Cara Mudah Cek NPWP Online dengan Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
17720 Pajak Klikpajak
Daftar Topik

Cara Mudah Cek NPWP Online dengan Cepat – NPWP yang merupakan singkatan dari nomor pokok Wajib Pajak adalah salah satu nomor yang memang wajib dimiliki bagi setiap individu maupun badan usaha yang mempunyai penghasilan. Yang mana ketentuan dari wajib pajak itu sudah ditentukan di dalam UU tahun 2009 nomor 16. Nah, karena teknologi sudah semakin maju maka semua informasi tentang pajak bisa dilakukan dengan cara online. Cara cek NPWP Online pun sudah banyak diterapkan oleh masyarakat.

Bagi Anda yang telah bekerja maupun mempunyai usaha memang wajib memiliki NPWP. pembuatan dari NPWP sendiri tergolong cukup mudah dan juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Nah, bagi orang-orang yang sudah memiliki NPWP dan ingin mengecek nomor NPWP nya, maka bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Beberapa Cara Mudah Cek NPWP Online

1. Pengecekan Nomor NPWP Melalui Aplikasi di DJP


17720 Aplikasi Di DJP
Source: DJP

Cara cek nomor NPWP yang pertama ini bisa anda lakukan melalui situs resmi DJP. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pertama-tama Anda harus masuk ke dalam aplikasi DJP tersebut.
  • Langkah yang kedua Anda harus masuk dengan menggunakan akun yang sama ketika melakukan pendaftaran.
  • Setelah itu Anda harus membuka dashboard.
  • Dan pada saat dashboard telah terbuka, secara otomatis Anda bisa melihat identitas yang Anda miliki serta NPWP. Ketika tidak muncul, itu maknanya nomor NPWP yang Anda miliki masih belum aktif.

Catatan bagi Anda yang mengalami hal tersebut Anda bisa langsung datang ke Pelayanan Pajak agar bisa meminta konfirmasi mengenai nomor NPWP yang belum aktif tersebut.

2. Cara Pengecekan NPWP Menggunakan Website Resmi


17720 Pajak Klikpajak
Source: Klik Pajak

Bukan hanya melalui aplikasi saja, pengecekan nomor NPWP juga bisa melalui situs resmi yang ada di ereg.pajak.go.id. Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lalui:

  • Langkah yang pertama Anda harus membuka situs tersebut terlebih dahulu.
  • Kemudian akan muncul kolom yang harus Anda isi sesuai dengan identitas yang Anda miliki. Berikutnya, secara otomatis pointer mouse Akan berpindah ke kolom email. Anda harus menunggunya selama beberapa detik terlebih dahulu.
  • Nah, ketika nomor NPWP yang Anda cek muncul dan masih aktif, maka kolom nama juga akan mendeteksi siapa pemiliknya. Akan tetapi ketika nomor tersebut tidak muncul maka nomor NPWP Anda masih belum aktif dan Anda harus melakukan konfirmasi dengan datang langsung ke kantor perpajakan.

3. Cara Cek Nomor NPWP Menggunakan Kring Pajak


17720 Kring Pajak Indonesia Go Id
Source: Indonesia.go.id

Untuk Anda yang ingin mengetahui informasi mengenai perpajakan, seperti halnya cara pengecekan nomor NPWP. Perlu Anda ketahui jika dirjen pajak jika telah menyediakan layanan dari telepon yaitu kring pajak dengan nomor 1500200. Program ini sendiri sudah dirilis pada tahun 2012 silam, di mana program ini secara otomatis akan menjaga kerahasiaan yang Anda gerakan kepada operator kaca.

Operator yang di dalam kantor pengaduan perpajakan pun juga orang yang sangat kompeten dalam bidangnya, jadi jawaban yang diberikan pun kemungkinan besar benar dan valid.

4. Melakukan Cek Nomor NPWP Menggunakan Faximile


17720 Faximile Panasonic
Source: Panasonic

Beberapa orang masih mempertanyakan penggunaan faximile. Dan Anda pun jangan salah, sebab dirjen pajak rupanya masih menyediakan layanan tersebut jika masih berhubungan dengan pajak, kemudian keluhan yang berkaitan dengan NPWP termasuk dalam pengecekan nomor NPWP. Hal ini dikarenakan mesin dari faksimile mampu memberikan fasilitas pengiriman pesan dengan surat yang salinannya secara otomatis akan diterima oleh DJP.

Dan untuk Anda yang memilih memakai fasilitas yang satu ini, Anda bisa hubungi nomor 021-5251245. Namun kelemahan dari faksimile ini tidak bisa membalas pesan yang anda kirimkan dalam waktu yang sama, dan akan dibalas dengan tentang waktu 2 sampai 5 hari setelah Anda melakukan pengiriman pesan.

5. Pengecekan Nomor NPWP Menggunakan Email


17720 Email KWM
Source: KWM

Untuk cara yang berikutnya tergolong cukup mudah karena menggunakan email, yang mana email sendiri sudah tidak asing lagi digunakan oleh kebanyakan orang. Pesan dari email sendiri akan mendapatkan balasan yang jauh lebih cepat dibandingkan faksimile. Anda juga dapat menuliskan identitas dengan lengkap dan jelas, sehingga proses dari pengecekan pun tergolong mudah.

Ketika Anda sudah memberikan identitas serta pesan yang dituju, contohnya ingin mengetahui nomor dari NPWP Anda. maka untuk langkah yang berikutnya Anda bisa mengirimkan ke alamat email dari kantor perpajakan yakni pengaduan@pajak.go.id.

Dari beberapa cara di atas memang tergolong cukup mudah bukan untuk melakukan cek NPWP Online. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan anda untuk melakukan pengecekan dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi, jika kartu NPWP Anda hilang maka Anda harus segera mengurusnya ke kantor perpajakan untuk meminta operator mencetak ulang kartu yang telah terdaftar sebelumnya. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan informasi untuk Anda yang ingin mengecek nomor NPWP secara online.

BACA JUGA!

Tahapan-Tahapan Membayar Pajak Online yang Wajib Diketahui oleh Para Pengendara Motor

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Cara Membuat NPWP Online

Bagi warga negara Indonesia, NPWP baik untuk badan atau perorangan merupakan salah satu komponen yang

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP