Cara Setting Kamera DSLR Pada Malam Hari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Dasar Dasar Kamera #5: Kecepatan ISO
Daftar Topik

Cara Setting Kamera DSLR Pada Malam Hari – Malam hari adalah waktu yang cukup sulit untuk mengambil sebuah foto. Beberapa orang mungkin akan kesulitan jika mengambil foto di malam hari tanpa ada cahaya lain yang menyinari. Flash yang ada di dalam kamera juga tidak bisa membantu secara maksimal untuk mendapatkan foto yang bagus. Padahal, beberapa orang justru mendapatkan subyek foto yang tepat di malam hari. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa mengambil foto yang bagus meskipun pada malam hari?

Sebenarnya tetap ada cara agar Anda bisa mendapatkan foto yang bagus di malam hari, terutama jika Anda mengambil foto menggunakan kamera DSLR. DSLR memang dikenal sebagai salah satu kamera yang bisa mengambil gambar dengan sempurna dalam segala situasi walau malam sekalipun. Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang bisa mengoperasikan kamera DSLR dngan benar terutama jika masih pemula. Tenang saja, jika Anda memang ingin belajar cara Setting Kamera DSLR pada malam hari, berikut terdapat tips dan trikya.

Cara Setting Kamera DSLR Pada Malam Hari

1. Setting Aperture pada Angka yang Paling Tajam

Nikon | Imaging Products | Digitutor | D3500

Jika sekarang Anda sudah membawa kamera DSLR, maka silahkan lihat pada bagian setting aparture nya. Menurut beberapa orang yang sudah berpengalaman, agar tidak terjadi gambar blur atau noise pada malam hari Anda harus mengatur Aperture nya pada bagian yang paling tajam atau terlenar. Sebagai contoh jika aperture pada kamera Anda masih f/.8 maka agar mendapatkan hasil yang bagus pada malam hari silahkan setting ke angka f/5.6 dan f/8.

2. Jangan Menaikkan Level ISO Kamera

Dasar-Dasar Kamera #5: Kecepatan ISO

Nah, hal ini juga perlu Anda ingat! Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus saat malam hari maka jangan menaikkan level ISO di kamera Anda. Jika perlu ubah ISO di titik terendah yang dimiliki oleh kamera DSLR Anda. Mengapa ISO sangat mempengaruhi? Karena ISO berfungsi untuk menaikkan noise pada kamera, sedangkan jika diturunkan maka ketajaman lah yang naik. Saat mala hari yang dibutuhkan bukan noise tapi ketajaman. Jadi bagi Anda yang sebelumnya masih belum bisa mengambil gambar yang bagus saat malam hari mungkin karena ISO nya masih belum diatur.

3. Pakai Lensa Wide Angle

Tips Pakai Lensa Wide-Angle Agar Foto Lanskap Sempurna - Tekno Liputan6.com

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada malam hari kami sarankan untuk menggunakan lensa Wide Angle. Lensa ini mampu memberikan gambar atau sudut pandang yang lebih lebar sehingga seluruh bagian objek foto bisa terlihat dengan terang dan jelas. Selain membuat objek nampak lebih terang dan jelas penggunaan lensa Wide Angle juga akan mengurangi efek Flare. Efek inilah yang sering membuat gambar menjadi tidak maksimal pada malam hari.

Baca Juga: Inilah 8 perbedaan SLR dan DSLR yang perlu diketahui

4. Gunakan Focal Length Pendek

Pengertian Focal Length Dalam Fotografi | KELAS FOTOGRAFI

Mengubah Focal Lenght agar pendek mungkin menjadi salah satu tantangan yang harus Anda lakukan agar berhasil mendapatkan gambar yang diharapkan. pasalnya jika Focal Lenght Anda ganti menjadi pendek maka Anda juga harus menyetting beberapa komposisi lain nya sehingga memerlukan kesabaran ekstra. Jika Focal Lenght sudah pendek maka bidikan akan lebih fokus dan tajam meskipun pada malam hari. Namun jika tetap menggunakan Focal Lenght yang panjang bisa jadi akan memunculkan blur karena adanya getaran saat membidik foto.

5. Setting White Balance

What is White Balance in Photography?

Ini adalah hal yang perlu diperhatikan jika bidikan Anda adalah sebuah perkotaan dengan banyak lampu pada malam hari. Jika objek foto adalah tempat yang sedemikian rupa, maka silahkan setting White Balance pada kamera Anda pada rentang angka 3000 sampai 7000 saja. Setelah White Balance tersetting dengan tepat maka dijamin hasil jepretan akan pas meskipun di malam hari.

6. Perhatikan Komposisi Objek Foto

10 Aturan Komposisi Fotografi | RujakMedia

Cara yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah komposisi objek yang akan Anda jadikan sasaran. Selain menyetting kamera, Anda juga perlu memerhatikan komposisi yang ada pada objek foto. Sebaiknya cari tempat yang ada cahaya sedang dan jangan cari tempat yang menimbulkan garis lampu. Karena jika ada garis lampu meskipun sedikit, hasil foto tidak akan maksimal

7. Aplikasikan Format RAW

RAW vs JPEG Format Editing in Lightroom

Cara terakhir adalah dengan mengaplikasikan format RAW. Mengapa harus format RAW? Karena warna yang ada di format RAW lebih banyak dibandingkan dengan format JPEG. Jadi Anda bisa mendapatkan gambar yang memiliki banyak warna namun rendah cahaya pada format RAW. Karena kualitas nya lebih baik, maka foto dengan format RAW membutuhkan ruang yang cukup banyak.

Beberapa cara diatas mungkin tidak banyak yang mengetahui atau yang mempraktekkan. Namun jika dipraktekkan, hasil foto yang didapatkan tidak akan mengecewakan Anda. Semoga cara setting kamera DSLR pada malam hari yang ada diatas membantu Anda untuk memperbaiki kualitas foto pada malam hari.

Inilah Cara Memotret yang Bagus dengan Kamera Canon

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA