7 Ciri-ciri Krim Berbahaya yang Bisa Merusak Kulitmu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ciri ciri krim berbahaya Warnanya mencolok
Daftar Topik

Ciri ciri krim berbahaya. Sedang rajin-rajinnya melakukan perawatan wajah menggunakan skincare? Saat ini semua orang seperti sedang berlomba-lomba mencari produk perawatan wajah yang bisa memberikan hasil terbaik. Kebanyakan perempuan mencari produk yang bisa memutihkan wajah atau memutihkan badan dengan cepat. Mayoritas warna kulit perempuan Indonesia yang berwarna sawo matang membuat banyak wanita menganggap bahwa warna kulit putih itu lebih baik dan lebih cantik. Padahal dibandingkan warna kulit, kulit yang sehat lebih penting lho.

Untuk membuat kulit menjadi lebih putih, banyak orang yang rela dan percaya dengan klaim beberapa produk yang menjanjikan hasil yang instan. Namun bukannya jadi putih, kulit tubuh kamu malah bisa mendapatkan efek samping berbahaya lho. 

ciri ciri krim berbahaya

Salah satu bahan berbahaya yang kerap kali ada di beberapa krim wajah adalah merkuri. Tak hanya kerusakan kulit, bahan ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian saraf dan ginjal. Nah, agar kamu lebih berhati-hati, simak ciri-ciri krim berbahaya berikut ini.

Ciri-ciri krim berbahaya

1. Krim terasa lengket

Jika kamu merasa krim wajah yang kamu gunakan terasa lengket seperti lem, kamu harus periksa kembali apakah krim wajah tersebut aman dan tidak mencurigakan? Karena pada umumnya, krim wajah hanya akan memberikan efek sedikit berat namun tidak sampai terasa lengket seperti lem. Memang ada beberapa krim wajah yang menimbulkan efek lengket pada wajah, namun hal itu tidak berlangsung lama karena krim akan meresap perlahan pada wajahmu. Beda dengan krim wajah berbahaya, dia tidak akan meresap ada kulit wajahmu, yang ada krim tersebut justru akan menghancurkan lapisan penting di kulit wajahmu.

2. Warnanya mencolok

ciri ciri krim berbahaya Warnanya mencolok

Jika kamu membeli krim wajah dengan warna mencolok tanpa resep dokter maupun label resmi dari BPOM, itu tandnya kamu harus waspada dengan krim wajah ini. Karena, krim wajah dengan warna mencolok sudah pasti tidak menggunakan pewarna kosmetik melainkan menggunakan pewarna tekstil untuk memberi warna kuning dan warna putih pearly (mengilap seperti mutiara).

Krim wajah dengan warna mencolok ini biasa kamu temukan di online shop ataupun toko-toko yang menjual bebas produk pemutih kulit tanpa mengetahui kandungan krim di dalamnya. Maka dari itu, jangan pernah tergiur dengan iming-iming kulit putih seketika kalau kamu melihat krim yang dimaksud memiliki warna mencolok ataupun putih mutiara. Jangan lupa untuk double check.

3. Bau menyengat

Baunya menyengat

Salah satu ciri krim pemutih yang berbahaya yang bisa langsung diidentifikasi adalah baunya yang pekat dan menyengat. Kalau biasanya krim pemutih dengan kandungan natural tidak beraroma sama sekali atau menawarkan wangi tumbuhan alamiah, berbeda dengan krim pemutih berbahaya. Bau krim pemutih berbahaya biasanya mengandung aroma logam. Tapi produsen pembuat krim biasanya juga menutupi bau menyengat ini dengan wangi parfum yang terlalu tajam. 

4. Ada kandungan merkuri

Kalau ada krim pemutih wajah yang memberi janji kulit putih lebih cerah hanya dalam hitungan dua minggu atau jangka waktu yang lebih cepat, kemungkinan besar ada kandungan merkuri di dalamnya. Merkuri memang memberikan efek memutihkan atau menghaluskan kulit secara instan tapi efek sampingnya sangat mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, jika krim pemutih wajah dengan kandungan merkuri digunakan terus menerus maka lama kelamaan akan muncul bercak hitam sekaligus jerawat parah. Efek jangka panjang merkuri adalah kerusakan ginjal yang menyebabkan kanker. 

5. Menyebabkan iritasi

Menyebabkan iritasi

Salah satu ciri-ciri krim wajah yang berbahaya ketika digunakan adalah menyebabkan iritasi pada kulit dalam jangka waktu pemakaian tertentu. Tidak hanya itu saja, kulit wajahmu juga akan berwarna kemerahan seperti terbakar sinar matahari jika menggunakan krim tersebut terlalu lama. Jika kulitmu sudah mengeluarkan reaksi tidak enak atau merasakan hawa panas saat menggunakan krim wajah tersebut, itulah pertanda bahwa kulitmu menerima reaksi dari krim berbahaya tersebut. Memang sih, ada beberapa krim yang menimbulkan purging saat awal mula pemakaian. Tapi jika kamu menggunakan krim wajah berbahaya ini, bukannya purging, kulit wajahmu malah jadi break out dan iritasi.

6. Warna kulit bisa berubah dalam waktu singkat

Apakah krim wajahmu dapat merubah warna kulit wajah secara signifikan hanya dalam waktu kurang dari 2 minggu? Hati-hati, bisa jadi krim wajahmu memiliki kandungan merkuri di dalamnya. Perhatikan kembali wajahmu, apakah warna putihnya terlihat natural? Atau malah kelewat putih dan terkesan ‘abu-abu’? Jika merasa warna wajahmu terlalu putih, coba cek kembali krim wajahmu.

Normalnya, perubahan kulit wajah yang terjadi saat kamu menggunakan krim wajah adalah sekitar 1 hingga 3 bulan. Itupun perubahan yang kamu lihat pasti secara bertahap dan tidak langsung membuat kulit wajahmu putih kinclong seketika. Melainkan, warna kulit wajahmu cerah perlahan terlebih dahulu.

7. Tidak ada izin BPOM 

Ciri krim pemutih yang berbahaya lainnya adalah tidak terdaftar di situs resmi BPOM atau lembaga kesehatan. Jadi, jika kamu tidak melihat nomor BPOM dalam kemasan krim pemutih, maka sebaiknya kamu tidak membeli dan memakai produk tersebut. Bisa jadi produk tersebut dipasarkan secara ilegal dan memberi efek samping berbahaya pada tubuh. 

 

Ayo, ingat semua ciri-ciri krim berbahaya di atas ya, agar kamu tidak salah pilih dan bisa tetap menjaga kulit cantikmu tetap sehat. Sebelum membeli, kamu juga bisa mencari review dari orang-orang yang sudah pernah memakainya di media sosial.

Baca juga:

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat?

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA