Ciri-Ciri Hewan Vertebrata dan Jenisnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
22720 Spesies Ikan Guru Pendidikan
Daftar Topik

Hewan vertebrata merupakan kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang. Tukang belakang yang dimaksud merupakan ruas-ruas tulang yang berjejer dengan panjang mulai dari leher sampai ekornya. Setiap hewan pasti memiliki jenis dan juga ciri-ciri tersendiri. Begitupun dengan hewan vertebrata ini, yang ciri-ciri utamanya adalah hewan ini memiliki tulang punggung. Selain itu, juga ada banyak ciri-ciri hewan vertebrata yang lain dan juga jenis dari hewan ini.

Nah, buat kalian yang ingin tahu ciri-ciri hewan vertebrata dan jenisnya itu seperti apa, Berikut akan kami jelaskan secara singkat mengenai hal itu.

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata dan Jenisnya

1. Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Hewan yang Bertulang Belakang)


22720 Hewan Vertebrata Teks Co Id

Source: Teks.co.id

Terdapat berbagai macam ciri-ciri dari hewan vertebrata ini. adapun ciri-ciri tersebut adalah:

  • Hewan ini tubuhnya terdapat kepala, badan dan ada dua pasang untuk alat gerak. Serta ada yang sebagian dari hewan ini memiliki ekor.
  • Hewan vertebrata ini memiliki sistem pencernaan yang dimulai dari mulut sampai ke anus sehingga sistemnya disebut sistem pencernaan memanjang. Ditambah lagi hewan ini dilengkapi dengan adanya kelenjar pencernaan.
  • Hewan jenis ini mempunyai system peredarah darah yang tertutup. Binatang ini menggunakan ginjal untuk alat ekskresi
  • Hewan vertebrata ini bernapas menggunakan paru-paru, menggunakan kulit, dan juga insang.
  • Alat reproduksi dalam hewan vertebrata ini terdapat di sebelah kanan dan kiri.
  • Hewan vertebrata ini memiliki sistem endokrin yang fungsinya untuk menghasilkan hormon.
  • Hewan ini memiliki sistem saraf dimana sistem sarafnya terdiri dari dua sistem yaitu sistem saraf pusat yang terletak di bagian otak dan sumsum tulang belakang. Serta sistem saraf tepi yang terletak di bagian serabut saraf.
  • Hewan ini memiliki sistem peredaran darah. Peredaran darahnya terdiri dari dua sistem yaitu dari jantung dan sel-sel darah.
  • Sistem gerak yang dimiliki hewan ini, yaitu ada rangka yang digunakan untuk alat gerak secara pasif. Dan otot yang digunakan untuk alat gerak.

2. Jenis-Jenis Hewan Vertebrata

Vertebrata merupakan spesies hewan yang mempunyai tulang belakang. Ada beberapa jenis hewan vertebrata. Hewan ini dibagi menjadi 5 spesies  yaitu

  • Spesies Ikan (Pisces)


22720 Spesies Ikan Guru Pendidikan

Source: Guru Pendidikan

Spesies ikan ini adalah spesies hewan yang tempat tinggalnya di dalam air, hewan ini bernafas dengan menggunakan alat geraknya. Dan alat gerak ini bentuknya menyerupai sirip. Hewan spesies ini cara berkembangbiaknya yaitu dengan menggunkan oviposisi. Yang termasuk dalam spesies ini adalah semua jenis ikan, kecuali ikan paus dan lumba-lumba.

  • Spesies Amfibi (Amphibian)


22720 Spesies Amfibi Biologi Learning

Source: Biologi Learning

Spesies amfibi  merupakan suatu spesies hewan yang tempat tinggalnya di dua alam yakni di darat dan di air. Hewan yang berspesies ini mereka mampu untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri karena hewan ini berdarah dingin. Hewan ini bernafas menggunakan paru-paru. Yang termasuk kedalam spesies amfibi ini adalah hewan seperti katak, kadal air dan salamander.

  • Spesies Reptile (Reptilia)


22720 Spesies Reptile Guru Pendidikan

Source: Guru Pendidikan

Hewan dengan spesies reptil ini adalah hewan yang melata dan juga berdarah dingin. Hewan ini memiliki sisik dan hidupnya bisa dikatakan di dua alam. Contoh dari hewan dengan spesies ini adalah ular, buaya dan juga kadal.

  • Spesies Burung (Aves)


22720 Spesies Burung Rebanas

Source: Rebanas

Hewan dengan jenis spesies burung (aves) ini adalah hewan yang memiliki sayap dan bisa terbang. Hewan aves atau burung ini mempunyai bulu yang fungsinya untuk menutupi tubuhnya. Alat gerak dari hewan aves ini yaitu menggunakan sayap dan juga kaki.

Hewan dengan spesies ini contohnya adalah semua jenis burung. Namun, ada juga hewan yang dikatakan sebagai spesies aves namun hewan ini tidak bisa terbang meskipun mereka memiliki sayap.  Seperti contohnya adalah ayam, angsa, bebek dan juga kalkun.

  • Spesies Mamalia (Hewan yang Menyusui)


22720 Spesies Mamalia Slideshare

Source: Slide Share

Mamalia adalah suatu spesies hewan yang mampu menghasilkan susu. Karena hewan ini mempunyai kelenjar susu (khusus terdapat pada hewan betina) dan kelenjar ini bisa menghasilkan susu yang digunakan untuk sumber makanan anak-anak mereka. Hewan berspesies mamalia ini adalah hewan yang berdarh panas dan mereka terus mengalami perkembangbiakan. Hewan yang berspesies mamalia ini tempat tinggalnya da yang di darat serta juga ada yang hidup di air. Seperti contohnya hewan yang tinggal di darat diantaranya adalah sapi, monyet, kambing, gajah, rusa, domba, kerbau dan masih banyak lagi. Dan untuk hewan yang hidupnya di air contohnya seperti ikan paus, lumba-lumba dan putri duyung.

Nah, demikianlah ciri-ciri hewan vertebrata dan jenisnya yang dapat kami jelaskan secara singkat ini. Bagaimana, sangat mudah sekali bukan untuk dipelajarinya?

Semoga dengan kami bagikannya ciri-ciri dan jenis dari hewan vertebrata ini dapat membantu untuk kalian yang membutuhkan materi ini.  dan juga semoga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kepada kalian semua.

BACA JUGA!

7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA