Cara Print Amplop Menggunakan Microsoft Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara ngeprint amplop
Daftar Topik

 cara ngeprint amplop

Cara print amplop. Sebagai software yang paling sering digunakan di seluruh dunia untuk membantu pengelolaan kata maupun dokumen, Microsoft Word nyatanya tidak hanya dapat mengelola dokumen dalam bentuk A4 ataupun F4 saja, namun juga dapat mencetak dokumen berukuran amplop juga. Pertanyaan seputar tutorial mencetak amplop melalui Microsoft word inilah yang kemudian seringkali ditanyakan oleh para pengguna perangkat lunak ini. Padahal berbagai fitur yang ada di Microsoft Word ini sudah mampu mengakomodir kebutuhan pengguna dalam hal untuk membantu mencetak amplop. Tidak hanya mencetak saja, tapi pengguna Microsoft Word juga dapat membuat desain amplop mereka sendiri.  Oleh karena itu, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan beberapa langkah agar kamu dapat mencetak amplop dengan proses editing melalui Microsoft Word, baik dari series 2007, 2010, 2013, 2016, sampai yang 365.

Ukuran amplop

Pada dasarnya melakukan cetak amplop dapat dilakukan secara manual dengan mengatur jenis kertas yang di custom tertentu. Namun cara manual ini cenderung tidak rapi dan kadang juga gagal apabila pengaturan yang kamu lakukan tidak pas. Oleh karena itu, memanfaatkan fitur yang sudah disediakan adalah jalan yang terbaik. Sebelum memasuki tutorialnya, saya akan menyampaikan terlebih dahulu jenis-jenis ukuran amplop yang paling banyak beredar di pasaran agar memudahkanmu saat proses ingin mencetak amplop tersebut. Adapun ukuran amplop tersebut adalah sebagai berikut

  • Amplop C4 dengan standar ukuran 22,9 × 32,4 cm (9 x 12.8 inci), pas untuk kertas berukuran A4.
  • Amplop C3 dengan standar ukuran 32,4 × 45,8 cm (12.8 x 18 inci), pas untuk kertas berukuran A3.
  • Amplop B6 dengan standar ukuran 12,5 × 17,6 cm (4.9 x 6.9 inci), pas untuk kertas berukuran C6.
  • Amplop B4 dengan standar ukuran 25,0 × 35,3 cm (9.8 x 13.9 inci), pas untuk kertas berukuran C4.
  • Amplop E4 dengan standar size 28,0 × 40,0 cm (11 x 15.75 inci), pas untuk kertas berukuran B4.
  • Amplop C7 dengan standar size 8,1 x 11,4 cm (3.2 x 4.5 inci), pas untuk kertas berukuran A7.
  • Amplop C7/C6 dengan standar size 8,1 x 16,2 cm (3.19 x 6.4 inci), pas untuk kertas berukuran 1/3 A5.
  • Amplop C7 dengan standar size 8,1 x 11,4 cm (3.2 x 4.5 inci), pas untuk kertas  berukuran A7
  • Amplop C7/C6 dengan standar size 8,1 x 16,2 cm (3.19 x 6.4 inci), pas untuk kertas berukuran 1/3 A5.
  • Amplop C6 dengan standar size 11,4 × 16,2 cm (4.5 x 6.4 inci), pas untuk kertas A6.
  • Amplop C6/C5 dengan standar size 11,4 × 22,9 cm (4.5 x 9 inci), pas untuk kertas berukuran 1/3 A4.
  • Amplop C5 dengan standar size 16,2 × 22,9 cm (6.4 x 9 inci), pas untuk kertas berukuran A5.

Setelah mengetahui berbagai ukuran amplop, sekarang saatnya masuk ke tutorial cara print amplop dengan menggunakan Microsoft Word yang anti gagal. Simak baik-baik yah.

1. Langkah pertama

  1. Tentunya masuk dulu ke Microsoft Word series apapun yang kamu miliki
  2. Klik Tab “Mailings” pada menu bar
  3. Klik icon bertulis “Envelopes

cara print amplop dengan microsoft word

2. Langkah kedua

  1.  Setelah mengklik Envelopes, akan muncul tab baru. Pada kolom Delivery Address kamu dapat mengisi alamat yang akan dituju dalam surat.
  2. Selanjutnya kamu dapat menulis alamat balasan surat pada kolom return address. Alamat return address berfungsi untuk memberitahukan pada penerima surat kemana harus mengirimkan balasan atas surat yang dikirimkan.
  3. Langkah keenam, klik “option
  4. Setelah itu akan muncul tab baru, dimana kamu dapat memilih berbagai ukuran amplop yang kamu inginkan di kolom envelope size.
  5. Setelah selesai, langkah selanjutnya kamu dapat klik “add to document” untuk memunculkan ukuran kertas amplop yang kamu inginkan di page dalam dokumen yang kamu miliki.

microsoft word

3. Langkah ketiga

Setelah mengatur ukuran amplop yang kamu inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mencetak amplop yang sudah kamu desain. Sebelum kamu memilih mencetak, kamu perlu melihat preview-nya terlebih dahulu untuk memeriksa kembali jika desain amplop yang kamu inginkan sesuai dan pas apabila dicetak nanti. Tampilan preview yang akan muncul adalah sebagai berikut :

tutorial cara print amplop dengan micorosft word  

3. Langkah keempat

Masuk ke tahap pencetakan, kamu perlu mengatur posisi amplop yang akan kamu cetak agar tidak gagal, seperti cetakan menjadi miring dan sebagainya. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Letakkan amplop yang akan kamu cetak secara vertikal seperti gambar berikut

hasil print amplop

  • Atur posisi amplop dengan baik agar tidak tertekuk atau miring ketika di cetak
  • Cetak dan gunakan

 

Setelah melihat tutorial di atas, cukup mudah bukan untuk mencetak amplop menggunakan software Microsoft Word. Mudah-mudahan informasi ini membantu banget bagi kamu yang kebingungan tentang cara mencetak amplop menggunakan Microsoft Word yah. Keterampilan ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan mengoperasikan Microsoft Word loh. Selain itu kamu juga tidak perlu ribet pergi ke tempat percetakan dan menunggu lama untuk sebuah amplop yang kamu inginkan. Oh iya, jangan lupa untuk mengikuti step-step nya secara runtut untuk menghindari kesalahan ya. Sekian tutorial cara print amplop dengan Microsoft Word, kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial selanjutnya yah. See you.

Baca juga:

Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP