Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara print 2 halaman 1 kertas pdf
Daftar Topik

Cara print 2 halaman 1 kertas pdf. Dewasa ini, tentunya Microsoft word adalah salah satu teknologi digital untuk proses pengetikan dan pembuatan file yang paling banyak digunakan. Hal ini tentunya berimplikasi pada banyaknya tuntutan untuk menguasai Microsoft word. Bisa dikatakan tidak mungkin jika seorang mahasiswa, dewasa ini, tidak pernah menggunakan Microsoft word. Karena Microsoft word digunakan sebagai daily basis kehidupan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan keperluan-keperluan lainnya.

Berbicara mengenai Microsoft word pasti tak lepas dari pembicaraan mengenai PDF format. PDF format sudah menjadi format yang digunakan untuk proses transfer data dan menyimpan data berupa tulisan maupun gambar. Sehingga sudah menjadi kebiasaan kita untuk menyimpan data yang berupa modul ataupun makalah dalam format pdf. Nah oleh karenanya, kamu juga perlu menguasai format pdf ini nih. Salah satu aplikasi yang berguna untuk proses pembacaan format pdf adalah adobe reader. Jika kamu menguasai adobe reader ini, kamu akan bisa memanipulasi fille PDF yang kamu miliki sesuai keinginanmu, salah satunya adalah untuk keperluan konfigurasi saat mau mencetak file PDF kamu. 

PDF

Cara print 2 halaman 1 kertas PDF

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai cara print dua halaman dalam 1 kertas pdf. Hal ini berguna untuk beberapa alasan tentunya, salah satunya adalah untuk menghemat kertas yang digunakan untuk print. Buat kamu yang sedang memprint modul kuliah ataupun modul-modul sejenis, hal ini bisa sangat membantu kamu menghemat nih. Ternyata hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah loh, kamu  hanya perlu sedikit setup saja untuk bisa membuatnya menjadi demikian. Selain dengan cara memasukkan beberapa halaman pada 1 lembar, kamu bisa melakukan print bolak balik juga nih. Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat. Terlepas dari cara apa yang kamu pilih, tujuan dari keduanya tetap sama, tinggal kamu sesuaikan dengan kemauanmu saja.

Untuk cara lengkap mengenai kedua hal tersebut akan dibeberkan di sini, jadi langsung aja kamu simak cara yang pertama.

Cara pertama

1. Cara yang pertama bisa kamu lakukan adalah menggabungkan beberapa halaman pada 1 lembar pdf. Hal ini sangat mudah kamu lakukan dengan melakukan beberapa setup yang ada ketika kamu mau melakukan printing. Berikut adalah cara-caranya:

2. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tentunya mencari file pdf yang ingin kamu print.

3. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka file menggunakan adobe reader. 

4. Setelah kamu berhasil memilih file tersebut dan membukanya dengan menggunakan adobe reader, kamu sekarang tinggal masuk ke menu print dengan cara klik file, lalu akan muncul beberapa pilihan, kemudian tinggal kamu tekan tombol print.

5. Lalu selanjutnya akan muncul tampilan menu print. Dari menu ini terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan tertentu. Nah untuk bisa melakukan print 2 halaman dalam 1 kertas pdf, kamu perlu melakukan pengaturan pada page setup yang tersedia di pojok kiri bawah. Klik tombol tersebut untuk melihat tampilan menu yang lebih terperinci.

6. Di menu ini, kamu bisa  mengatur orientasi kertas yang akan kamu gunakan beserta dengan ukuran kertas yang kamu gunakan juga. Setelah kamu mengatur dua informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah klik ok untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.

7. Langkah selanjutnya adalah klik multiple pada tab Page Sizing and Handling, kemudian akan muncul tampilan baru di bawahnya seperti yang bisa kamu liat pada gambar di bawah ini. Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa lembar halaman yang akan kamu masukkan pada 1 lembar pdf yang akan kamu print nantinya. Jika kamu hanya akan memasukkan dua halaman pada 1 lembar pdf, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengaturnya menjadi dua. Maka akan muncul konfigurasi posisi dari tiap halaman yang kamu gabungkan.

cara print 2 halaman 1 kertas pdf

Kamu juga bisa menggunakan mode customized seperti yang bisa kamu lihat di bagian bawah ini. Dengan menggunakan pilihan ini kamu bisa mengatur bagaimana konfigurasi dari halaman halaman yang kamu masukkan ke dalam 1 lembar pdf ini. Apakah kamu akan mengaturnya 2×3, 2×2, 2×4, dan seterusnya sesuai dengan keinginan pribadimu. Dengan batas maksimum mencapai 16 halaman yang dapat dimuat dalam 1 halaman, kamu bisa memanipulasi bagaiman ukuran baris dan kolom halaman halaman tersebut seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Misalkan jika kamu ingin Menyusun 15 halaman menjadi 5 baris dan 3 kolom, maka kamu hanya perlu mengaturnya menjadi 5 by 3, dengan catatan bahwa kamu sudah mengubah pilihannya menjadi kustomisasi. Jika kamu akan memuat 16 halaman, kamu bisa membuatnya menjadi 4×4, atau 2×8 dan seterusnya. Hal ini yang membuat kamu menjadi memiliki lebih banyak pilihan.

cara print 2 halaman 1 kertas pdf

Cara kedua

1. Selain itu kamu juga bisa mengatur posisi halaman dengan memanfaatkan menu yang ada tepat di bawahnya, yaitu page order. Terdapat beberapa pilihan yanh tersedia di sana, yaitu horizontal, horizontal reversed, vertical, dan vertical reversed. 

2. Jika sudah semua kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah tinggal klik print yang ada di bagian pojok kanan bawah. Dengan ini, kamu akan mencetak beberapa halaman yang sudah kamu atur jumlah, orientasi, beserta posisinya terhadap masing-masing. Selesai!

Itulah cara print 2 halaman dalam 1 kertas pdf. Tentunya kamu juga menyadari bahwa kamu bisa melakukan kustomisasi pada orientasi, jumlah halaman dalam 1 kertas, serta bagaimana konfigurasi halaman-halaman tersebut dalam 1 kertas pdf tersebut. Sekian dulu informasi yang bisa diberikan pada artikel ini, semoga dengan ini kamu bisa menghemat lebih banyak kertas dan juga biaya dalam mengerjakan hal-hal yang memerlukan banyak sekali dokumen. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Membuat Subtitle dengan Mudah!

ARTIKEL LAINNYA