Cara Paling Mudah Mengatasi Mata Sembab Akibat Menangis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ilustrasi_20170328_122825[1]
Daftar Topik

Tidak peduli seberapa tangguh dirimu atau bahkan seberapa cengeng kamu. kita semua pasti pernah menangis untuk satu atau hal lainnya. Sebenarnya, menangis memiliki manfaat bagi manusia. Karena dengan menangis, tubuh akan melepas hormon adrenalin dan kortisol, meringankan stress yang menumpuk pada sistem tubuh kamu.

Setelah menangis, kamu kamu akan merasa lega karena sudah bisa melepas semua emosi dan uneg-uneg yang kamu pendam. Akan tetapi kamu harus segera menghapus sisa-sisa air mata tersebut dan kembali fokus pada aktivitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan.

Setelah menangis pula, biasanya kita akan mendapatkan wajah yang membengkak, hidung merah yang berair dan mata sembab. Sebelum orang-orang di sekitar kamu bertanya mengenai hal apa yang membuat kamu menangis yang pastinya akan membuatmu menangis, berikut ini beberpa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan mata yang sembab akibat menangis terlalu lama.

Cara Paling Mudah Mengatasi Mata Sembab Akibat Menangis

Untuk mengatasi mata yang bengkak akibat menangis dengan cepat, kamu bisa melemaskan wajah dan membiarkan sisa air mata yang masih mengalir di wajah kamu. Kemudian, liukkan ekspresi muka sedemikian rupa agar kamu tidak menangis kembali yang justru akan membuat mata sembab kamu semakin parah sambil menahan napas.

Setelah tangisanmu benar-benar sudah berhenti, segera duduk dengan posisi tegak karena jika kita membungkuk atau menutup wajah dengan menggunakan tangan justru akan membuat cairan dan darah akan berkumpul di wajah kita. Setelah itu, tarik dan hela napas dengan irama yang teratur. Kemudian seka sisa-sisa air mata yang ada di pipi dengan menggunakan kain yang lembut, dan lakukanlah langkah-langkah yang ada di bawah ini:

Kompres air dingin

Tuangkan air dingin ke dalam mangkuk. Kemudian, masukkan 4 hingga 5 buah es batu ke dalamnya. Ambillah kain atau pun tisu, lalu celupkanlah ke dalam air es tersebut. Kemudian tekanlah kain tersebut ke bawah kulit, dimulai dari sudut bagian dalam mata hingga mencapai sudut luar mata kamu. setelah itu, berikanlah pijatan yang ringan selama lima menit. Untuk hasil yang lebih baik, ulangilah cara yang satu ini hingga beberapa kali.

Selain dengan menggunakan kain, kamu juga bisa menggunakan jari-jari kamu untuk menggenggam beberapa buah es batu, kemudian memijatkannya pada mata yang sembab dengan cara yang sama. Dengan catatan bahwa jari yang kamu gunakan sudah dalam keadaan yang bersih.

Untuk mengurangi kemerahan pada bagian mata, kamu bisa menggunakan obat tetes mata generik sebanyak satu hingga dua tetes saja.

Kompres teh

Teh celup yang biasa kita gunakan ternyata dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga dapat pula untuk mengurangi pembengkakan. Cara yang bisa dilakukan ternyata cukup mudah, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam air es selama sepuluh menit. Kemudian menekankannya ke kulit bagian bawah mata hingga mencapai sudut luar mata kamu. Jangan lupa juga untuk melakukan pijatan yang ringan selama 5 menit. Agar hasilnya lebih baik, lakukanlah cara ini berulang-ulang.

Kompres irisan timun atau kentang

Cara ini merupakan salah satu cara yang klasik dan menjadi pedoman turun-temurun bagi sebagian besar orang. Cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu memotong 2 iris mentimun atau kentang yang segar, kemudian menempelkannya di atas kedua mata selama 10 hingga 15 menit.

Sama halnya seperti teh celup, sensasi dingin yang di dapat dari mentimun dan kentang mampu mengencangkan pembuluh darah. Selain itu, di dalam mentimun terdapat kandungan antioksidan yang kuat. Sementara itu, di dalam kentang terdapat enzim yang mencerahkan kulit yang bernama catecholase. Kedua kandungan tersebut tidak berpengaruh untuk mengurangi mata yang sembab, tapi terapi irisan mentimun yang kemudian dilanjutkan dengan terapi kentang akan dapat mengempiskan kantung mata.

Kompres sendok

Jika kamu memiliki banyak waktu yang cukup luang sebelum kembali beraktivitas setelah menangis, kamu bisa melakukan cara yang satu ini untuk menghilangkan mata sembabmu. Caranya, masukkanlah sendok yang bersih ke dalam freezer selama 10 hingga 20 menit. Lalu, tekan sendok tersebut dengan lembut di bawah mata kamu yang dimulai dari bagian dalam dan memijatnya ke arah luar. Laukan hal ini pada mata kanan dan kiri secara bergantian atau bahkan berbarengan.

Jika kamu melakukannya secara bergantian, maka pada saat yang sama kamu juga bisa memijat batang hidung kamu secara lembut selama beberapa menit sambil menutup mata. Fokuskan pandangan kamu pada area tumpuan kacamata. Hal tersebut akan membantumu untuk mengurangi tekanan sinus yang juga akan mengurangi pembengkakan.

Pakai concealer

Cara untuk menghilangkan mata sembab yang satu ini sangat praktis untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu mengaplikasikan concealer pada area bawah mata dengan menggunakan concealer berwarna kuning ataupun hijau. Kamu bisa mengoleskannya di bagian yang menurut kamu bermasalah secara merata. Untuk sentuhan terakhir, tambahkanlah bedak tabur ataupun padat untuk mengunci concealer agar tetap berada di tempatnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara cepat menghilangkan mata sembab akibat menangis. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP