Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Tips Cara Print Excel agar Full Kertas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Gambar 1 print full excel
Daftar Topik

Cara print excel agar full kertas. Sering gak sih keluhan kek diatas muncul saat kalian nyoba nge-print di excel? Well, keluhan begitu memang banyak banget. Kadang-kadang saat kamu mencoba mencetak dokumen yang kamu miliki dalam kertas baik berukuran A4, F4, atau yang lainnya terdapat beberapa kolom yang tidak terprint/tercetak. Padahal itu merupakan bagian dari kolom yang penting agar dokumen yang kamu miliki dapat dipahami secara runtut. Kejadian seperti itu emang ngeselin banget sih, ngebut kamu harus mencetak ulang lagi dan itu bikin tidak hemat kertas. Oleh karena itu, kamu perlu memahami terlebih dahulu nih cara agar dokumen excel yang kamu miliki dapat di cetak full tanpa terpotong. Nah, untuk kesempatan kali ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara kamu bisa print full dokumen excel yang kamu punya.

Cara print excel agar full kertas

Pada dasarnya tools di Excel lengkap dan bisa kamu atur untuk membuat dokumen yang kamu miliki bisa tercetak full. Hal ini karena opsi untuk mencetak di Excel tidak hanya sekedar fungsi “Ctrl + P” atau klik “Print” lalu “Enter” saja. Maka dari itu, kamu harus memahami terlebih dahulu nih tentang Excel sebelum mencetak dokumen. Hal ini karena ada beberapa perbedaan dasar yang membuat Excel memiliki perlakuan khusus ketimbang Word.

Gambar 1 print full excel

Yang harus diperhatikan

Dalam Ms. Word tampilan yang ada adalah berbentuk lembaran, tidak seperti Ms. Excel yang berbasis spreadsheet yang merupakan kumpulan dari cell dari pertemuan gid baris dan kolom. Kondisi ini memungkinkan mengelola dokumen hingga ribuan baris dan kolom, bahkan memungkinkan untuk di cetak. Akan tetapi, cara kerja excel yang mencetak lembaran dokumen dengan persentase tertentu memungkinkan banyaknya kolom dan baris yang tercetak dalam satu lembar kertas menjadi tidak terbaca karena terlalu kecil. Nah, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih sebelum mencetak dokumen tertentu.

1. Kamu harus cermat dalam mengatur isi data pada dokumen yang akan kamu cetak. Jika memungkinkan, kamu dapat memisahkan terlebih dahulu data yang hanya digunakan untuk database dan data yang akan di print out

  • Bagi data yang hanya disimpan kamu dapat mengisi selebar dan sebanyak kolom yang tersedia
  • Bagi data yang akan dicetak, disarankan agar tidak terlalu lebar sehingga tidak terpotong saat dicetak

2. Pastikan terlebih dahulu kesesuaian antara pengaturan jenis kertas di excel dan kertas yang kamu gunakan untuk di-print.

3. Tentukan margin sesuai dengan kebutuhanmu

4. Cek dokumen dengan “page layout view” untuk melihat gambaran hasil ketika berhasil dicetak.

5. Jika kamu ingin mencetak dokumen yang memiliki banyak kolom, disarankan untuk mencetaknya dengan menggunakan pengaturan “Landscape Orientation

6. Perhatikan kesesuaian print area apabila kamu ingin mencetak sebagian worksheet saja

7. Jika kamu ingin mencetak halaman yang cukup panjang dan terbagi menjadi beberapa halaman, pastikan terlebih dahulu telah mengatur pergantian setiap halaman dalam “page break”

Tutorial dokumen excel tercetak dengan sempurna tanpa terpotong

Setelah memahami hal diatas, kamu dapat mulai lebih cermat untuk mengatur dokumen Excel yang akan dicetak. Nah, sekarang kita bisa nih mulai masuk ke tutorial agar dokumen excel mu bisa tercetak dengan sempurna tanpa terpotong. 

1. Kamu perlu melakukan pengaturan terhadap margin, orientasi, dan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhanmu. 

Gambar 2 print full excel

2. Pilihlah area dalam excel yang akan dicetak dengan cara :

  • Blok area yang akan dicetak
  • Klik “page layout” , lalu ke icon “print area”, setelah itu pilih opsi “set print area”. Cara pintasan dengan menggunakan keyboard kamu bisa menekan “ALT + P” lalu tekan “R S”

3. Masih di tab “page layout”, pada bagian “scale to fit” ubah pengaturan “width” menjadi 1 page saja

Gambar 4

4. Terakhir kamu bisa mencetak dokumen yang kamu miliki. 

Pengguna MS.Excel 2003

Cara yang tadi disebutkan diatas adalah tutorial yang dikhususkan setidaknya bagi pengguna Ms. Excel 2007 sampai yang terbaru. Bagi pengguna MS. Excel tahun 2003, kamu dapat mencoba mengatur dengan cara manual atau mencoba beberapa kali sehingga skala pencetakan sesuai dengan lembar kertas yang kamu miliki. Selain itu kamu juga dapat mencoba trik dengan mengatur tampilan menggunakan “page break preview”. Dengan memanfaatkan tools ini kamu dapat melihat bagaimana gambaran hasil dokumen yang kamu miliki apabila tercetak, sehingga kamu dapat mengatur dengan beberapa penyesuaian tanpa perlu membuang-buang kertas. Dengan ini kamu akan lebih menghemat keras loh. Secara lebih rinci caranya adalah sebagai berikut: 

Gambar 5

1. Kamu perlu melakukan pengaturan terhadap margin, orientasi, dan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhanmu. 

2. Pilihlah area dalam excel yang akan dicetak dengan cara :

  • Blok area yang akan dicetak
  • Klik “page layout” , lalu ke icon “print area”, setelah itu pilih opsi “set print area”. Cara pintasan dengan menggunakan keyboard kamu bisa menekan “ALT + W” lalu tekan “I”
  • Jika muncul tab konfirmasi terkait mode page break preview, kamu tinggal klik OK.

3. Kemudian akan muncul area yang berwarna putih yang merupakan area print, sedangkan yang tidak di print akan berwarna gelap

4. Jika ada garis putus-putus, tarik garis ke arah kanan menuju garis biru yang solid

5. Ketika garis putus-putus hilang, scaling pencetakan akan menyesuaikan lebar kertas yang kamu gunakan.

Sekian tutorial cetak kolom dan garis pada Excel secara full di kertas yang kamu miliki, semoga bermanfaat dan menambah skill  mu dalam mengoperasikan Excel yah. See you on the next tutorial guys. 

Baca juga:

Cara Download Font secara Cepat, Praktis, dan Gratis

ARTIKEL LAINNYA