Cara Repair Windows 7 Tanpa Melakukan Install Ulang

0
16920 Window 7 Tekno Tempo

Saat ini komputer sudah menjadi alat yang paling dibutuhkan, agar bisa mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi. Selain memberikan banyak manfaat, terkadang komputer juga mengalami kerusakan baik itu yang berasal dari perangkat keras dan juga perangkat lunak, salah satu kerusakan pada perangkat lunak yaitu pada sistem operasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi permasalahan pada sistem operasi. Salah satu tanda sistem operasi Windows 7 yang mengalami kerusakan yaitu layar laptop hanya berwarna hitam. Nah, untuk memperbaiki permasalahan tersebut, ada solusi terbaik yang bisa dipilih, yaitu menerapkan cara repair Windows 7 pada laptop berikut ini.

Cara Repair Windows 7

Kebanyakan orang ketika laptop yang dimiliki mengalami permasalahan mereka terburu-buru melakukan install ulang. Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara repair, dengan cara ini file sistem operasi pada windows 7 yang hilang bisa diganti atau diperbaiki. Ada beberapa cara repair windows 7 yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa melakukan install ulang, seperti menggunakan CD/DVD, startup repair, system image restore dan lain sebagainya.

Cara Repair Windows 7 Menggunakan CD/DVD


16920 Windows 7 Menggunakan CDDVD Indras Blog
Source: Indra’s Blog

Ada 5 tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan repair menggunakan CD atau DVD Windows 7. 5 tahapan tersebut harus dilakukan dengan benar agar proses repair berhasil. Sebagaimana berikut ini lima tahapan tersebut:

  • Tahap Pertama
  1. pada tahapan pertama ini anda harus memasukkan CD atau DVD, lalu restart komputer tersebut.
  2. Setelah di restart tekan tombol F2, F12, ESC atau sesuai merk untuk masuk ke Bios.
  3. Lalu ubah first boot ke CD atau DVD dan pilih save. Langkah selanjutnya klik exit. Setelahnya tekan tombol apapun saat muncul tulisan “Press Any Key to Boot from CD”.
  4. Setelahnya akan muncul gambar dengan logo windows 7 jika pada tahap pertama ini berhasil dan pada bagian bawah terdapat pilihan untuk instalasi windows dan repair.
  • Tahap Kedua

Pada tahap kedua ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu klik “repair your computer” dan secara otomatis proses repair akan berlangsung.

  • Tahap Ketiga
  1. Pada tahap ketiga ini layar akan muncul notifikasi system’ recovery options yang mendorong Anda untuk segera memilih sistem operasi yang akan di repair.
  2. Langkah selanjutnya tinggal klik next
  • Tahap Keempat

Pada tahap kelima ini Anda harus masuk ke laman recovery options yang terdapat beberapa menu seperti startup repair, system’ restore, system’ image recovery, windows memory diagnostik dan command prompt.

  • Tahap Kelima

Pada tahap terakhir, Anda bisa memilih system’ restore, system image recovery atau startup repair.

Repair Windows 7 dengan Startup Repair


11920 Aplikasi Saat Proses Start Up MARKEY
Source: MARKEY

Bagi Anda yang sedang mencari cara repair Windows 7 tanpa melakukan instal ulang yaitu dengan startup repair. Sebagaimana berikut ini langkah-langkah mudah cara repair Windows 7 online:

  1. Langkah pertama buka laman system recovery options, lalu pilih opsi startup repair.
  2. Setelahnya CD atau DVD akan secara otomatis melakukan perbaikan, dan tunggu hingga prosesnya berhasil.
  3. Langkah terakhir yaitu klik tombol finish lalu restart Windows 7.
  4. Langkah setelahnya yaitu repair Windows 7 dengan System Restore
  5. Repair Windows 7 tanpa melakukan install ulang juga bisa anda lakukan dengan system restore. Jika dilihat dari cara caranya hampir sama dengan repair Windows 7 tanpa menggunakan CD maupun DVD. Sebagaimana berikut ini langkah-langkah repair Windows 7 dengan system restore:
  6. Langkah pertama yaitu masuk pada halaman system recovery option untuk memilih opsi system restore.
  7. Tunggu beberapa saat hingga system restore siap dimulai, lalu klik next saat jendela system’ restore muncul.
  8. Ketika Windows 7 belum bermasalah, pilih restore point yang dibutuhkan.
  9. Agar bisa ke tahap berikutnya, klik next.
  10. Untuk memulai proses restore point klik finish, klik tombol yes jika muncul peringatan.
  11. Tunggu beberapa saat hingga proses Restore Point selesai, lalu klik tombol restart.

Cara ini memang biasa dilakukan tanpa memanfaatkan CD atau DVD. Mengingat Windows 7 membutuhkan file sistem yang baru dari CD instalasi, tetap gunakan CD atau DVD jika ingin melakukan auto repair

System Image Restore


16920 System Image Restore Raymond CC
Source: Raymond CC

Untuk repair windows 7 menggunakan System image store caranya hampir sama dengan repair melalui system recovery, yang mana dengan cara ini harus klik menu system image recovery. Langkah yang terakhir yaitu masukkan CD atau DVD dari system image yang sudah dibuat. Bagaimana, caranya sangat mudah bukan?

Cara repair Windows 7 tanpa melakukan restart sangatlah mudah, pastinya dengan cara ini data yang ada didalam komputer akan tetap aman. Dari ketiga cara tersebut, Anda bisa memilih mana yang sekiranya mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA!

Cara Meredupkan Layar Komputer Windows 7