Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Ngeprint Excel Agar Tidak Terpotong dan Tetap Rapi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
19820 Excel EnvatoTuts
Daftar Topik

Excel menjadi salah satu software yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna PC maupun laptop dalam pemakaian pengolahan angka. Dengan menggunakan XL ini kita pun juga bisa melakukan perhitungan serta melakukan rekap dari data yang berupa angka ke dalam tabel dengan mudah dan cepat. Selain itu, hasil ini juga jauh lebih cocok apabila digunakan untuk Anda yang ingin membuat sebuah dokumen maupun file dalam angka yang harus dihitung terlebih dahulu, sebab Excel ini mempunyai fitur otomatis.

Namun yang kerap kali menjadi masalah bagi para pengguna excellent ialah pada saat mencetak file untuk menjadi hardcopy. Karena file dalam bentuk Excel ketika dicetak banyak sekali data-data yang terpotong. Namun Anda tidak perlu cemas sebab terdapat banyak sekali cara ngeprint excel agar tidak terpotong dan sesuai dengan harapan.

Cara Ngeprint di Excel Agar Tidak Terpotong

19820 Excel GCFLearnFree
Source: GCFLearnFree

1. Perlunya Melakukan Konversi Data Menjadi Tabel

Excel memang menjadi software untuk mengolah angka dan juga tabel. Ketika Anda memasuki dunia kerja menguasai Excel adalah salah satu hal yang sangat diperlukan. Dengan software Excel ini walaupun Anda telah memasukkan data ke dalam kolom dan jumlah baris yang ada dalam excel, namun data tersebut masih terlihat menjadi data biasa dan bukan data tabel. Itulah mengapa, Anda harus mengubahnya menjadi tabel terlebih dahulu.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan klik seluruh data lalu pilih tulisan home, kemudian pilihlah menu format as table, dan untuk yang terakhir Anda bisa memilih format yang sesuai dengan keinginan.

Nah, untuk setelahnya Anda diminta untuk melakukan input data yang akan dijadikan sebagai tabel. Sebelumnya karena sudah memilih seluruh data maka Anda harus membiarkannya seperti itu. Kemudian Anda harus ceklis pada pilihan my table has headers yang bisa digunakan untuk memberi tahu jika tabel yang akan anda buat telah memiliki header seperti nama, kemudian nomor dan lain sebagainya.

Ketika Anda sudah membuat data agar bisa menjadi tabel di Excel, maka terdapat banyak hal yang dapat anda lakukan secara otomatis. Dengan penggunaan Excel ini penulisan pun juga dapat menyaring email yang berdasarkan dari keyword yang telah ditentukan.

2. Harus Mengatur Print Area

Untuk langkah berikutnya mengenai cara ngeprint Excel agar tidak terpotong ialah dengan mengatur print area. Dalam excel nantinya Anda dapat memilih kolom apa saja yang ingin dicetak, namun jika dilihat dari secara default maka seluruh tabel akan tercetak.

Dan ketika terdapat 100 baris data pada Excel tersebut, namun Anda ingin mencetak dari 1 hingga 10 maka Anda harus mengklik garis yang ingin di cetak. Kemudian pilihlah menu page layout, lalu klik tulisan print area setelah itu klik tulisan set print area. Langkah ini akan memudahkan Anda untuk mencetak kolom baris yang ingin di print dalam excel.

3. Melakukan Pemeriksaan Data Tersembunyi di Dalam Cel

Ketika Anda mengetik sebuah data yang mempunyai panjang yang bisa melebihi kolom maupun barisnya, Excel pun tidak bisa melebarkan kolom secara otomatis. Dan hal tersebut tentunya akan mengganggu proses pencetakan data yang bisa saja tersembunyi dan tidak ikut tercetak.

Agar bisa memperlebar dari kolom baris tersebut, Anda harus melakukan double klik pada bagian panel kolom yang berada di sebelah kanan kemudian nantinya telepon akan secara otomatis melebar yang akan sesuai dengan data yang diketik sebelumnya.

Terdapat solusi lain yang bisa Anda gunakan jika memang terlalu banyak data yang dimasukkan yaitu dengan menggunakan wrap text. Untuk pemakaiannya tergolong cukup mudah Anda harus klik kolom yang ingin diubah, kemudian pilihlah menu wrap text yang berada di bagian toolbar. Pada saat Anda tidak melakukan perubahan dengan wrap text ini maka akan banyak data yang tidak ikut tercetak.

4. Mengatur Masalah Orientasi, Margin Beserta Scaling

Ketika fitur yang ada di dalam excel tersebut memang akan memudahkan Anda untuk mengatur jarak dari bagian ujung kertas hingga tabel-tabel yang Anda inginkan. Ketika Anda ingin mengatur margin, anda hanya perlu menekan ctrl + p yang secara otomatis akan masuk ke laman percetakan.

Bukan hanya mengatur marginnya saja, Anda juga harus melakukan pengaturan pada orientasi kertas. Pada saat tabel yang Anda buat cukup banyak maka Anda bisa memilih orientasi landscape. Akan tetapi ketika tabel yang Anda buat memiliki banyak baris data maka bisa memilih orientasi portrait.

Dalam pengaturan margin pada Excel memang secara otomatis akan mengatur dengan sendirinya. Namun tidak ada salahnya Anda melakukan pengaturan agar bisa mendapatkan hasil cetak yang lebih maksimal.

Cukup mudah bukan cara ngeprint Excel agar tidak terpotong di atas. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas sehingga hasil cetak yang Anda peroleh pun sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA!

Contoh dan Cara Menggunakan Rumus Excel IF

 

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP