Cara Setting Teamviewer Otomatis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Login
Daftar Topik

Cara setting teamviewer otomatis. Di era teknologi digital sekarang ini, tentunya hampir semua pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan laptop ya sobat. Mulai dari pekerjaan administrasi, keuangan, dan berbagai sektor lain sangat terbantu dengan kemajuan teknologi digital saat ini. 

Kebutuhan untuk akses komputer tentunya bisa saja tiba-tiba. Kamu bisa saja membutuhkan akses ke komputer kerjamu sangat sedang berada di luar tempat kerja. Tentunya akan lebih praktis jika bisa mengakses komputer kamu dari jarak jauh.

Teknologi yang ada saat ini ternyata mengizinkan kamu untuk melakukan hal demikian nih. Kamu bisa mengakses komputer secara remote atau jarak jauh secara praktis. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk kamu yang menyimpan semuanya di PC kerja. 

Bagi teman-teman yang kerja-nya di PC, mungkin kamu punya alasan tersendiri ya. Salah satu alasan yang paling umum adalah, PC yang kamu miliki dan kamu rakit memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi dari laptop pribadi kamu. Hal ini biasanya terjadi, namun tidak terbatas, pada orang-orang yang bekerja di bidang teknik, programming, yang memerlukan kemampuan processing yang tinggi pada komputer yang dimilikinya. Mereka cenderung akan mengakses PC dan meninggalkannya ketika sudah running sesuatu (menunggu loading). Karena memang proses loading ketika running suatu software yang menganalisa big data akan memakan waktu yang cukup lama.

Teamviewer

Berangkat dari hal inilah, ada suatu software yang bisa mengatasi permasalahan seperti ini, yaitu Teamviewer. Teamviewer adalah salah satu software yang mengizinkan kamu untuk bisa mengakses PC kamu dari jarak yang jauh (remote access). Tak hanya itu, dengan sistem ini, kamu juga bisa berkolaborasi dengan orang lain secara online. Tentunya ini akan sangat berguna untuk kamu yang sering berkolaborasi jarak jauh tak kenal waktu dan tempat. 

Diterbitkan pada tahun 2005, aplikasi ini kemudian terus berkembang seiring berjalannya waktu hingga sekarang yang sudah memasuki Teamviewer versi 12 yang bisa digunakan pada operasi sistem yang ada pada umumnya, yang meliputi windows, mac, linux, android, IOS, dan beberapa OS lainnya.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial terkait cara memakai aplikasi teamviewer ini nih sobat. Buat kamu yang sudah sangat tertarik dengan software ini, langsung aja simak ya.

Keunggulan Teamviewer

Berikut adalah daftar beberapa keunggulan yang bisa kamu gunakan saat memasang software teamviewer:

  1. Kamu bisa mendapatkannya secara praktis
  2. Kamu bisa mendapatkan antarmuka yang easy-to-use dan praktis
  3. Terdapat beberapa pilihan yang bisa digunakan, yaitu anda bisa mengontrol PC secara remote, ntah itu milik teman anda/ milik anda pribadi, atau hanya sekadar memindahkan file.
  4. Untuk kegunaan file transfer, aplikasi ini akan melakukan kompresi pada file target sebelum dilakukan transfer data. Hal ini tentunya untuk meningkatkan efisiensi.
  5. User interface bisa kamu sesuaikan dengan kemauan kamu.
  6. Opsi presentasi, terutama untuk windows.
  7. Kamu dapat melakukan kustomisasi pada user-interface, bahkan pada email undangan yang kamu kirimkan ke rekanmu.
  8. Kamu bisa mengakses PC pribadi kamu atau PC rekan secara jarak jauh (remote) dengan syarat kamu dan PC tujuan terkoneksi dengan internet dan sudah memasang aplikasi ini.
  9. Aplikasi ini mudah di dapat
  10. Aplikasi ini sudah menyediakan bahasa indonesia.

Itulah dia beberapa keunggulan utama dari Teamviewer ini nih sobat. Menurut kamu, mana yang paling kamu butuhkan nih saat ini? tentunya untuk kamu yang sering remote-working, Teamviewer akan sangat membantu.

Cara install Teamviewer

Welcome to Teamviewer

Yang pertama kamu perlu lakukan sebelum menggunakan aplikasi ini tentunya adalah menginstall terlebih dahulu Teamviewer di komputer pribadi kamu. Pada bagian ini, saya akan menjelaskan bagaimana caranya melakukan hal tersebut.

  • Preparasi instalasi Teamviewer

Download aplikasi Teamviewer dari internet untuk kemudian kamu install. Pastikan kamu memiliki jaringan internet. Setelah download file-file instalasi Teamviewer, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi:

    • Pada bagian “How do you want to proceed?” pilih “Basic Installation.
    • Pada bagian “how do you want to use Teamviewer?” pilih personal/non-commercial use.
    • Lalu klik accept and finish.
  • Setelahnya, kamu akan melihat tampilan loading instalasi aplikasi tersebut. silahkan tunggu hingga proses tersebut selesai.
  • Setelah loading instalasi Teamviewer selesai, maka kamu akan dihadapkan dengan tampilan awal aplikasi Teamviewer seperti yang bisa kamu lihat di gambar di bawah ini.

Login

Jika kamu lihat pada gambar di atas, maka kamu akan menemukan beberapa komponen penting yang berkaitan dengan proses remote-working nantinya. Komponen penting yang perlu kamu perhatikan tersebut adalah:

  • Your ID

Ini adalah ID dari PC yang kamu gunakan. ID inilah yang bisa dicari oleh orang lain ketika ingin melakukan akses ke PC kamu. 

  • Password

Tentunya kamu membutuhkan password untuk mengamankan PC kamu dan terhindar dari akses orang yang tak diinginkan. Hal ini perlu kamu setting sebelum kamu menggunakan aplikasi ini kedepannya.

Sebagai catatan tambahan, jika kamu tak ingin setiap saat kamu mengakses aplikasi ini ID dan password kamu berganti, maka kamu perlu melakukan pengaturan pada ID dan password tersebut.

Selesai sudah tahapan instalasi aplikasi teamviewer. Dengan ini kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk remote working dan keperluan lainnya.

Cara Menggunakan Teamviewer

Remote

Yang kamu butuhkan untuk bisa mengakses suatu PC lain yang juga sudah terinstall aplikasi Teamviewer. Selama kedua PC aktif Teamviewernya, dan terkoneksi dengan internet, maka remote working bisa dengan mudah dilakukan. Yang kamu perlukan hanya memasukan ID, dan password dari PC yang ingin kamu remote-access.

Dengan mengetahui ID dan password dari PC yang kamu akses, kamu tinggal melakukan hal yang ditunjukan di gambar di atas untuk mulai proses remote working.

Itulah dia cara menggunakan dan cara setting teamviewer otomatis, praktis bukan. Semoga bisa berguna dan bermanfaat. Selamat mencoba!!

Baca juga:

Cara Isi Tinta Canon 811 dengan Benar

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP