Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhidden di Flashdisk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Mengembalikan-File-Yang-Terhidden-Di-Flashdisk[1]
Daftar Topik

Flash disk adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Bukan hanya memiliki ukuran fisik yang kecil yang akan sangat memudahkan pada saat di bawa, namun kapasitas dari penyimpanan nya juga akan semakin besar yang pastinya dapat menyimpan data jauh lebih banyak.

Flash disk juga merupakan penyimpanan media yang sangat mudah digunakan untuk menyalin data. terlebih lagi belajar sendiri pada saat ini memiliki berbagai macam jenis merk serta kapasitas yang tersedia dan bisa. Akan tetapi dengan adanya kemudahan seperti itu rupanya para pengguna flash disk juga seringkali dibandingkan dengan masalah folder yang tiba-tiba saja menghilang, biasanya file yang ada di dalam flashdisk terhidden atau tersembunyi.

Dimana folder yang berisikan file penting tiba-tiba lenyap di dalam flashdisk dan tidak terbaca di komputer maupun laptop. Hal yang seperti ini bisa saja diakibatkan dengan adanya virus yang ada di dalam flashdisk sehingga file tidak dapat terlihat. Bagi Anda yang pernah mengalami hal seperti ini maka bisa menyimak beberapa deskripsi cara mengembalikan file yang terhidden di flashdisk.

Menggunakan Pengaturan Windows


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memasang flashdisk ke komputer ataupun laptop yang kamu miliki. Kemudian kamu harus mengeluarkan seluruh program yang masih berjalan agar dapat meminimalisir terjadinya error pada saat mengembalikan file pada flashdisk.

Kemudian klik tombol start lalu pilih tulisan control panel, selanjutnya klik tulisan appearance and personalization. Jika sudah nanti akan muncul tulisan show hidden files and folder. Ketika kamu sudah memilih tulisan show hidden files and folder maka akan muncul menu. Untuk langkah yang berikutnya Anda harus tentang pada bagian sel hidden file folder and driver lalu klik tulisan Apply dan klik ok.

Bisa dipastikan dengan cara ini file yang terhidden pada flashdisk yang disebabkan oleh adanya virus, maupun dikarenakan adanya kesalahan ketika operasional maka folder yang terhidden tersebut dapat kembali muncul.

Menampilkan Folder Tersembunyi di Flashdisk Menggunakan Command


Untuk sekarang ini bisa dibilang cukup susah apabila kamu masih belum terbiasa dengan adanya perintah command atau CMD. Untuk itu kamu harus memperhatikan dengan baik langkah-langkah yang diperintahkan sehingga bisa mengembalikan file yang terhidden di flashdisk.

Untuk yang pertama kamu harus menghubungkan flashdisk ke laptop ataupun komputer. Lalu perhatikan pada Drive apa flashdisk kamu contohnya adalah Drive H. Jika sudah kamu harus menekan tombol Windows + R secara bersamaan lalu ketik CMD dan jangan lupa tekan enter.

Jika kamu menekan enter Maka akan muncul aplikasi CMD, yang berikutnya Anda harus ketik “H:” tanpa menggunakan tanda petik lalu tekan enter. Untuk yang satu ini bisa saja berubah karena disesuaikan dengan letak dari drive flashdisk yang kamu miliki. Perintah ini bertujuan untuk masuk ke dalam dan juga keramik driver yang akan menampilkan folder yang terhidden pada flashdisk.

Untuk selanjutnya anda harus mengetik perintah attrib-s-h-r *.*/s/d lalu tekan enter. Kemudian biarkan saja proses berjalan apabila berhasil maka nanti akan keluar folder yang memang terhidden pada flashdisk yang kamu miliki.

Informasi Tambahan untuk Penggunaan Command


Setelah kita membahas tentang cara memunculkan kembali folder yang terhidden dengan menggunakan CMD maka tentunya Anda penasaran mengenai perintah dari command di atas.

Untuk attrib ialah perintah dengan bahasa Dores agar memberikan atribut pada sebuah file maupun folder. Sedangkan untuk -s, tanda minus tersebut maknanya ialah menghapus dan untuk huruf s maknanya ialah file sistem. Jadi maksud dari tanda -s tersebut ialah menghapus atribut protected operating sistem.

Untuk -h, memang hampir sama fungsinya dari -s. Namun untuk -h ini berguna untuk menghapus dari atribut hidden maupun mengubah folder atau file yang awalnya tersembunyi menjadi dapat terlihat kembali. Sedangkan untuk tanda *.*, tanda bintang tersebut artinya adalah semua sehingga yang dimaksud dari perintah tersebut ialah seluruh file maupun folder yang mempunyai seluruh ekstensi.

Pada tulisan /s= ini maknanya ialah memproses seluruh folder ataupun folder yang sama dengan tempat file.bat serta semua dari subfolder yang berada didalamnya. Untuk /d= ini memberikan perintah untuk memproses folder juga, dimana apabila kamu tidak menulis perintah maka hanya memproses file saja tanpa folder.

Nah, itulah sekilas info yang dapat diberikan tentang masalah trik mengembalikan file yang terhidden di flashdisk. Semoga penjelasan diatas, dapat memberikan kamu bantuan ketika mengalami hal tersebut.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP