3 Cara Cek Ketersediaan Jaringan Indihome

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Fibermap
Daftar Topik

Cek ketersediaan jaringan indihome. Pada era sekarang ini, internet menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat Indonesia, terlebih lagi karena adanya pandemi covid-19 yang membuat berbagai kegiatan bekerja maupun belajar dilakukan secara online. Indihome atau Indonesia Digital Home merupakan produk broadband milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM), menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi pengguna internet rumahan, pasalnya tidak hanya menyediakan layanan internet, namun Indihome memiliki 3 produk sekaligus, yaitu Tv Interaktif (Usee TV), layanan telepon, dan tentunya jaringan internet. Istimewanya lagi indihome menggunakan teknologi fiber optik dengan keunggulan berupa kemampuannya dalam menghantarkan data dengan kapasitas besar dan jarak transmisi yang sangat jauh. Teknologi fiber optik ini juga memiliki keunggulan lain yaitu tahan terhadap gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio, maupun jenis gangguan lain. Keamanannya juga terjamin karena tidak menggunakan listrik sehingga aman dari resiko konsleting, dan yang paling penting aman dari resiko hilangnya data. 

Jaringan Indihome

Indihome semakin diminati masyarakat karena harganya yang ekonomis. Harganya yang ekonomis ini dibuktikan dengan beragamnya paket yang dapat dipilih mulai dari rentang Rp 285.000 hingga Rp 1.750.000 tergantung fasilitas yang kamu inginkan. Contohnya pada harga termurah yaitu Rp285.000 kamu dapat memesan Paket Netizen I Dual Play dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu internet stabil dengan kecepatan mencapai 10 mbps, wifi.id seamless, dan 100 menit gratis telepon rumah dengan kualitas suara yang jernih. Kecepatan internet yang ditawarkan ini sangat beragam bahkan sampai 100 mbps. Wow, cepat sekali, kan?

Fitur terbaru yang tidak kalah menarik dari indihome adalah Indihome view alias kamera pemantau real time yang dapat terhubung ke internet, sehingga kamu dapat meninggalkan rumah dengan aman. Pemantauannya bisa dilakukan dari mana saja, karena layanan ini dapat terhubung melalui aplikasi di ponsel pintarmu. Wah menarik sekali kan?

Cek ketersediaan jaringan indihome

Untuk kamu yang ingin berlangganan indihome, salah satu langkah awal yang penting untuk kamu lakukan adalah cek terlebih dahulu apakah lingkungan rumahmu sudah terjangkau oleh jaringan kabel fiber optik. Bagaimana caranya? Ada 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk cek ketersediaan jaringan indihome di lingkungan rumahmu, yaitu pertama melalui situs fibermap yang telah disediakan oleh pihak Telkom, kedua dengan melihat perangkat indihome yang mungkin terpasang di tiang telepon lingkungan rumahmu, dan yang terakhir adalah dengan menghubungi sosial media resmi dari indihome. Masing-masing cara tersebut dapat kamu pelajari melalui uraian di bawah ini. 

1. Cara cek ketersediaan jaringan Indihome melalui fibermap.

Cek Fiber di Lokasi Anda

  • Kunjungi situs https://fibermap.indihome.co.id/.
  • Lalu klik gambar Cek Fiber di Lokasi Anda seperti pada gambar.
  • Kemudian masukkan data tempat tinggalmu, mencakup Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Kode Pos, Perumahan/Non Perumah.
  • Lalu klik submit.
  • Selanjutnya akan muncul peta wilayah yang tercover fiber optik lengkap dengan informasi mengenai ketersediaan jaringan indihome untuk wilayah tempat tinggal kamu.
  • Jika kamu masih ragu, kamu dapat menghubungi 147 atau pihak customer service dari Indihome agar informasi yang kamu peroleh lebih valid. Untuk menghubungi call center dari hp, kamu harus menambahkan kode area di depan 147, misalnya kode area untuk Jakarta adalah 021, maka nomor yang kamu hubungi adalah 021147, atau untuk kamu yang berada di kota Padang maka dengan kode area 0751, nomor yang kamu hubungi adalah 0751147. 

2. Cara kedua adalah dengan melihat tiang telepon di sekitar lingkungan rumahmu. 

Box FO Indihome

Apabila kamu melihat kotak hitam yang merupakan Box FO menggantung pada tiang kabel jaringan rumahmu seperti pada gambar maka kemungkinan besar wilayah rumahmu telah tercover oleh indihome. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Box FO tersebut memiliki kode ODP atau FDB. ODB atau Optical Distribution Point menjadi salah satu bukti kuat bahwa lingkungan rumahmu tersebut sudah siap untuk dipasang indihome.

3. Cara ketiga adalah melalui sosial media 

Indihome memiliki akun resmi di twitter dan facebook. Di twitter kamu dapat terhubung ke akun resmi indihome yaitu @indihome, kamu tinggal mention ke akun tersebut. Sedangkan di facebook kamu dapat menghubungi indihome melalui messenger ke @indihome. Namun cara ini mungkin membutuhkan waktu yang agak lama dan kurang efisien. 

Fibermap

Setelah memastikan bahwa lingkungan tempat tinggalmu telah terjangkau oleh fiber optik langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mendaftar pasang baru indihome melalui situs resmi Telkom atau kamu juga bisa datang langsung ke Plasa Telkom dengan membawa kartu identitas asli untuk berlangganan indihome. Lalu bagaimana jika di lingkungan rumahmu belum tersedia jaringan kabel fiber optik? Untuk kasus ini kamu dapat mengajukan permintaan pemasangan kabel fiber optik kepada plasa Telkom secara langsung. Tapi mungkin permintaan ini akan dikabulkan apabila terdapat sejumlah tertentu calon pelanggan yang juga ingin menikmati layanan indihome di wilayah tersebut. Untuk informasi yang lebih jelas, kamu dapat bertanya pada plasa Telkom terdekat.

Demikianlah sekilas informasi cek ketersediaan jaringan indihome untuk kamu para penggemar internet cepat dengan harga bersaing. Satu hal yang perlu kamu renungkan adalah internet memang memiliki jutaan informasi yang tentunya amat berguna untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan kita. Tapi jangan lupa, berbagai informasi dan tayangan yang merusak juga dapat diakses dengan mudah pada berbagai situs di internet. Maka bijak-bijaklah menggunakan internet, pintar-pintarlah untuk menyaring informasi yang kamu peroleh dari internet dan tontonlah tayangan yang sesuai dengan umurmu agar kamu menjadi generasi cerdas pembangun bangsa. 

Baca juga:
Harga Mesin Cuci 2 Tabung di Bawah 3 Juta

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP