Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh Dengan Aplikasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh Dengan Aplikasi
Daftar Topik

Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh Dengan Aplikasi

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin tidak bisa dipungkiri. Semakin banyak alat-alat canggih yang mampu membantu kamu meringankan kerja di aktivitas kesehariann kamu. Tidak hanya itu, alat-alat canggih ini juga membantu kamu untuk ‘semakin malas’.

‘Semakin malas’ dalam artian, kamu tidak perlu bergerak terlalu banyak untuk melakukan sebuah kegiatan. Akhir-akhir ini, terciptalah sebuah teknologi yang memungkinkan kamu mengendalikan sebuah PC dari jarak jauh, tanpa menyentuh PC tersebut. Lho, kok bisa?

Tentu saja kamu bisa melakukannya! Teknologi ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah remote. Bukan remote biasa, namun remote ini adalah ponsel pintar kamu sendiri. Ponsel pintar dimodifikasi sedemikian rupa hingga mampu ‘mengendalikan’ PC yang ada jauh di depan kamu. Jadi kamu tidak perlu repot-repot berdiri dan mendekati PC, cukup dengan satu tombol di smartphone kamu.

Secara profesional, biasanya hal ini dilakukan oleh para Admin serveryang memang bertugas untuk memastikan bahwa server dapat bekerja dengan baik. Seorang Hacker, terkadang juga melakukan hal ini setelah membobol sistem pertahanan jaringan, tapi biasanya Hacker yang baik tidak akan melakukan hal kriminal setelah melakukan hal tersebut.

Secara casual alias di kehidupan sehari-hari, kamu juga bisa lhomelakukan hal tersebut. Melakukan remote PC ini sangat berguna semisal kamu lupa meng-copy file skripsi kamu yang dikerjakan di PC, kamu hanya tinggal melakukan remote bisa dari Android kamu dan melakukan transfer file.

Lalu bagaimana caranya melakukan dan mengaktifkan remotetersebut, terutama melalui Android?

Dengan software atau aplikasi di Playstore

Team Viewer

TeamViewer adalah sebuah nama software remote PC. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menginstal TeamViewer di PC maupun di Android. Setelah itu, masukan user id dan password yang muncul di TeamViewer PC melalui Android kamu. Tunggu beberapa saat dan jadi deh! Terhubung sudah PC kamu dengan Android yang kamu miliki.

TeamViewer memiliki banyak fitur. Tidak hanya remote, kamu juga bisa memberikan pesan kepada PC yang terhubung. Kamu juga bisa melakukan transfer file, dan yang paling menarik adalah kamu bisa terhubung dengan PC kamu melalui internet tanpa harus mengingat IP Address dengan mudah.

Beberapa hal yang perlu diingat adalah PC dan Android kamu tentu harus terhubung dengan internet atau setidaknya terhubung pada satu jaringan lokal. Jika salah satu tidak terhubung atau PC mati, maka kamu tidak bisa melakukan remote. Kamu bisa mencoba TeamViewer dengan mengunduh di situs resmi Team Viewer.

Remote Control Collection

Remote Control Collection adalah salah satu aplikasi remote dengan rating tertinggi dan paling populer di Google Play Store. Aplikasi ini tersedia gratis untuk smartphone dan tablet Android.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama-tama, instal aplikasi Remote Control di smartphone dan Remote Control Server pada PC. Kemudian buka aplikasi Remote Control dan tinggal pilih Devices untuk menghubungkan smartphone ke komputer kamu. Oh iya, kedua perangkat ini harus berada dalam jaringan lokal atau WiFi yang sama ya.

Setelah melakukan step di atas, selamat! Sekarang kamu dapat menggunakan ponsel pintar kamu sebagai remote untuk mengontrol komputer jarak jauh. Selain remote, kamu dapat menggunakan ponsel pintar kamu sebagai mouse, keyboard, media, presentasi, dan masih banyak lagi.

Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh Dengan Aplikasi

Baca Juga: 7 CARA MENGATASI LAPTOP TIDAK BISA SHUTDOWN

Unified Remote

Unified Remote bisa dibilang merupakan aplikasi remote untuk mengontrol komputer dari ponsel pintar Android dengan fitur yang paling lengkap. Fitur-fiturnya misalnya menjadikan smartphonesebagai mouse, keyboard, kontrol media player, presentasi, screen mirroring, kontrol daya, file manager, terminal, dan masih banyak lagi.

Unified juga merupakan aplikasi universal yang dapat diinstal di komputer berbasis Windows, Mac dan Linux. Unified juga dapat terhubung melalui koneksi WiFi dan Bluetooth. Menariknya, Unified juga mendukung untuk mengontrol berbagai aplikasi musik, termasuk Spotify, iTunes, Google Music, Netflix, serta YouTube.

SSH & Telnet 

SSH atau Secure Shell dan Telnet sudah tidak asing di kalangan para ahli jaringan. SSH dan Telnet sendiri adalah protokol jaringan untuk melakukan remote. Berbeda dengan 3 cara di atas, SSH & Telnet tidak menggunakan tampilan grafis, melainkan hanya command line yang biasa ditemukan pada DOS.

Bagi kamu yang awam tidak direkomendasikan untuk menggunakan ini, karena memang kamu perlu mengetahui berbagai perintah untuk melakukan eksekusi melalui command line. Kamu bisa searching sendiri mengenai bagaimana cara menggunakan SSH atau Telnet melalui mesin pencari.

Itulah tadi beberapa cara melakukan remote komputer melalui ponsel pintar kamu. Tidak hanya Android, cara-cara di atas juga bisa digunakan melalui perangkat lain seperti Mac, iOS ataupun komputer lain. Gunakan teknologi canggih seperti ini untuk terus maju, dan bukan semakin malas, ya, hehe!

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA