Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Lebih Hemat! Cara Print 1 lembar jadi 4 bagian

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
gambar 2 printer
Daftar Topik

Cara print 1 lembar jadi 4 bagian. Dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja tidak dapat dilepaskan dengan yang namanya, Microsoft Power Point, Microsoft Excel, dan juga Microsoft Word. Aplikasi-aplikasi besutan Microsoft tersebut tersebut berguna untuk memudahkan orang-orang dalam bekerja dalam hal yang berhubungan dengan pengengelolaan data. Misalnya saja seperti Power Point, Microsoft Power Point sendiri berguna untuk mempresentasikan materi yang akan kamu bawakan. Microsoft Excel berguna untuk mengolah, membuat, menganalisis, dan meringkas data yang berhubungan dengan angka-angka. Untuk Microsoft Word sendiri berguna untuk membuat dokumen dan juga mengolah kata.

gambar 1 word

Nah biasanya jika kita berbicara mengenai Microsoft Power Point, Microsoft Excel, dan juga Microsoft Word, maka tidak akan jauh-jauh dari Printer. Printer ini biasanya digunakan ketika kamu ingin mencetak data-data atau file yang sudah kamu olah dengan aplikasi Microsoft tadi ke dalam selembar kertas. Biasanya jika tidak memiliki printer di rumahnya, maka biasanya orang-orang pergi ke tempat jasa percetakan yang biasa berada di dekat perkantoran atau sekolah.

gambar 2 printer

Tarif untuk mencetak biasanya bermacam-macam, biasanya untuk mencetak file yang penuh dengan warna alias warna warni harganya lebih mahal dari pada mencetak file berwarna hitam putih. Lalu bagaimana jika suatu saat kamu mendapatkan tugas untuk membuat suatu kartu nama yang berukuran kecil, atau ketika kamu butuh untuk mencetak catatan kecil dalam jumlah banyak? Tentu jika satu lembar kertas A4 hanya bisa diisi satu kartu nama yang berwarna hanya karena kamu tidak tahu cara untuk mengakalinya, kamu akan mengalami kerugian bukan? Selain banyak space yang tersisa, kamu juga harus membayar mahal hanya untuk satu lembar kartu nama. Walaupun kamu punya printer pun Tentunya juga merupakan suatu pemborosan akan kertas jika caranya seperti itu. Karena itu aku akan membagikan cara supaya kamu dapat memaksimalkan ruang kosong yang tersisa saat kamu akan mencetak kartu nama sehingga kamu bisa menekan pengeluaran kamu!

Cara Membagi 1 Halaman Menjadi 4 Bagian

gambar 3 word

Sebenarnya Microsoft Word tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi guna mengelola kata-kata, tapi dengan Microsoft Word, kamu juga bisa membuat tabel, memasukkan rumus-rumus matematika, membuat aneka macam diagram dan sebagainya. Kamu dapat membuat file dokumen kamu lebih menarik dan jelas dengan menggunakan Microsoft Word dengan segala fitur yang ada di dalamnya. Bahkan ada fitur dimana Ketika kamu salah dalam mengeja kata alias typo, Microsoft Word akan secara otomatis memperbaiki kata-kata tersebut. Ada juga fitur untuk menambahkan footnote agar sumber data dari penelitian kamu mempunyai dasar argumentasi yang jelas. Jika kamu mengenal dan lihai dalam menggunakan fitur yang ada dalam aplikasi Microsoft Word. tugas-tugas dari kantor maupun sekolah akan menjadi lebih mudah. 

Kembali ke pokok permasalahan yang pertama, ketika kamu akan membuat kartu nama berjumlah 4 biji tentu kamu akan mengalami kerugian kertas jika satu lembar kertas A4 hanya berisi 1/4 -nya saja bukan? Tapi hal itu hanya akan terjadi jika kamu tidak bisa memanfaatkan fitur yang ada di Microsoft Word baik saja. Sebenarnya ada 4 cara yang bisa kamu gunakan untuk tidak menyia-nyiakan ruang kosong yang tidak terpakai sehingga seluruh ruang kosong tersebut terpakai. Berikut adalah cara untuk mengakalinya :

  • Gunakan fitur tabel

Dengan fitur untuk membuat tabel, kamu dapat dengan bebas membuat tabel, baik jumlah barisnya maupun jumlah kolomnya. Nah untuk membuat tabel caranya sebagai berikut:

    • Pertama-tama kamu buka Microsoft Word
    • Kamu pilih menu Insert di kiri atas
    • Kamu tentukan berapa baris dan berapa kolom yang akan kamu buat. Tapi karena disini kiat ingin membuat kartu nama berjumlah 4 buah dalam satu kertas A4, maka kita pilih untuk membuat 2 kolom dan 2 baris.

gambar 4

    • Baik 2 kolom maupun 2 baris yang kita buat tadi ukurannya kecil. Lalu bagaimana caranya agar kolom dan baris itu menjadi seukuran dengan kartu nama? 
    • Kamu hanya perlu untuk menarik tanda kotak di bagian ujung tabel tersebut ke bawah sampai seperti contoh gambar sebelah kanan di bawah ini yaitu memenuhi seluruh halaman.

gambar 5 tangan

    • Setelah kamu memenuhi seluruh halaman dengan tabel yang kamu buat tadi, kamu tinggal memasukkan kata-kata apa yang ingin kamu tambah kan ke dalam setiap tabel. 
    • Setelah kamu selesai menuliskan kata-kata apa yang ingin kamu tambahkan ke dalam setiap tabel tersebut, Langkah selanjutnya adalah kamu blok seluruh bagian tabel. Caranya adalah kamu tekan klik kiri dari pojok kanan bawah lalu digeser ke pojok kiri atas tanpa melepas tombol klik kiri di mouse kamu. Bisa juga dengan menekan tombol + di dalam kotak yang terletak di kiri atas ujung tabel. Kalau berhasil biasanya seluruh kata-katanya akan berwarna biru.
    • Setelah kamu memblok semua tabel beserta isinya, kamu klik di opsi Desain Tabel kemudian akan muncul tulisan Batas atau Border
    • Kemudian akan keluar beragam pilihan batas, maka kamu pilih bagian Tanpa Batas atau No Border.

gambar 6 word

    • Jika dirasa masih banyak tempat kosong di pinggiran halaman, maka kamu bisa mengaturnya di pengaturan margin. Caranya adalah dengan mengurangi margin atau garis tepi di halaman word supaya nanti tabelnya bisa lebih lebar dan mengisi ruang kosong di bagian pinggir. Caranya adalah pilih opsi Layout lalu pilih Margins, kemudian pilih margins yang tersempit, atau kamu bisa atur sendiri secara manual.

Jadi begitulah cara print 1 lembar jadi 4 bagian, semoga tips ini membantumu agar bisa menggunakan Microsoft Word dengan baik!

Baca juga:

Kumpulan Font Latin Keren untuk Berbagai Kebutuhan

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP