Cara Upgrade Windows 7 32 Bit ke 64 Bit Tanpa Instal Ulang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 4 windows
Daftar Topik

Cara upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit tanpa instal ulang. Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mengatur jalannya program dalam komputer supaya berjalan sesuai keinginan pengguna. Bisa dibilang sistem operasi adalah otak dari komputer, tanpa sistem operasi, maka komputer tidak akan bisa menjalankan program aplikasi yang ada di dalam komputer . Ada satu sistem operasi komputer yang sering digunakan serta sudah tidak lagi asing bagi telinga kita, dan logonya-pun membanjiri tampilan awal banyak monitor komputer. Yup tak lain dan tak bukan adalah sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang IT yaitu Microsoft org. Pada awal kemunculannya, sistem operasi komputer Windows ini membuat geger dunia karena merupakan inovasi yang cemerlang di waktu itu. 

gambar 1 windows cara upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit tanpa instal ulang

Meski begitu, Microsoft org tidak berpuas diri, mereka terus melakukan update terhadap sistem operasi Microsoft agar lebih up to date, flexibel dan tentunya menunjang performa sistem operasi itu sendiri. Hal ini terbukti dengan adanya update yang otomatis dijalankan oleh sistem operasi Windows setiap beberapa minggu sekali. 

gambar 2 windows cara upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit tanpa instal ulang

Namun demikian untuk beberapa komputer perlu menginstal update secara manual, salah satunya adalah ketika kita akan mengupdate Windows 7 yang tadinya 32-bit menjadi 64-bit. Namun demikian tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak mengupdate Windows 7 mereka agar menjadi 64-bit secara manual, sebagian dari mereka mengira caranya akan susah jadi mereka malas untuk mengupdatenya. Ada juga yang memang tidak tahu sama sekali cara meng-update. Atau juga ada yang beranggapan malas meng-update karena untuk meng-update Windows 7 agar menjadi 64-bit, harus instal ulang dan khawatir kehilangan semua file-file pentingnya. 

gambar 3 windows cara upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit tanpa instal ulang

Padahal ada cara mudah agar kamu bisa mengupdate Windows 7 kamu agar menjadi 64-bit tanpa harus instal ulang dan kehilangan file penting kamu, karena itu cek caranya di bawah ini!

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengupdate Windows-mu

Sebelum kamu meng-update windows kamu menjadi 64-bit, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah perangkat kamu bisa atau mendukung untuk menjalankan 64-bit, karena tidak semua komputer memiliki spesifikasi yang mendukung berjalannya versi 64-bit. Barulah setelah kamu mengetahui bahwa komputermu mendukung untuk dijalankannya veri 64-bit, kamu bisa mulai meng-update Windows kamu. Berikut adalah cara-cara untuk mengecek kecocokan spesifikasi komputer kamu dengan spesifikasi yang dibutuhkan versi 64-bit :

gambar 4 windows

  1. Cek spesifikasi dari komputer kamu, caranya adalah melihat System Information yaitu dengan cara menekan tombol Windows + I melalui keyboard. Nanti akan muncul spesifikasi dari komputer kamu dan kamu tinggal cocokan dengan syarat spesifikasi yang diperlukan.
  2. Atau kamu bisa mengetikkan System Information pada search engine di Start menu. Nanti akan keluar informasi mengenai komputer kamu. Setelah itu lihat pada bagian system type, apakah ada informasi mengenai x64. Jika ada informasi mengenai x64 itu berarti perangkat kamu support untuk dilakukan update, jika tidak maka kamu tidak bisa meng-update komputer kamu dari 32-bit ke 64-bit. 
  3. Langkah selanjutnya adalah pastikan bawa perangkat komputer kamu support PAE, NX, SSE2, atau CX16. Cara untuk tau apakah komputer kamu support atau tidak adalah dengan menggunakan perintah coreinfo. Tapi jika komputer kamu tidak memiliki coreinfo, kamu bisa mengakses link https://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/cc835722. Jika sudah, download Coreinfo lalu ekstrak filenya lalu jalankan file Coreinfo tersebut dengan cara buka command prompt lalu masukkan file tersebut ke dalam command prompt maka akan muncul mengenai informasi processor milik komputer kamu. Lihatlah dengan seksama apakah ada PAE, NX, SSE2, atau CX16 atau tidak. Cara cepatnya adalah tekan tombol CTRL+F .Jika ada maka kamu bisa segera meng-update Windows kamu. 

Cara Untuk Mengupdate 7 32 Bit ke 64-Bit Tanpa harus Menginstal Ulang

  1. Untuk langkah pertama, sebaiknya kamu backup dulu data-data penting kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Jika kamu sudah mem-back up data-data penting, maka proses bisa segera dimulai. Pertama-tama nyalakan perangkat PC kamu dan tekan tombol f8 untuk beberapa kali sampai muncul menu Advanced Boot Options. Setelah muncul menu Advanced Boot Options, pilih opsi repair your computer yang berada di bagian atas dan langsung tekan enter.
  3. Setelah kamu menekan enter, prosesnya akan dimulai. Tunggu hingga loading selesai baru setelah itu kamu klik next pada box dialog yang muncul setelah loading selesai. Setelah itu pilih keyboard input method (US), nanti akan muncul data lock system recovery options yang terdiri dari beberapa opsi. Klik bagian Toshiba recovery Wizard kemudian pilih versi Windows yang kamu inginkan.

gambar 5 windows

  1. Nah, nanti pada pilihan pertama kamu pilih Windows 7 32 bit dan untuk pilihan yang kedua pilih Windows 7 64-bit. Setelah memilih nanti akan muncul pesan warning. Jangan khawatir, cukup langsung tekan Yes lalu pilih recovery of factory default software. Kemudian pilih tombol next.
  2. Di sini sebenarnya ada pilihan, dimana kamu bisa menghapus seluruh data dan partisi. Jika kamu ingin menghapus data dan partisi maka kamu dapat memilih pilihan erase the hard disk, jika kamu tidak ingin menghapus berarti tidak usah memilih pilihan ini. Kemudian nanti kamu akan menemukan menu recovery method yang terdiri dari 3 opsi. Pilihan pertama yaitu recover to out of box state, di mana dengan pilihan ini kamu bisa mengembalikan Windows mu sama seperti saat pertama kali beli. 
  3. Opsi ke dua adalah recover without changing the Hard Drive partitions dimana pilihan ini akan mengembalikan Windows tanpa mengubah partisi yang sudah dibuat sebelumnya. Opsi ketiga adalah recover to a custom size Partition yaitu jika kamu ingin mengembalikan Windows dan ingin membuat beberapa partisi tambahan.
  4. Jika kamu sudah memilih, tekan tombol next, nanti akan ada pesan untuk mengkonfirmasi pilihan yang kamu pilih sebelumnya langsung klik next agar prosesnya segera dimulai.

gambar 6 windows

  1. Setelah itu kamu tinggal menunggu prosesnya sampai selesai. Jangan sampai komputermu mati atau kehabisan baterai selama prosesnya, nanti akan membuat prosesnya gagal. Setelah prosesnya selesai, ketika kamu nyalakan kembali maka Windows kamu sudah menjadi versi 64 bit.

Itulah cara upgrade windows 7 32 bit ke 64 bit tanpa instal ulang, semoga bermanfaat!

Baca juga:

4 Cara Dual Boot Windows dan Linux

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Windows 8.2 Start Menu

Sejak Windows 8 debutnya pada bulan Oktober 2012, PC pengguna telah mencari cara untuk meningkatkan

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP