City Pop: Sensasi Urban dalam Musik Jepang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
city-pop
Daftar Topik

City Pop – Kemajuan industri dan perekonomian Jepang di tahun 70-an membawa banyak pengaruh. Salah satunya pada aliran musik yang ada. City Pop merupakan salah satu genre yang lahir akibat kemajuan itu. Genre musik ini tak hanya unik. Namun menawarkan unsur urban dan nostalgia yang khas. Kali ini, Blog elevenia akan membahas mengenai genre musik yang kembali hype ini. 

Apa itu City Pop?

city-pop

City Pop adalah genre musik Jepang yang mulai ada sejak tahun 70-an. Namun, kepopulerannya baru memuncak pada tahun 80-90an. Di awal kemunculannya, aliran ini dianggap sebagai wujud dari pengaruh budaya Barat yang menyajikan beragam aliran. Mulai dari Pop, R&B, AOR, Pop West Coast, boogie, slow rock hingga carribean

Aliran musik ini menciptakan nuansa ‘urban’ yang menggambarkan kehidupan perkotaan yang modern. Uniknya, aliran musik ini juga ada karena sebagian musisi Jepang menolak pengaruh dari pendahulu mereka. Salah satu nama musisi yang besar dengan aliran ini ialah Tatsuro Yamashita, yang dijuluki sebagai “Raja City Pop”. Di kalangan wanita, nama Mariya Takeuchi terdengar akrab di telinga berkat lagu Plastic Love-nya. 

city-pop-album

Genre ini hadir dengan berakar dari New Music dan campuran Folk Rock yang dikemas dalam bahasa Jepang. Nuansa tasteful yang diciptakan musik ini dipercaya dapat menimbulkan kesan nostalgia pada nadanya. 

Pasalnya, genre musik ini juga dipercaya sebagai wujud dari pengaruh teknologi yang mulai canggih saat itu. Seperti Walkman, mobil dengan pemutar CD dan juga Stereo FM. Selain itu, alat musik elektronik juga mulai banyak diproduksi secara massal. Selain itu, tahun 70-an juga dikenal sebagai era kejayaan ekonomi Jepang. 

Sayangnya, aliran ini mulai meredup pada akhir 80-an. Namun di awal 2010-an, City Pop kembali diminati berkat peran situs berbagi musik. Genre ini juga berhasil menarik minat internasional karena dijadikan eksperimen dalam pembuatan sub-genre lain. Seperti vaporwave dan future funk.

Peran media sosial juga menjadikannya populer karena adanya minat generasi muda terhadap hal yang berbau aesthetic (estetika). Adanya unsur anime Jepang dalam sub-genre Vaporwave-nya juga diyakini sebagai daya tarik utama. Bagi generasi muda, genre musik ini dijadikan pelarian untuk mengobati rasa bosan terhadap musik masa kini. 

Baca Juga: Daftar Lagu Korea Paling Sedih

City Pop sebagai Seni Populer

city-pop

Selama perkembangannya, City Pop dikenal bukan hanya sebagai aliran lagu yang unik. Namun juga menjadi tonggak populernya gaya fashion baru yang unik dan segar.

Gaya fashion ini melibatkan banyak item seperti suspender, polo shirt, rok kotak-kotak hingga celana denim hitam. Gaya rambut bergelombang, berponi dan pemilihan warna cerah juga bisa jadi pertanda dari pengaruh aliran musik ini.

Kini, pengaruh City Pop menjadi semakin luas dengan kehadiran situs blog pribadi Tumblr. Hal ini karena banyak seniman maupun peminatnya yang menunjukkan karya visualnya di sana. Karya-karya ini tersedia dalam berbagai bentuk. Seperti fotografi, ilustrasi, pixel art hingga animasi singkat dalam format GIF.

ilustrasi-city-pop

Umumnya, gaya karya aliran ini mudah untuk dikenali karena komposisi warna yang cerah namun unik. Seperti magenta, kuning, biru, merah, hijau, ungu, hingga cyan.

Dengan melibatkan unsur ‘urban’ seperti gedung-gedung, sudut jalan, hingga layar iklan dan papan reklame. Juga bebeberapa perangkat seperti walkman dan pemutar CD pada ilustrasi karakter. Gaya karya grafis ini tak lepas dari desain album City Pop yang populer di tahun 70-an. 

Bukan hanya sebagai aliran musik, City Pop juga telah berhasil merambah ke dunia seni populer. Pengaruh teknologi yang ada membuatnya makin mudah diakses oleh siapapun. 

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP