Cara Screenshot Panjang di Android

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Screenshot-Panjang[1]
Daftar Topik

Bagi pengguna smartphone yang sudah canggih saat ini tentu sudah mengetahui fitur screenshot. Dengan fitur ini maka pengguna akan dapat menyimpan gambar berupa tangkapan layar yang sedang ditampilkan. Berdasarkan hal ini, kamu tentu tidak bisa melihat isi dari tampilan layar ponsel yang ada di atas atau di bawahnya.

Namun perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan hal tersebut terjadi. Dengan adanya screenshot panjang maka pengguna smartphone akan dapat melakukan tangkapan layar pada file panjang dalam satu gambar.

Cara Screenshot Panjang Di AndroidSayangnya, tidak semua smartphone yang beredar di pasaran menyediakan fitur screenshot panjang kepada penggunanya. Akan tetapi terdapat alternatif lain bagi kamu untuk tetap bisa menggunakan screenshot panjang. Hal ini bisa kamu lakukan dengan adanya aplikasi pendukung yang dapat diinstal melalui android pada ponsel kamu.

Firefox Rocket


Aplikasi pendukung pertama yang dapat kamu gunakan untuk fitur screenshot panjang bernama Firefox Rocket. Layanan ini  dapat menghasilkan screenshot panjang pada berbagai situs di Internet. Berdasarkan hal ini, kamu hanya bisa menggunakan fitur screenshot long untuk tampilan situs internet saja. Adapun cara screenshot panjang melalui Firefox Rocket terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu kamu harus memiliki aplikasi Firefox Rocket terlebih dahulu. Dalam hal ini, tentu kamu harus menginstalnya yang tersedia secara gratis. Kamu dapat mencarinya dengan mudah melalui mesin pencarian di internet.
  2. Setelah berhasil menginstall aplikasinya pada ponsel kamu, maka kamu dapat langsung membuka aplikasinya.
  3. Langkah selanjutnya adalah kamu dapat menuju ke situs yang akan kamu screenshot secara keseluruhan.
  4. Jika sudah menemukan situs yang dituju, maka kamu dapat melakukan tangkapan layar panjang dengan menekan ikon gunting. Selain itu, tekan juga kota yang terletak di sebelah kanan bawah untuk menentukan panjang screenshot yang kamu inginkan.
  5. Selanjutnya aplikasi ini akan memproses screenshot panjang yang kamu inginkan pada situs terkait.
  6. Kemudian secara otomatis hasil tangkapan layar yang sudah kamu lakukan akan tersimpan pada galeri ponsel android kamu.

LongShot


Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot panjang pada android adalah LongShot. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, LongShot ini dapat digunakan untuk melakukan screenshot panjang pada berbagai situs manapun. Dalam hal ini, kamu dapat menyimpan isi sebuah artikel hanya dalam satu gambar saja. Cara menggunakan aplikasi LongShot adalah dapat dilihat pada langkah-langkah di bawah ini.

  1. Seperti biasa kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasi ini dengan mendownloadnya secara gratis melalui Google Play Store.
  2. Setelah selesai mendownloadnya kamu dapat membuka langsung aplikasinya.
  3. Selanjutnya cari tombol dengan keterangan Tangkap Halaman Web dan kemudian klik jika sudah ketemu. Aplikasi ini akan menampilkan semacam browser bawaan yang memudahkan kamu nantinya.
  4. Setelah browser bawaan tersebut muncul, maka masukkan url dari website tujuan kamu pada kolom yang telah disiapkan.
  5. Jika website sudah terbuka langkah selanjutnya adalah dengan menggulirkan ke bawah sampai pada batas yang diinginkan.
  6. Setelah itu klik tombol berwarna orange yang disertai dengan keterangan Akhiri Di Sini Dan Tangkap Layar.
  7. Kemudian aplikasi LongShot ini akan menunjukkan tampilan dari hasil screenshot yang telah kamu atur sebelumnya. Hasil dari gambar akan memiliki panjang yang menyesuaikan tangkapan layar yang kamu atur sebelumnya.

Selain dapat melakukan screenshot panjang pada halaman web, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur lainnya. Adapun fitur tersebut yaitu penggabungan antara beberapa screenshot menjadi satu gambar yang memanjang. Aplikasi screenshot panjang ini juga menyediakan fitur auto capture screenshot yang memungkinkan kamu untuk dapat menangkap layar dengan cara scrolling.

Dengan demikian kamu dapat menghasilkan screenshot tampilan apa saja yang terdapat pada ponsel android kamu. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah screenshot panjang yang dihasilkan tidak menyediakan watermark yang terkadang terasa mengganggu bagi penggunanya.

Scroll Capture


Aplikasi lain yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan screenshot panjang adalah Scroll Capture. Adapun cara yang dilakukan juga sangat mudah menggunakan aplikasi Scroll Capture. Hanya dengan menampilkan konten apapun baik web maupun tampilan yang lain serta menekan ikon capture saja. Cukup dengan melakukan kedua hal itu sudah bisa menghasilkan screenshot panjang yang kamu butuhkan.

Nah, itulah beberapa cara screenshot panjang yang dapat kamu lakukan melalui aplikasi pada android. Kamu dapat menggunakan salah satu diantaranya yang menurutmu paling baik dalam menghasilkan screenshot panjang.

Baca Juga!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP