Cara Root Android Tanpa PC

0

Jika Kamu merupakan pengguna Android, maka tentunya tidak asing dengan istilah root HP. Biasanya orang-orang yang tidak mengetahui cara root HP langsung membawanya ke konter HP atau tukang servis HP terdekat. Padahal melakukan root HP Android bisa dilakukan sendiri. Biasanya root HP Android dilakukan memakai PC.Namun, bagi Kamu yang tidak memiliki PC atau tidak mau ribet memakai PC, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk root Android tanpa PC.

Penjelasan Singkat Mengenai Root HP


Istilah root HP mungkin sudah sering Kamu dengar, namun belum mengetahui sepenuhnya. Root asal katanya dari Bahasa Inggris yang berarti akar. Root HP di dalam sistem operasi Android merupakan sebuah fitur dimana para pemakainya bisa memperoleh akses penuh atau kendali Super User terhadap HP Android maupun jenis perangkat lain yang dimiliki.

Alasan Bisa Demikian


Sistem operasi Android memakai basis Linux yang sifatnya open source. Open source memiliki arti bahwa para penggunanya mempunyai kebebasan terhadap sistem operasi tersebut untuk melakukan modifikasi. Jadi, sesudah melakukan root di HP Kamu bisa melakukan berbagai hal apa saja yang Kamu inginkan pada sistem operasinya.

Cara Root HP Android Tanpa PC

Ada beberapa cara root HP Android tanpa PC yang bisa Kamu jadikan referensi, antara lain:

King Root


Gunakan aplikasi King Root yang merupakan aplikasi root HP Android tanpa PC terbaik sekarang ini. Aplikasi ini sudah mendukung tipe HP dengan jumlah lebih dari 100 ribuan. Langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi King Root .
  • Jika menginstall aplikasi King Root sudah selesai dilakukan, maka langkah berikutnya bukalah aplikasi King Root, lalu tap tombol yang ada. Tunggulah pemberitahuan terkait apakah metode dari eksekusi root tersebut bisa dijalankan ataukah tidak di HP Android Kamu.
  • HP Android Kamu akan secara langsung di root oleh King Root jika hasilnya sukses.

Kingo Root


Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Kingo Root. Langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi Kingo Root yang terbaru.
  • Bukalah aplikasi Kingo Root yang sudah terinstall, lalu tap tulisan One Click Root.Kemudian tunggulah prosesnya sampai selesai.
  • Sesudah Prosesnya selesai, perangkat Kamu secara otomatis akan diroot dan bisa melakukan suatu proses kustomisasi.

Framaroot


Jika kedua cara diatas gagal dilakukan, Kamu masih bisa menggunakan opsi lainnya yaitu dengan memakai aplikasi Framaroot. Framaroot mempunyai fungsi yang tidak berbeda dengan aplikasi King Root. Langkah-langkahnya:

  • Download, lalu install aplikasi Framaroot. Dapatkan aplikasi ini di berbagai macam situs yang menyediakannya.
  • Bukalah aplikasi Framaroot yang sudah terinstall, lalu pilih Install Superuser atau SuperSU.
  • Kemudian pilihlah metodenya mau memakai Aragorn atau Gandalf. Pilih saja Gandalf.
  • Tunggulah prosesnya sampai Kamu memperoleh notifikasi. Setelah itu, restart HP Android yang Kamu miliki untuk menyelesaikan proses root menggunakan aplikasi Framaroot.

Secara umum cara root HP Android memakai aplikasi Framaroot lebih banyak berhasil atau sukses diterapkan pada jenis HP Android yang memakai chipset berjenis Mediatek.

Cara Mengetahui Android Sudah dilakukan Root atau Belum


Jika Kamu merasa belum yakin apakah Android sudah sukses atau berhasil diroot atau belum, ada beberapa langkah untuk mengeceknya.Langkah-langkahnya:

  • Download, kemudian install aplikasi Root Checker.
  • Jika proses install sudah selesai, bukalah aplikasi Root Checker dan tap Verify Root.
  • Tunggulah sebentar. Jika HP Android Kamu telah berhasil diroot, maka akan muncul notifikasi berupa tulisan berwarna hijau Congratulations, root access is properly installed on this device.
  • Jika ternyata HP Kamu belum berhasil diroot, maka akan muncul notifikasi berwarna merah yang bertuliskan Sorry, root access is not properly installed on this device.

Melakukan root terhadap HP Android memang memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya yaitu bisa meningkatkan performa melalui kontrol kernel dan CPU, menghindari wakelock yang mengakibatkan aplikasi berjalan di background sehingga baterai lebih cepat habis dan masih ada banyak kelebihan yang lainnya. Selain kelebihan, root HP Android juga mempunyai kekurangan.

Kekurangan Root HP Android


Beberapa kekurangan root HP Android yang akan Kamu peroleh antara lain:

  • Menghanguskan garansi. Hal yang satu ini bisa terjadi karena ada beberapa merk HP Android yang melarang modifikasi sistem sebab bisa merusak perangkat.
  • Malfungsi smartphone Android karena banyak proses yang harus dilakukan.
  • Keamanan semakin berisiko.Virus serta malware berbahaya akan datang karena tidak update terhadap sistem operasi yang terbaru.
  • Update sistem secara OTA tidak bisa dilakukan. Jadi, untuk memperoleh pembaruan menjadi terlambat dan hanya sistem operasi paling akhir yang bisa memakainya.
  • Menurunkan performa lewat terlalu banyak tweak yang dilakukan dan tidak pas dengan perangkat Android yang dipakai.

Nah, dengan referensi tersebut Kamu bisa memilih mau menggunakan aplikasi yang mana dahulu untuk melakukan root pada HP Android tanpa menggunakan PC. Hal terpenting perlu dilakukan adalah berhati-hatilah ketika mengikuti tahapannya.

BACA JUGA! Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Root

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here