Kisah Cerita Inspiratif Singkat yang Menarik 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Katak yang Tuli cerita inspiratif singkat
Daftar Topik

Cerita inspiratif singkat. Kali ini kami memiliki beberapa kisah singkat yang inspiratif, cerita-cerita ini ditulis oleh orang-orang keren luar biasa. Cerita singkat yang cukup bermakna dan dapat menjadi motivasi hidup untuk kamu. Cerita di bawah ini dapat kamu baca saat merasa sedih, putus asa, atau pada saat merasa bingung. Berikut merupakan beberapa cerita singkat menarik yang dapat kamu baca.

Cerita inspiratif singkat

1. Berpikir Kreatif

Berpikir Kritis

Kisah pertama ini menceritakan tentang anak seorang pemilik usaha kecil yang memiliki hutang besar kepada rentenir. Tanpa terduga ternyata rentenir yang memberi pinjaman uang menyukai anak dari pemilik usaha kecil tersebut. Rentenir memberikan penawaran untuk mencapai kesepakatan bahwa hutang akan dihapus, apabila sang pemilik usaha mengikuti ucapan rentenir. Akan tetapi, tanpa diduga sang pemilik usaha menolak dengan mentah-mentah keinginan sang rentenir. 

Taktik yang digunakan sang rentenir adalah dengan menipu pemilik usaha dan anaknya. Anak perempuan diperintahkan untuk mengambil kerikil di dalam tas. Terdapat dua kerikil di dalam tas tersebut yang masing-masing memiliki maksud dan artian. Jika anak pemilik usaha berhasil mengambil kerikil hitam, semua hutang dihapus tetapi harus menikah dengan rentenir. Jika kerikil putih yang terambil, hutang juga akan dihapus dan anak pemilik usaha itu tidak perlu dinikahi oleh rentenir. Akan tetapi, anak perempuan pemilik usaha melihat bahwa rentenir mengambil dua kerikil hitam. Anak perempuan itu terus berpikir apa yang bisa ia lakukan.

Selanjutnya, anak perempuan itu mengambil salah satu kerikil dan dengan sengaja menjatuhkannya. Kemudian, anak perempuan tersebut berkata “maaf tidak sengaja, dari jatuhnya batu yang saya ambil, Anda akan dapat mengetahui kerikil mana yang saya ambil”. Karena yang tersisa adalah kerikil hitam, dan rentenir tidak mau dipermalukan, akhirnya hutang dibebaskan tanpa harus menikahi sang rentenir. Pesan moral dari cerita Berpikir Kritis ini adalah untuk tidak cepat menyerah pada pilihan dan cobalah berpikir langkah apa yang sesuai, cari dan cari terus. 

 2. Tali Pengikat Gajah

Tali Pengikat Gajah

Kisah ini diawali dari adanya seorang lelaki yang sedang berada di penampungan gajah. Lelaki tersebut melihat bahwa terdapat gajah yang dirantai di dalam kandang. Gajah-gajah tersebut tidak dapat keluar karena terdapat seutas tali yang mengikat salah satu kaki gajah tersebut. Ketika sang lelaki memandangi gajah, ia terheran-heran dan bertanya mengapa gajah tersebut tidak mencoba melarikan diri. Padahal apabila dilihat, gajah di dalam kandang itu memiliki kekuatan untuk melarikan diri. Lelaki tersebut merasa bahwa gajah-gajah itu dapat dengan mudah melarikan diri dari kandang. 

Rasa penasaran terus merasuki diri sang lelaki itu, akhirnya ia memutuskan untuk bertanya kepada salah satu pelatih gajah. Kemudian, sang pelatih gajah menjawab bahwa alasan gajah tidak melepaskan dirinya adalah karena gajah-gajah itu berpikir semua itu tidak mungkin. Gajah-gajah yang ada di kandang sejak kecil telah dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Pesan moral dari kisah ini adalah untuk terus percaya bahwa apapun yang menghambat disekeliling Anda dapat dilewati. Percayalah bahwa Anda bisa melakukan langkah-langkah hebat dan menjadi sukses. 

3. Katak Yang Tuli

Katak yang Tuli cerita inspiratif singkat

Kisah ini diambil dari sekelompok katak yang lewat di tengah hutan. Tanpa sengaja, dua dari empat ekor katak yang berjalan ternyata jatuh ke dalam lubang. Katak yang berada di atas lubang berkata kepada katak yang di dalam bahwa tidak ada harapan lagi untuk dua katak yang jatuh berhasil ke luar dari lubang. Terlepas dari itu semua, katak yang ada di dalam tetap berusaha meyakinkan diri dan mencoba keluar dengan melompat. Akan tetapi salah satu katak merasa lelah dan menyerah pada usaha yang telah ia lakukan. Ketak satunya terus mencoba dan mencoba lagi sekuat tenaga. Katak yang menyerah tadi mencoba membujuk katak lain yang tetap semangat untuk menyerah, berhenti, dan berpasrah saja. 

Tidak terduga, salah satu katak berhasil keluar dari lubang tersebut. Ketika tiba di luar, sekelompok katak lainnya mengatakan “kamu tidak mendengarkan perkataan kami ya”. Katak yang baru saja lolos dari lubang menjawab, “aku mengira kalian memberikan aku semangat”. Kemudian, katak itu menceritakan bahwa ia sebenarnya tuli. Pesan moral dari kisah Katak Yang Tuli ini adalah tetap menjaga apa yang kita katakan kepada orang lain. Beruntung kali ini katak yang lolos adalah katak tuli, jadi tidak berdampak buruk pada dirinya. Berbeda dengan katak yang tidak tuli, dia masih terjebak di bawah karena menyerah dan beracuan pada apa yang dikatakan katak di luar lubang. 

4. Rintangan di Jalan

Rintangan di Jalan cerita inspiratif singkat

Kisah inspiratif ini berasal dari kisah zaman kuno, dimana seorang raja meletakkan batu besar di jalan. Setelah meletakkan batu itu, raja bersembunyi untuk memantau apakah ada orang yang memindahkan itu. Sebagian besar orang justru menyalahkan Raja karena tidak membersihkan jalan. Tapi tidak ada orang-orang yang melakukan apapun atau menyingkirkan batu itu. Kemudian, setelah beberapa saat terdapat petani yang membawa sayuran dan mencoba menyingkirkan batu. Akhirnya dengan penuh perjuangan, batu itu berhasil didorong oleh petani. Ketika kembali mengambil sayuran, petani melihat terdapat dompet berisi banyak koin emas yang tergeletak di jalan tempat batu itu berada. Dilihat juga oleh petani sebuah catatan dari Raja yang menjelaskan bahwa emas itu untuk orang yang memindahkan batu dari jalan. 

Pesan moral dari kisah Rintangan di Jalan adalah setiap rintangan yang kamu temui dalam hidup dapat memberi kesempatan baik untuk memperbaiki keadaan kita. Kuncinya adalah jangan malas atau hanya mengeluh. Percayalah bahwa kesempatan baik akan hadir saat kita memiliki kemurahan hati dan kemauan untuk menyelesaikan sesuatu. 

 

Itulah beberapa kisah cerita inspiratif singkat yang dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kamu yang sedang gundah gulana. Percayalah, semua permasalahan pasti ada jalan untuk melewatinya. Tetap semangat dan percaya bahwa hidup akan menjadi mudah ketika ada ketulusan hati. 

Baca juga:

Solusi Tepat! Cara Mempercepat koneksi Internet

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP