Cara Tes Kecepatan Internet dengan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Di era digital seperti saat ini, internet memiliki peran yang sangat penting seharusnya dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya dengan adanya internet bisa membantu mencari sebuah informasi dalam proses yang cepat. Namun, pernah ke terlintas badan pikiran anda apa saja faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan internet? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, seperti halnya sinyal atau jaringan internet yang lancar. Sebaliknya, jika jaringan internet bermasalah biasanya tidak bisa mengakses sebuah situs atau aplikasi online.

Kemudahan Mengetes Kecepatan Internet

Saat ini mengecek koneksi internet sangatlah mudah, Anda tidak perlu menghubungi operator atau sebagainya dan yang pasti dibutuhkan sinyal atau jaringan internet yang stabil untuk melakukan tes kecepatan internet. Bagi Anda yang ingin mengestimasi penggunaan internet sesuai dengan kebutuhan penting sekali untuk mengetahui kecepatan internet yang digunakan. dengan cara ini bisa mengantisipasi terjadinya masalah hilang atau putus koneksi ketika dibutuhkan.

Kemudahan mengetes kecepatan internet juga bisa anda lakukan ketika melakukan proses download atau searching. Selain itu, masih banyak cara mudah dan simpel untuk mengecek kecepatan internet.

4 Cara Cek Kecepatan Internet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeja kecepatan internet yang digunakan. Pasalnya kecepatan internet juga sangat mendukung pekerjaan yang sedang dilakukan. Sebagaimana berikut ini 4 cara tersebut:

1. Speedtest.net


Website speedtest.net bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan internet secara online. Tetapi, untuk mengakses website ini pastikan koneksi atau sinyal internet yang Anda miliki stabil. Cara mengecek kecepatan internet melalui website ini sangatlah mudah. Apa salahnya anda hanya perlu mengunjungi website tersebut, lalu pilih opsi GO yang berada pada bagian tengah halaman.

Secara otomatis buat sheep Speedtest.net akan menghitung kecepatan internet yang Anda gunakan saat ini. Tunggu beberapa saat hingga hasil perhitungan selesai dan agar hasilnya lebih tepat saat mengejar kecepatan internet jangan membuka media atau situs lainnya. Setelah proses pengecekan selesai, akan muncul ukuran data saat Anda mendownload atau mengupload sesuatu.

Selain bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet pada laptop atau PC, Speedtest juga bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet pada android. Cara mengecek kecepatan internet pada android sangatlah mudah yaitu dengan menginstall aplikasi tersebut. Setelah mendownloadnya, Anda bisa melihat hasil perhitungan kecepatan download dan upload dengan mudah.

2. Indihome Speedtest


Cara tes kecepatan internet yaitu menggunakan Indihome Speedtest. Cara mengeceknya sangatlah mudah seperti cara-cara sebelumnya yaitu dengan membuka website Indihome speedtest. Langkah selanjutnya yaitu pilih menu, lalu pilih GO untuk mengecek kecepatan internet dari Indihome.

Jangan membuka aplikasi lain atau situs lain selama proses pengecekan. Hal ini penting sekali untuk dilakukan di agar proses pengecekkan cepat selesai dan lebih tepat hasilnya. Setelah proses pengecekan selesai, secara otomatis akan tampil hasil perhitungan pada layar monitor. Hasil yang muncul pada layar monitor merupakan akumulasi ketika mendownload atau mengupdate sebuah data. Dari hasil perhitungan tersebut, Anda juga bisa mengetahui ping dan jitter secara otomatis.

3. CBN Speedtest


CBN Speedstest bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet dengan sangat mudah, bahkan bisa memberikan hasil yang akurat. Untuk mengecek kecepatan internet menggunakan situs ini pada laptop atau pc pastikan sudah memiliki aplikasi adobe flash player. Untuk memulai proses pengecekan sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunjungi website CBN Speedtest. Setelahnya pilih menu “Begin Test”.

Setelahnya CBN akan secara otomatis melakukan proses kecepatan internet yang sedang digunakan. Tunggu beberapa saat hingga tampil hasil pengecekan pada layar. Hasil pengecekan tersebut meliputi beberapa hal seperti download, upload, ping dan sebagainya yang berhubungan dengan internet. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengecek kecepatan internet yaitu dapat memperkirakan penggunaan internet dengan masa habis kuotanya.

4. Fast Com.


Cara tes kecepatan internet yang selanjutnya yaitu menggunakan fast com. Yang mana dengan cara ini bisa mengecek kecepatan internet dengan mudah. Bahkan, menggunakan cara ini bisa sangat cepat untuk mengetahui hasilnya. Karena setelah proses selesai, secara otomatis hasil akan muncul pada layar. Anda bisa memilih menu refresh dan proses jika terjadi kendala pada sinyal dan jaringan.

Setelah proses pengecekan selesai, akan muncul hasil kecepatan download dan upload, tetapi situs ini tidak bisa menunjukkan kecepatan ping. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan tes kecepatan internet, salah satunya yaitu bisa memperkirakan kebutuhan internet yang digunakan.

Mengecek kecepatan internet memang sangatlah mudah. Dari keempat cara tersebut Anda bisa memilih mana yang sekiranya mudah dan cepat untuk dilakukan. Pasalnya setiap cara memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengecek kecepatan internet dengan mudah.

BACA JUGA!

Cara Internetan Tanpa Kuota

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA