Cara Merubah Windows 7 32 Bit Menjadi 64Bit tanpa Instal Ulang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2420-windows
Daftar Topik

Perangkat komputer yang memiliki peranan penting saat ini sudah mengalami perkembangan sangat pesat. Salah satu bentuk dari perkembangan tersebut adalah semakin tingginya spesifikasi yang terdapat pada sistem. Berdasarkan hal tersebut Setiap perangkat komputer dapat dilakukan adanya upgrade untuk meningkatkan performanya. Salah satunya yaitu dengan mengubah versi 32-bit ke 64-bit pada Windows.

Sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa langkah untuk melewati proses tersebut sangat sulit. Akan tetapi perlu diketahui bahwa sebenarnya hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan.  Diantara beberapa macam cara untuk mengubah jenis-jenis tersebut terdapat 1 cara yang dapat kamu lakukan.

Kamu dapat memahami cara mengubah Windows 7 3 bit menjadi 64 bit tanpa instal ulang dengan mudah. Bahkan kamu dapat melakukannya tanpa perlu memiliki keahlian khusus tentang ilmu komputer. Untuk dapat memahaminya lebih lanjut kamu bisa membaca beberapa penjelasan berikut ini.

Syarat dan Kebutuhan dalam Mengubah Versi 32 Bit Menjadi 62 Bit Pada Perangkat Komputer

Sebelum mengetahui cara untuk mengubahnya maka pastikan kamu mengetahui dan kebutuhan nya terlebih dahulu. Berdasarkan hal tersebut tidak semua perangkat komputer akan mendukung untuk perubahan pada sistemnya. Bagaimanapun juga Perubahan tersebut membutuhkan kompatibilitas dari mesin atau perangkat keras yang mendukung pada proses perubahan versi 32 bit menjadi 64-bit.

Dalam hal ini terdiri dari 2 poin penting yang harus dipenuhi. Poin pertama adalah pastikan bahwa hardware perangkat komputer yang kamu gunakan mendukung versi 62 bit. Jika kamu belum mengetahui spesifikasi dari perangkat komputer. Maka hal ini dapat dilakukan dengan melihat System Information dengan cara menekan tombol Windows + I melalui keyboard.

Atau juga dapat dilakukan dengan cara lainnya yaitu mengetik kata System Information pada kolom Start menu. Setelah itu akan ditampilkan informasi dan lihat pada bagian sistem tipe. Jika pada bagian tersebut berisi informasi berupa x64 maka itu artinya perangkat kamu mampu mendukung perubahan ini. Akan tetapi jika tidak maka sebaliknya, perangkat kamu tidak dapat di lakukan pengubahan dari 32 bit menjadi 64 bit.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan juga bawa perangkat komputer Kamu mendukung PAE, NX, SSE2, atau CX16. Cara untuk mengetahui hari ini yaitu dengan menggunakan perintah coreinfo. Namun jika perangkat komputer Kamu tidak menyediakan layanan tersebut maka dapat diketahui secara online dalam.

Hal ini kamu harus membuka link https://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/cc835722. Jika sudah maka lanjutkan dengan ekstrak file lalu jalankan file info tersebut. Lakukan dengan memilih Open command prompt atau dapat juga dengan cara mengetikan cmd.exe pada start menu. Jika sudah maka ketik kembali dengan kata kunci coreinfo maka akan ditampilkan informasi processor.

Berdasarkan informasi tersebut pastikan menampilkan PAE, NX, SSE2, atau CX16. Kamu dapat menelusuri informasi tersebut dengan cara menekan tombol control + F untuk langkah lebih cepatnya. Apabila sudah dipastikan bahwa perangkat komputer mendukung perubahan ini dapat dilanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah yang harus dilalui.

Cara Mengubah Versi Windows 7 32 Bit Menjadi 64-Bit

Sebelum memulai proses pengubahan ada baiknya jika kamu menyelamatkan semua file simpanan pada perangkat komputer lebih dahulu. Hal ini dilakukan karena untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak berjalan sesuai rencana. Kamu dapat membackup semua file simpanan dan memindahkannya ke hardisk lain.

Jika sudah maka proses dapat dimulai dengan menyalakan perangkat komputer dan menekan tombol f8 beberapa kali. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga muncul menu Advanced boot options. Setelah itu lanjutkan dengan memilih repair your computer yang terletak pada bagian paling atas dan langsung Tekan enter.

Kemudian proses akan dimulai dan tunggu hingga loading selesai selanjutnya klik next pada box dialog yang muncul. Kemudian pilih keyboard input method (US), setelah itu akan ditampilkan data lock system recovery options yang terdiri dari beberapa pilihan. Lanjutkan dengan mengklik Toshiba recovery Wizard dan pilih versi Windows yang dinginkan.

Dalam hal ini isikan pilihan pertama yaitu Windows 7 32 bit dan pilihan yang kedua adalah Windows 7 64-bit. Jika sudah memilih versi Windows yang sesuai Maka akan muncul pesan peringatan atau warning, langsung tekan Yes untuk melanjutkan. Setelah itu pilih recovery of factory default software dan lanjutkan dengan menekan tombol next.

Apabila kamu ingin menghapus seluruh data dan partisi dapat dipilih erase the hard disk dan jika tidak maka tidak usah. Setelah itu akan ditampilkan menu recovery method yang terdiri dari 3 pilihan. Kamu dapat memilih pilihan pertama apabila ingin mengembalikan Windows seperti pertama kali di beli. Pilihan ini memiliki keterangan recover to out of box state.

Pemilihan kedua dapat dipilih apabila ingin mengembalikan Windows tanpa mengubah partisi yang telah ada, ditandai dengan keterangan recover without changing the Hard Drive partitions. Sementara itu untuk pilihan yang ketiga adalah recover to a custom size Partition yang dapat dipilih apabila kamu ingin mengembalikan Windows dan membuat partisi baru.

Pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan dan jika sudah langsung tekan tombol next. Kemudian kamu akan dihadapkan dengan pesan konfirmasi sesuai dengan jenis pilihan yang kamu pilih sebelumnya. Kemudian tekan tombol next untuk dapat memulai proses.

Setelah itu tunggu hingga proses yang dijalankan selesai, biasanya proses Ini Membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa perangkat komputer Kamu tidak sampai mati atau kehabisan baterai selama proses. Dengan demikian setelah dinyalakan kembali versi Windows 7 dari perangkat komputer kamu sudah menjadi versi 64 bit.

Itulah cara mengubah Windows 7 32 bit menjadi 42 bit tanpa install ulang yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat. 

BACA JUGA!

Cara Menghubungkan Printer Ke Komputer Tanpa Kabel

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP