Cara Restart Laptop dengan Keyboard

0

Bagi Anda yang memiliki laptop, kendala yang tak terduga mungkin sering Anda alami selama menggunakannya. Tanpa ada tanda-tanda apapun, tiba-tiba laptop hang dan tidak bisa bekerja dengan baik memang sudah sering dialami oleh sejumlah orang. Jika Anda juga mengalami hal ini, sebaiknya tidak langsung cemas karena hal tersebut masih bisa diatasi dengan mudah. Beberapa cara yang tepat bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop hang, namun kebanyakan orang mengambil jalan pintas ketika laptop mulai bermasalah yaitu dengan cara merestart.

Laptop yang hang terkadang juga berimbas pada kursor yang tidak bisa diaplikasikan dengan baik. Jika kursor tidak bergerak, Anda pasti kebingungan untuk merestart laptop. Nah, jika hal tersebut terjadi, Anda bisa merestart laptop dengan menggunakan keyboard lho! Mau tau cara nya? untuk lebih jelasnya berikut 6 cara restart laptop dengan keyboard yang mudah.

Cara Restart Laptop Dengan Keyboard yang Mudah

Restart adalah kunci tepat yang bisa menghilangkan masalah pada komputer atau laptop. Cara yang bisa dilakukan untuk merestart juga banyak, salah satunya menggunakan keyboard.

1. CTRL + Alt + Del


Nah, cara pertama adalah dengan mengklik CTRL + Alt + Del. Ketiga tombol yang sudah tersedia di keyboard harus di klik secara bersama-sama agar muncul sebuah opsi yang mengarah ke restart. Jika sudah berhasil opsi yang muncul adalah menu Shutdown. Pilih tombol yang menunjukkan menu Shutdown bersamaan dengan tombol CTRL, setelah itu layar laptop akan menunjukkan restart darurat atau Emergency restart. Anda bisa memilih tombol Ok dan secara otomatis laptop akan restart dengan sendirinya.

2. Command Prompt


Cara selanjutnya adalah dengan Command Prompt. Mungkin kalimat ini masih asing di telinga Anda karena tidak terlalu banyak yang menggunakannya. Namun Command Prompt adalah suatu command line yang ada di sistem operasi dengan basis GUI, fungsinya adalah untuk mengeksekusi dengan menuliskan perintah pada jendela CMD. Command Prompt memiliki basis perintah yang bisa digunakan untuk sistem operasi.

Dengan adanya Command Prompt Anda bisa merestart laptop atau komputer dengan mudah dan sistematis. Agar Command Prompt bisa muncul hanya dengan keyboard silahkan untuk menekan tombol Windows + R, setelah itu akan muncul menu kecil di samping kiri. Tuliskan shutdown/r agar laptop restart secara otomatis. Klik OK dan tunggu laptop menyala setelah restart dengan Command Prompt

3. Run


Pada dasarnya Command Prompt dan Run adalah sama, dan keduanya kebanyakan sudah ada di sistem operasi windows masing-masing laptop. Jika Command Prompt lebih pada perintah, Run berfungsi untuk mencari sebuah sistem yang ada di dalam sebuah windows. Selain untuk merestart Run juga berfungsi untuk mencari folder, program, aplikasi, file, dan lain sebagainya. Sehingga Run bisa Anda gunakan secara lebih luas dibandingkan dengan Command Prompt. Agar Run bisa muncul secara otomatis hanya dengan Keyboard, klik Windows + R yang akan memunculkan kotak di sebelah kiri. Ketikkan shutdown/r agar laptop restart secara otomatis.

4. Windows + X


Secara manual atau tanpa aplikasi juga bisa untuk merestart laptop. Silahkan klik Windows + X yang ada pada keyboard. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan dan pilih “shutdown or sign out” yang diarahkan dengan tanda panah. Setelah di-klik akan muncul pilihan restart, pilih ok dengan tanda panah dan laptop pun sudah terestart dengan sendirinya. Lakukan kembali jika laptop Anda loading.

5. Klik Ikon Daya ( Power)


Ketika hendak menghidupkan laptop Anda pasti mengklik tombol Power yang ada sedikit berjauhan dengan keyboard yang lain kan? Nah, selain berfungsi untuk menghidupkan, tombol power juga bisa digunakan untuk merestart. Caranya adalah dengan menekan tombol power cukup lama sampai laptop benar-benar mati dan mesin tidak berjalan. Tunggu selama 5 menit dan hidupkan kembali laptop Anda.

6. CTRL + Command + Eject


Cara selanjutnya adalah dengan menekan tombol CTRL + Command + Eject. Cara ini secara otomatis akan menutup seluruh jendela yang Anda buka sebelum laptop hang. Seluruh windows akan otomatis tertutup dan auto save. Jika sudah tidak ada jendela yang terbuka silahkan klik ikon daya atau power seperti cara nomor 5. Cara ini bisa Anda lakukan jika terdapat dokumen penting yang belum tersimpan.

7. Alt + F4


Cara yang terakhir adalah dengan menekan tombol Alt + F4 secara bersamaan, lalu akan muncul beberapa pilihan. Lalu pilih Restart, setelah itu tekan Enter supaya laptop restart sendiri secara otomatis.

Jika Anda termasuk orang yang baru mengetahui cara restart diatas, mulai sekarang cobalah salah satu cara dari 6 cara diatas sebagai cara paling tepat, cepat, dan aman untuk merestart laptop yang hang atau lemot.

BACA JUGA!

Inilah Cara Restart Android Tanpa Tombol Power