Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
27420-pln mobile
Daftar Topik

Dengan semakin canggihnya teknologi di zaman sekarang, banyak suatu urusan yang dapat dilakukan secara online. Seperti pesan makanan, membeli baju dan kebutuhan rumah tangga lainnya bahkan hingga cara cek tagihan listrik PLN semua bisa dilakukan secara online.Sebenarnya, untuk cek tagihan listrik PLN  tidak hanya secara online. Tapi dapat anda cek melalui sms, telepon dan aplikasi.

Nah, buat anda yang ingin tahu bagaimana cara cek tagihan listrik PLN untuk mengetahui berapa tagihan yang harus anda bayar tiap bulannya. Berikut cara- cara untuk cek tagihan listrik PLN versi kami:

3 Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN

1. Melalui Panggilan Telepon


Cara yang pertama untuk cek tagihan listrik PLN yaitu melalui layanan telepon. Melalui layanan ini, anda tinggal menghubungi PLN dengan nomor 123. Tapi jika anda langsung menelepon dari ponsel maka anda harus memasukkan kode wilayah anda. Seperti misalnya anda tinggal di daerah Jakarta maka kode yang anda gunakan yaitu 021. Maka untuk menghubungi PLN  anda harus menginput seperti format ini yaitu 021-123. Apabila anda sudah terhubung, selanjutnya anda harus mengikuti petunjuk dari operator. Namun layanan ini akan dikenakan biaya telepon normal jadi tidak gratis. Meskipun layanan ini berbayar, tapi ada keuntungannya yaitu anda bisa sewaktu-waktu dapat melakukan cek tagihan listrik PLN ini karena layanan ini dibuka selama 24 jam.

2. Melalui Layanan SMS


Selanjutnya, cara kedua yang dapat anda gunakan yaitu melalui layanan SMS. Cara ini bisa dikatakan sangat mudah dan cara yang paling sederhana.  Melalui layanan SMS ini, anda tidak perlu khawatir karena biaya yang dikeluarkan untuk mengirimkan pesan tidak begitu berat hanya sebesar Rp 500 dan ini tidak berlaku untuk semua operator melainkan hanya telkomsel, xl, indosat dan t-flexi. Berikut cara mengirim pesan untuk cek tagihan listrik PLN :

  • Pertama yang harus dilakukan yaitu pergi ke menu sms pada layar ponsel anda.
  • Kemudian tinggal anda ketikkan REK (spasi) no id pelanggan dan langsung kirim ke nomor 8123.
  • Jika anda ingin mendapatkan pesan secara otomatis, anda harus berlangganan terlebih dahulu. Jadi tinggal kirim pesan ke nomor yang sama dan formatnya yaitu : PLN (spasi) ON (spasi) no. ID.
  • Dan jika akan berhenti berlangganan tinggal kirim pesan ke nomor yang sama yang formatnya: PLN (spasi) OFF (spasi) no. ID

3. Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Aplikasi


Cara yang ketiga yaitu melalui layanan aplikasi. Aplikasi untuk cek tagihan listrik PLN ini tentunya sudah dimiliki oleh pihak perusahaan karena di zaman canggihnya teknologi, semua perusahaan tidak akan mau  ketinggalan untuk memanfaatkannya. Aplikasi yang dimiliki perusahaan PLN yaitu PLN Mobile. aplikasi PLN Mobile ini adalah aplikasi resmi yang dimiliki perusahaan PLN. Melalui aplikasi ini dapat anda gunakan untuk melihat tagihan bulanan listrik anda. Dibawah ini langkah-langkah untuk cek tagihan listrik PLN melalui layanan aplikasi :

  1. Silahkan anda download dan kemudian unduh aplikasi PLN melalui PLaystore dan APP Store.
  2. Setelah aplikasi terunduh anda akan diminta untuk mendaftarkan profil anda. Dan jika anda sudah pernah memakai jadi anda tinggal pindahkan data ke aplikasi Dan jika anda pengguna baru, anda tinggal tekan tombol daftar dan selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi informasi dan pastikan semua informasi yang dibutuhkan telah anda isi semua dan lanjutkan dengan tekan tombol simpan.
  3. Setelah data tersimpan, anda tinggal login jika setiap akan masuk ke aplikasi ini. Dan jika suda login anda akan dapat mengetahui berbagai informasi mengenai tagihan listrik serta profil anda juga akan muncul di beranda aplikasi.
  4. Anda juga bisa masuk tanpa login, tapi anda tidak dapat melihat akun profil dan hanya dapat melihat info tagihan listrik saja.
  5. Dan untuk masuk tanpa login anda akan diarahkan untuk mengklik ikon informasi tagihan dan token listrik. Setelah anda klik anda akan diminta untuk memberi nomor pelanggan atau  bisa juga nomor meter listrik anda. Setelah tinggal anda klik ikon cari. Setelah anda klik otomatis di layar ponsel anda  akan muncul berapa jumlah tagihan listrik yang harus anda bayar.

Selain tagihan listrik, pada aplikasi ini anda juga akan bisa melihat berbagai informasi mengenai listrik anda seperti pemakaian kwh, lokasi terdekat untuk membayar dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah cara untuk cek tagihan listrik PLN yang bisa kami bagikan. Bagaimana, sangat mudah sekali dan tentunya tidak ribet kan untuk melihat tagihan listrik anda? Semoga dengan kami bagikannya cara cek tagihan listrik ini dapat membantu bagi yang ingin melihat berapa tagihan listrik tiap  bulannya.

BACA JUGA!

Cara Memulai Bisnis Online yang Wajib Dipahami Pemula

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP