3 Cara Screenshot Panjang di Whatsapp pakai Aplikasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara screenshot panjang di whatsapp
Daftar Topik

Cara screenshot panjang di whatsappMengambil screenshot panjang dengan WhatsApp tanpa aplikasi ternyata sangatlah mudah. Jika sedang membutuhkan dokumen atau ingin memperbarui cerita Instagram, biasanya orang-orang sering mengambil gambar obrolan WhatsApp yang dipotong dari lebar layar ponsel. Nah, jangan khawatir lagi bila harus melakukan hal ini.

Ternyata, ada cara mudah untuk mendapatkan screenshot panjang di WhatsApp, baik menggunakan aplikasi ataupun tidak. Penggunaan aplikasi tambahan ini bergantung pada jenis ponsel yang kamu miliki, jika ponselmu mendukung fitur untuk screenshot panjang di Whatsapp, maka tentu tak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga. Fungsi screenshot panjang ini tak hanya dapat digunakan untuk aplikasi Whatsapp saja lho, melainkan juga bisa di beragam aplikasi lainnya seperti untuk screenshot artikel, atau berita online. 

Nah, bagi kamu yang ingin mengambil screenshot panjang di WhatsApp, berikut cara mudahnya bila tanpa menggunakan bantuan dari aplikasi. 

Cara mengambil screenshot panjang di Android tanpa aplikasi

cara screenshot panjang di whatsapp 1. android

Kamu dapat mengambil screenshot panjang tanpa menggunakan aplikasi tambahan pada perangkat Androidmu, termasuk ponsel berbasis Android dengan beragam merek. Caranya, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Androidmu. Jika belum memiliki aplikasinya, maka kamu perlu mengunduhnya di Playstore dan login dengan menggunakan nomor kartu selularmu. Apabila sudah memiliki aplikasi WhatsApp, maka kamu dapat memilih chat orang ataupun grup yang ingin kamu ambil sebagai tangkapan layar.

Lalu, gunakan tombol power dan volume down dengan menekannya secara bersamaan, atau bisa pula dengan menggeser layar secara vertikal menggunakan tiga jari untuk mendapatkan tangkapan layar alias screenshot. Setelah itu, kamu akan melihat hasil screenshotnya di bagian kanan atas pada layar ponsel. Klik dan langsung pilih tab Opsi Gulir. Secara otomatis, layar akan bergerak ke bagian bawah dan mendapatkan screenshot panjang di chat WhatsApp tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Gulir hingga chat yang kamu inginkan untuk di-screenshot, lalu klik Finish bila dirasa sudah cukup. Jangan lupa untuk menyimpan hasilnya, ya. 

Cukup mudah, bukan? Cara ini dapat digunakan pada hp Android dengan tipe dan merek apapun selagi fitur yang disediakan mendukung, jadi tak ada salahnya kamu coba karena ini merupakan cara yang relatif mudah dan praktis. 

Cara mengambil screenshot panjang di iPhone tanpa aplikasi

cara screenshot panjang di whatsapp

Selain hp dengan operating system Android, terdapat juga ponsel pintar besutan Apple yang tak kalah populernya di pasaran. Ya, ponsel yang disebut iPhone ini merupakan produk Apple yang tentunya menggunakan OS berupa iOS, berbeda dengan Android yang menganut sistem open source, iOS merupakan sistem operasi berbasis close source. Ponsel pintar yang satu ini juga laris manis di pasaran berkat desain dan tampilannya yang simpel namun terkesan eksklusif, tak heran jika selalu diburu meskipun harganya selangit. Nah bagi kamu yang menggunakan iPhone, tak perlu khawatir jika butuh untuk mengambil screenshot panjang di WhatsApp. Kamu dapat mencobanya tanpa menggunakan aplikasi tambahan dengan cara berikut ini. 

Langkah pertama tentu saja kamu harus membuka aplikasi WhatsApp di ponselmu. Jika belum ada, maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di AppStore. Kemudian ambil screenshot  seperti biasa. Segera setelah tangkapan layar muncul, ketuk Halaman Penuh untuk mengambil tangkapan layar yang panjang. Hasil screenshot panjang ditampilkan di layar iPhone. Jangan lupa klik Simpan dan voila! Hasil screenshot panjangmu akan otomatis tersimpan di galeri. 

Bagaimana bila ternyata ponselmu tidak memiliki fitur yang mendukung untuk melakukan screenshot panjang seperti cara diatas? Tak perlu bersedih, sebagai solusinya kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Caranya pun cukup mudah, hanya unduh dan install salah satu aplikasi dari daftar berikut ini di ponselmu dan ikuti langkah-langkahnya untuk mendapatkan hasil screenshot panjang di WhatsApp. 

1. Perekam Layar-Perekam Video AZ

Ini merupakan aplikasi yang populer digunakan oleh para pengguna ponsel untuk berbagai keperluan, salah satunya bisa digunakan untuk mengambil screenshot panjang di WhatsApp. Aplikasi ini pada dasarnya memuat fitur untuk merekam layar, mengedit video yang disimpan, dan masih banyak lagi. Aplikasi AZ ini juga dapat kamu manfaatkan untuk membagikan hasil rekaman layarmu di beragam platform media sosial, lho. Dengan menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder ini, kamu bisa merekam layar sekaligus mengeditnya dan bahkan menambahkan suara bawaan. Berbagai fitur lengkap aplikasi AZ Screen Recorder ini membuatnya banyak diunduh dan mendapatkan rating bintang 4.5 dari 5 di Google PlayStore. 

2. ScreenMaster

cara screenshot panjang d 2. screenmasteri whatsapp

Selain aplikasi AZ, aplikasi lain yang patut dicoba adalah aplikasi ScreenMaster. Ini merupakan aplikasi untuk tangkapan layar atau screenshot yang terbaik dan meraih rating 4.6 dari 5 di PlayStore, karena langkahnya pun cukup mudah. Kamu cukup menggoyangkan perangkat dan sentuh tombol mengambang di layar, kemudian gunakan fitur tambahan berupa gulir layar untuk mendapatkan screenshot panjang. Kamu juga bisa menambahkan teks atau emoji apabila diperlukan. Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan Androidmu sudah versi 5.0 atau yang lebih baru. 

3. Aplikasi Screenit

cara screenshot panjang di whatsapp 3. screenit

Aplikasi Screenit ini merupakan aplikasi yang berbayar, namun kamu bisa memanfaatkannya secra gratis untuk 48 jam pertama. Aplikasi ini cukup direkomendasikan karena ringan sehingga tak membebani kinerja ponsel, terutama jika ponselmu adalah Android seri lawas. Kamu juga dapat menambahkan emoji, efek warna, dll. ke tangkapan layar yang kamu ambil. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP