Cara Mudah Merubah Sinyal 3G Ke 4G

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Mudah-Merubah-Sinyal-3G-Ke-4G-768x332[1]
Daftar Topik

Jaringan internet merupakan salah satu teknologi masa kini yang sudah melekat di kalangan masyarakat. Adanya perkembangan zaman dapat membuat suatu teknologi semakin menuju ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, jaringan internet tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi dengan menghasilkan perangkat lebih baik dari sebelumnya.

Jika sebelumnya jaringan internet paling baik terdapat pada jaringan 3G Hdspa H+. Saat ini jaringan tersebut telah tergantikan dengan adanya teknologi baru yaitu 4G LTE. Teknologi 4G LTE ini tentu lebih unggul dari jaringan sebelumnya dengan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Berdasarkan hal tersebut, tidak heran jika banyak yang ingin merubah sinyal 3g ke 4g pada smartphone mereka. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengetahui cara untuk melakukan hal tersebut.

Syarat merubah sinyal 3G ke 4G

Melakukan pengaturan perubahan jaringan dari 3G ke 4G tidak dapat dilakukan dengan serta merta. Berdasarkan hal ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengubah sinyal 3g ke 4g yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Pertama, pastikan bahwa smartphone yang kamu gunakan telah mendukung jaringan 4G LTE.
  2. Persyaratan selanjutnya adalah SIM cad yang digunakan juga telah mendukung adanya teknologi 4G LTE. Dalam hal ini, apabila SIM card masih mendukung jaringan 3G maka kamu dapat melakukan upgrade terhadap kartu SIM card kamu melalui konter ponsel.
  3. Setelah itu, pastikan kamu berada di daerah yang telah tercover dengan jaringan 4G. Seperti berada di perkotaan atau daerah semi kota. Jika berada di pedesaan maka kemungkinan besar kamu tidak dapat menggunakan jaringan 4G.

Baca Juga: INILAH PERBEDAAN 4G DAN LTE

Mengubah Jaringan Selalu Berada Pada 4G Dengan Kode Dial Up

Apabila kamu berada di lingkungan yang selalu mendukung adanya jaringan internet 4G. Maka kamu dapat mengubah sinyal 3G ke 4G dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menuju ke papan tombol pada smartphone kamu, kemudian menuliskan kode *#*#4636#*#*.
  2. Setelah itu akan muncul tampilan menu pengujian. Dalam hal ini, kamu harus memilih menu informasi telepon 1, apabila SIM card yabg digunakan berada pada slot 1.
  3. Kemudian akan muncul tampilan informasi telepon 1 dan dilanjutkan dengan scrolling ke bawah untuk mencari menu Setel jenis jaringan yang disukai.
  4. Selanjutnya pilih menu TD-SDMA, GSM/WDCMA and LTE dan dilanjutkan dengan memilih LTE Only. Hal ini menunjukkan kamu hanya akan menggunakan sinyal 4G saja.
  5. Namun apabila kamu berada di lingkungan atau daerah dengan sinyal 4G yang tidak stabil, maka opsi yang harus kamu pilih adalah GSM/WDCMA, TD-SCDMA dan LTE. Dengan demikian sinyal kamu dapat menyesuaikan kondisi jaringan internet nantinya.
  6. Setelah itu, kembalilah pada menu informasi telepon 1 dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  7. Kemudian cek kolom SMSC lalu refresh agar sinyal atau jaringan dapat diperbarui.
  8. Langkah terakhir yaitu pilih segarkan untuk dapat memperbarui sinyal atau jaringan. Sekarang kamu dapat menggunakan jaringan 4G LTE yang kamu inginkan.

Mengubah Jaringan 3G ke 4G menggunakan Pengaturan Smartphone

Melakukan perubahan jaringan dari 3G ke 4G juga dapat dilakukan melalui pengaturan pada smartphone kamu. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Langkah awal dalam hal ini tentu kamu harus masuk pada menu setting atau pengaturan dalam ponsel kamu.
  2. Setelah itu, klik menu wireless networks dan langsung dilanjutkan dengan memilih more setting.
  3. Kemudian kamu akan dihadapkan beberapa opsi, dalam hal ini centang pilihan dengan keterangan WDCMA only atau WDCMA preffered atau 4G LTE. Pilihan ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan kamu, jika berada pada tempat yang mendukung kamu dapat mencentang 4G LTE.
  4. Jika sudah dicentang, secara otomatis android kamu akan memperbarui sinyal atau jaringan.
  5. Tunggu hingga pembaruan sinyal selesai dan muncul kembali. Jika sudah, kamu dapat langsung menikmati jaringan 4G LTE kamu.

Nah, itulah langkah-langkah dalam merubah sinyal 3G ke 4G dengan sangat mudah. Kamu dapat memilih salah satu cara diatas untuk dapat menikmati layanan 4G LTE yang kamu punya. Akan tetapi pastikan bahwa semua persyaratan dalam mengubah sinyal 3G ke 4G telah terpenuhi. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan jaringan internet yang lebih cepat dan juga stabil dari biasanya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP