiliki kemauan untuk belajar serta menambah relasi. HRD juga akan menilai bahwa kamu adalah orang yang juga memiliki soft skill yang baik. Kamu bisa mencantumkan beberapa poin seperti nama organisasi, jenis organisasi, periode, jabatan, divisi, dan hal yang dilakukan selama menjabat.
    cv mahasiswa

  6. Minat dan Keahlian

    Untuk meyakinkan HRD terhadap kemampuan yang dimiliki, kamu wajib mencantumkan minat serta keahliaan baik soft skill maupun hard skill. Pastikan kamu menuliskannya sesuai dengan kebutuhan posisi lowongan pekerjaan. Kemampuan bahasa, komunikasi, dan komputer merupakan kemampuan dasar yang bisa kamu cantumkan dalam minat dan keahlian. Pastikan pula minat yang kamu tulis sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

  7. Prestasi

    Prestasi menjadi nilai plus bagi HRD mengingat untuk mencapainya membutuhkan perjuangan dan kerja keras. HRD akan menganggap kamu adalah seorang berprestasi dan mampu bersaing secara sehat. Tuliskan secara singkat dan ringkas mengenai prestasi yang diraih seperti tahun, posisi yang diraih, tingkat atau wilayah, serta instansi yang mengadakannya.
    Setelah mengetahui apa itu CV dan poin-poin penting agar CV dilirik HRD, kamu wajib pula mengetahui contoh beberapa CV sebagai referensi dalam pembuatannya. Berikut adalah jenis beserta contoh CV.

  1. CV Kreatif
  2. CV Formal
  3. CV Fresh Graduate
  4. CV Bahasa Inggris

Itulah contoh cv lamaran kerja dan urutan poin-poin penting yang wajib dicantumkan dalam CV kamu agar dilirik oleh HRD dan lolos tahap awal seleksi kerja. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta restu orang tua agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Wallpaper Ramadhan untuk Mempercantik Gadget mu

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP