Cara Review Jurnal Internasional beserta Contohnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
mereview jurnal
Daftar Topik

Cara review jurnal internasional. Kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan setingkat sarjana maupun pascasarjana dan berada pada tahap pengerjaan tugas akhir, skripsi, thesis, dan lain lain pasti tidak asing dengan kata-kata mereview jurnal. Mereview jurnal dapat dikatakan sebagai kegiatan dalam mempelajari sebuah penelitian yang sudah ada dan kemudian diterbitkan menjadi jurnal ilmiah, atau juga dapat dikatakan sebagai pencarian referensi pendukung. Kegiatan ini sangat penting agar terbiasa memahami dan mencari hal-hal penting yang disajikan dalam sebuah jurnal. Terlebih jurnal internasional, dapat membuat kita akrab dengan literatur-literatur ilmiah. 

cara review jurnal internasional

Hampir semua orang menganggap bahwa jurnal internasional merupakan jurnal ataupun artikel ilmiah yang  berbahasa inggris. Namun, pemikiran tersebut merupakan kesalahan besar. Jurnal internasional bukanlah jurnal yang berbahasa inggris saja, tetapi berbahasa internasional dengan bahasa PBB(Perserikatan Bangsa-Bangsa) lainnya yang meliputi bahasa Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok. Memang kebanyakan jurnal internasional menggunakan bahasa inggris, hal ini dikarenakan bahasa inggris yang banyak dimengerti orang-orang dari seluruh belahan dunia. 

Cara review jurnal internasional dengan mudah

mereview jurnal

Review jurnal adalah sebuah pandangan pada sebuah jurnal agar dapat mengetahui kualitasnya. Sehingga, tidak bisa sembarangan dalam cara mereview jurnal ini. Jika sudah memahami cara mereview jurnal internasional dengan baik dan benar serta diiringi dengan seringnya melakukan review jurnal maka akan semakin mudah dalam mengerjakan tugas review tersebut. Mungkin hanya membutuhkan waktu 10-30 menit saja untuk mereview per artikel jurnal. Berikut ada beberapa cara mudah mereview jurnal internasional, antara lain yaitu:

1. Mencari artikel jurnal internasional berkualitas

Mencari artikel memang hal pertama yang dilakukan, selain itu juga hal pertama yang harus diperhatikan. Jangan sembarangan mencari artikel, pastikan yang benar-benar dari sumber terpercaya dan berkualitas. Semakin berkualitas artikel jurnal internasional tersebut maka pengerjaan dalam mereview artikel tersebut akan semakin mudah, dan semakin banyak value yang didapat.

2. Membaca abstrak, kemudian metodologi serta hasil dan pembahasan

Hal kedua yang dilakukan setelah mendapatkan artikel yaitu membaca artikel tersebut. Mulailah dengan membaca abstrak, kemudian metodologi, serta hasil dan pembahasan. Tidak perlu membaca introduction, karena kemungkinan besar kamu akan mengetahui teori yang dituliskan dari pencarian artikel yang sudah ditemukan sesuai dengan bidang yang dipilih.

Books
Books on a book shelves

 

3. Mencatat poin-poin yang diperlukan

Poin-poin merupakan hal penting atau informasi yang ada di jurnal. Dengan mencatat poin-poin yang lengkap akan membuat tugas review jurnal menjadi lebih baik. Berikut adalah poin-poin yang diperlukan, yaitu:

  1. Judul artikel
  2. Pengarang
  3. Nama jurnal, volume, issue, tahun terbit, dan halaman
  4. Tujuan penelitian (perhatikan frasa “focus..” , “aim of study” , “purpose of study” yang kebanyakan berada pada bagian akhir introduction)
  5. Bahan dan prosedur
  6. Hasil dan pembahasan
  7. Keunggulan penelitian/artikel tersebut
  8. Kekurangan penelitian/artikel tersebut

4. Memperhatikan format review jurnal internasional yang diberikan

Format penulisan review jurnal mungkin adalah salah satu yang membuat kita kebingungan. Jika ada instruksi khusus dari dosen ataupun kampus itu tidak menjadi masalah, namun jika tidak ada hal tersebut pun sebenarnya juga tidak masalah karena kita bisa mencontoh format manapun, namun pastikan memilih format yang lengkap ya. Kamu juga bisa mencontoh format di contoh review jurnal internasional yang akan dilampirkan setelah pembahasan ini. Usahakan format penulisan review jurnal menggunakan tabel agar uraian tulisan terlihat lebih rapi.

5. Menulis review jurnal sebaik mungkin

Hal terakhir yang dilakukan dalam mereview jurnal yaitu dengan menulis sebaik mungkin. Jangan sampai melewatkan hal-hal penting yang ada di dalam artikel jurnal internasional tersebut. Kemudian, baca ulang penulisan review jurnal tersebut dari awal sampai akhir serta perbaikilah jika ada kesalahan-kesalahan dari penulisan tersebut.

Contoh Review Jurnal Internasional

Cara-cara mudah dalam mereview jurnal internasional sudah dijelaskan diatas. Sekarang kita memasuki bagian dalam contoh review jurnal internasional. Berikut ulasannya.

cara review jurnal internasional 2

Judul Artikel Strategy management accounting practices in Croatia
Pengarang Branka Ramljak and Andrijana Rogosic
Nama Jurnal The Journal of International Management studies
Volume, issue, tahun, halaman Volume 7 number 2, Oktober 2012, hal 93-100
Reviewer Abdul Aziz (A210140110)
Tujuan Penelitian Untuk memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis dan implikasinya pada relevansi dan ketetapan waktu manajemen informasi yang digunakan
Material (bahan) Menggunakan instrumen survei multi item, menggunakan 5 jenis titik skala likert. Dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Prosedur/Langkah penelitian Pada bulan April, Mei, dan Juni 2011 dilakukan perekrutan responden dari 400 perusahaan besar di Kroasia, yang dijadikan responden adalah para manajer perusahaan yang dimintai persetujuan mengenai penelitian tersebut yang diberi paket kuesioner dikirim melalui telepon, pos, dan email kemudian menggunakan instrumen survei multi item dan mengmabil data atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Hasil dan pembahasan
  • Perusahaan besar di Kroasia telah menerapkan satu atau 2 metod yang lebih sophisticated tentang akuntasi manajemen strategis
  • 66% dari perusahaan sampel menggunakan salah satu teknik akuntansi
  • 40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas
  • 39% perusahaan menerapkan kualitas biaya
Kesimpulan  Hasil penelitian dapat memberikan efek sinergis positif dari manajemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda dan dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencana perusahaan dan dalam pengambilan keputusan dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan referensi pengetahuan yang valid.
Keunggulan Alat yang digunakan dalam penelitian berupa puisi ini mudah digunakan oleh subjek penelitian
Kekurangan 
  • Tingkat responnya masih rendah
  • Banyaknya metode yang digunakan dalam penelitian
  • Tambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden

 

Tugas cara review jurnal internasional memang agak terlihat sangat sulit di awal. Namun, jika kita sudah memahami caranya dan sering mengerjakannya maka hasil akhirnya akan berubah menjadi lebih baik. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mudah mereview jurnal internasional beserta contohnya. Semoga informasi yang diberikan secara sederhana ini bisa membantu dan memberikan manfaat bagi pembaca semua. Selamat dan semangat mencoba!

Baca juga:

Sequence Diagram: Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP