Cemilan yang Baik untuk Ibu Hamil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cemilan-hamil
Daftar Topik

Cemilan Ibu Hamil – Saat hamil, ibu membutuhkan banyak nutrisi. Diantaranya protein, vitamin, karbohidrat hingga mineral.  Selain dari makanan dan suplemen, kebutuhan  gizi juga dapat diperoleh dari berbagai macam cemilan. Ternyata, ada banyak cemilan yang sangat baik untuk ibu hamil. Tidak hanya sehat, beragam cemilan ini juga mengenyangkan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Ubi

Selain dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik, ubi juga memiliki kandungan nutrisi lain. Diantaranya vitamin C, vitamin B, zat besi, hingga tembaga. Menariknya beta karoten pada ubi dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.  Selain itu, ubi juga sangat mudah diolah sesuai kreasi. Mulai dari direbus, dipanggang, hingga digoreng.

2. Jus Jeruk

Jus bisa jadi pilihan yang tepat saat kamu bosan memilih makanan cemilan hamil, Moms. Kandungan vitamin C-nya yang kaya dapat membantumu dalam menjaga daya tahan tubuh, kesehatan tulang dan gigimu serta janin. Sedangkan asam folat dan kaliumnya mampu mencegah kelainan janin, menjaga metabolisme tubuh dan juga kesehatan otot. Dalam mengkonsumsinya, sebaiknya hindari tambahan susu.

3. Popcorn

Dari luar, cemilan ini mungkin tampak seperti junk food. Namun ternyata, popcorn juga punya kandungan yang baik untuk ibu hamil. Seratnya yang kaya baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, serat juga baik untuk penyerapan nutrisi hingga detoksifikasi tubuh.

4. Kacang Edamame

Jenis biji-bijian ini  biasanya direbus dengan ditambahkan sedikit garam. Kacang edamame juga terkenal dengan kandungan asam volat, vitamin B, zat besi, magnesium tembaga hingga zinc di dalamnya. Semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

5. Pisang dan Selai Kacang

Cemilan yang satu ini menjadi salah satu kombinasi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan potasium dan proteinnya sangat baik untuk ibu dan janin. Selain itu, mengkonsumsi pisang dengan selai kacang dapat membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga: Blackmores Pregnancy dan I-Folic, Apa Bedanya?

6. Kentang Panggang

Siapa sangka, selain menjadi sumber karbohidrat, kentang juga punya banyak kandungan gizi lain. Seperti potasium vitamin C, vitamin B6, serat hingga kalium. Semua nutrisi ini sangat baik untuk ibu dan menjaga tumbuh kembang janin. Pengolahannya yang mudah membuatnya bisa dikombinasikan dengan apa saja. Misal yoghurt sebagai saus untuk menambah rasa.

7. Cokelat

Rasanya yang manis membuat siapa saja ketagihan. Namun untuk ibu hamil, baiknya kamu mengkonsumsi jenis coklat hitam (dark chocolate), Moms. Hal ini karena kandungan lemak dan gulanya yang lebih rendah. Adapun mamfaatnya bagi ibu dan janin sangat beragam. Salah satu ialah mencegah tekanan darah tinggi.

8. Oatmeal

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Diantaranya karbohidrat kompleks, zinc, serat dan magnesium. Kandungan gizi yang beragam itu membuatnya punya manfaat yang positif juga. Seperti mendukung perkembangan sel dan pembentukan DNA pada janin hingga menjaga kekebalan otot serta saraf.

9. Yoghurt

Kandungan prebiotik dalam yoghurt sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Prebiotik dipercaya dapat membantu menekan resiko infeksi saat hamil maupun melahirkan, resiko lahir prematur hingga alergi dan eksim pada bayi. Untuk menambah rasa, kamu juga dapat menambahkan yoghurt plain dengan berbagai buah maupun kacang-kacangan.

Tips makan cemilan agar tetap sehat saat hamil

cemilan--saat-hamil

Sebagai tambahan, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat mengkonsumsi cemilan di masa kehamilan, Moms:

1. Perhatikan jadwal makan

2. Hindari cemilan tinggi lemak

3. Pilih cemilan yang mengenyangkan

4. Batasi konsumsi cemilan

Itu dia tadi informasi mengenai cemilan yang baik untuk ibu hamil. Sudah siap mencoba Moms?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP