Cara Setting Blur Kamera Canon yang Wajib Diketahui Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
setting blur kamera canon
Daftar Topik

Cara Setting Blur Kamera Canon – Suka dengan dunia fotografi? Jika iya pastinya Anda menggunakan kamera untuk menyalurkan hobi tersebut. oleh sebab itu, memiliki keahlian dalam bidang fotografi juga diperlukan, seperti memberikan berbagai efek agar foto terlihat lebih jelas dan estetis. Ada berbagai efek yang bisa diterapkan melalui kamera salah satunya adalah efek setting blur kamera canon.

Setting blur ini biasa digunakan untuk memperjelas objek dengan mengaburkan objek lain di sekelilingnya. Menguasai cara setting blur kamera canon tidak terlalu sulit. Mula-mula Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengambil gambar. Untuk memudahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengambil Gambar

Sebelum Anda ingin mengetahui cara setting blur kamera canon, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut saat memotret.

1. Lensa

Jika menggunakan kamera Canon DSLR Anda harus memastikan terlebih dahulu lensa fix 50 mm. namun jika ANda menggunakan lensa 18 – 55 mm, maka setting dulu dengan zoom kamera ke ukuran 55 mm. Meski  begitu Anda tetap bisa memotret dengan baik dengan lensa  tele 55 – 250 mm. Untuk setingannya, Anda bisa set zoom kamera ke ukuran 85 – 135, dengan rentang lensa tele tersebut akan sangat tepat digunakan untuk model foto blur gaya potret.

2. Tempat

Untuk tempat bisa Anda kondisikan ingin memilih tempat yang polos atau bercorak. Namun latar belakang foto tersebut harus disesuaikan dengan tema. Misalnya jika Anda ingin memotret di luar ruangan saat pagi hari, maka untuk menghasilkan efek yang bagus bisa mengambil latar pepohonan. Jika di malam hari spotnya bisa berupa foto jalanan, yang terpenting efek pencahayaan harus bagus.

Baca Juga: Inilah Cara Memotret yang Bagus dengan Kamera Canon

Memberikan Setting Blur Kamera Canon

Cara setting blur kamera canon tidaklah sesulit yang dikira, bahkan pemula pun bisa menerapkan efek yang satu ini untuk menghasilkan foto yang bagus.

1. Aperture

Untuk Anda penyuka fotografi dan terbiasa menggunakan kamera canon, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aperture atau bukaan lensa. Fitur aperture ini berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam lensa dengan prinsip tertentu. Agar Anda bisa menghasilkan efek blur pada foto maka gunakan f/2,8 atau f/1,4. Fitur bukaan kamera ini memiliki prinsip semakin kecil angkanya maka bukaan akan semakin besar.

2. Rentang fokal pada lensa

Cara setting blur kamera canon selanjutnya adalah rentang fokal pada lensa yaitu mengatur jarak lensa dengan objek serta objek dengan background. Teknik yang satu ini mengandalkan keakuratan jarak. Misalnya saja jika jara lensa kamera dengan objek adalah satu sentimeter, maka untuk menghasilkan foto blur jarak objek dengan background bisa dibuat 20 sentimeter. Dengan perhitungan tersebut bisa dipastikan hasil foto akan blur.

Jika Anda sudah mengetahui cara setting blur di atas maka tidak jauh beda apabila Anda memotret pada malam hari. Meski begitu caranya tentu tidak semudah saat melakukannya di pagi atau siang hari.. mengambil foto blur saat malam hari bisa memberikan tantangan tersendiri.

Langkah Untuk Mendapat Bokeh yang Bagus

  1. Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin memberikan efek blur. Jadi cara pertama adalah dengan menggunakan bukaan maksimal. Untuk kamera yang memiliki bukaan f/4 jangan bermain pada bukaan f/8 atau f/11, gunakan saja bukaan f/4.
  2. Fokal lensa zoom berada pada taraf maksimal, namun untuk teknik yang satu ini akan membuat posisi lensa di tele mengalami penurunan bukaan lensa, terkecuali bukaan lensa konstan. Oleh karena itu set zoom tidak harus dilakukan dengan lensa yang memiliki super zoom, secukupnya saja. karena jika menggunakan set zoom maksimum pada 18 – 200 mm bisa-bisa fotografer dan objek akan terlalu jauh.
  3. Anda harus memastikan antara objek dengan latar memiliki jarak yang cukup jauh. Karena akan sia-sia apabila Anda ingin menghasilkan efek blur tapi objek malah bersandar pada background. Tentu saja baik objek maupun dinding tersebut akan sama-sama tajam. Sehingga setting blur dipastikan gagal.
  4. Apabila Anda menggunakan kamera saku, maka bisa menerapkan mode macro. Mode yang satu ini dapat memisahkan objek dengan background.

Berkecimpung di dunia fotografi memang harus meguasai berbagai teknik pemotretan, salah satunya adalah cara setting blur kamera canon. Meski begitu, kesempatan belajar akan terus terbuka bagi siapapun yang ingin tahu dan tidak menyerah. Jangan putus asa apabila pengalaman pertama menerapkan efek blur tidak begitu bagus. Karena jarang sekali ada pemula yang langsung berhasil, tentunya hal ini memerlukan kesabaran dan ketekunan.  Tertarik menerapkan set blur pada foto? Segera ambil kamera dan cobalah sekarang.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP