Cara Merubah Warna Baju di Photoshop dengan Mudah

0
3920 Photoshop Baju Fiverr
Source: Fiverr

Perkembangan zaman telah membuat teknologi semakin hari menjadi semakin canggih. Misalnya dalam kasus pembuatan manipulasi atau rekayasa pada foto atau gambar. Jika istilah kerennya di zaman sekarang atau zaman now Anda sudah bisa membuat efek-efek dramatis hanya dengan bermodal aplikasi Photoshop. Mulai dari edit foto untuk bahan lucu-lucuan atau meme bahkan sampai edit foto untuk berita hoax pun dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Photoshop sendiri kini telah menjadi aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Hanya bermodalkan kemampuan olah photoshop, laptop atau PC dan printer pun Anda sebenarnya sudah bisa membuka usaha percetakan foto, ngeprint, foto copy asalkan tidak pemalsuan dengan edit dokumen perusahaan. Hal tersebut dikarenakan tindakan fraud tersebut tidak dibenarkan dan dapat berakibat buruk pada karier Anda apabila ketahuan saat ada audit.

Memang ada banyak sekali hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan Photoshop, misalnya mengganti warna baju. Sebenarnya bukan hanya dapat merubah warna baju saja yang bisa dilakukan, akan tetapi berbagai warna yang lainnya juga bisa sangat mudah untuk dimanipulasi dengan aplikasi yang satu ini.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang cara merubah warna baju di Photoshop dengan mudah. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan perubahan pada warna baju di sebuah foto dan menggunakan Photoshop, maka artikel kali ini akan sangat membantu Anda.

Cara Merubah Warna Baju di Photoshop dengan Mudah

1. Menggunakan Tools Hue / Saturation


3920 Tools Hue Saturation Lynda
Source: Lynda

Berikut ini adalah caranya :

  • Siapkan gambar dengan format jpg atau jpeg, Misalnya jika Anda menggunakan foto atau gambar seseorang yang mengenakan baju berwarna hijau dan akan berubah menjadi warna kuning.
  • Jangan lupa tekan ( CTRL+J ) agar secara otomatis gambar Anda beralih format menjadi PSD. Dengan demikian, gambar asli Anda masih terlindungi alias aman. Tekan (CTRL+J) sebanyak dua kali, dimana layer 1 untuk gambar yang masih sama dan Layer 1 copy untuk gambar yang sudah diedit atau dimanipulasi, dan Background adalah gambar master. Selanjutnya ikuti langkah dibawah ini.
  • Klik layer 1 copy >> image >> adjustment >> hue/saturation (CTRL+U) >> hue: +180, Saturation: 0, Lightness: 0 >> OK
  • Pilih Erase Tool >> Size: 200px, Hardness: 0 %, Opacity: 80 %, Flow: 100 %. Alat ini akan Anda gunakan untuk menghilangkan bagian kulit saja, kaca lensa kamera, dan sepatu. Jadi sizenya harus Anda sesuaikan dengan bidang yang akan dihapus nantinya. Sedangkan untuk cara memperkecil size dengan menggunakan tombol ( [ ) pada keyboard, dan untuk memperbesar size dengan menggunakan tombol ( ] ).
  • Setelah pengaturan di atas, lalu oleskan Tool Erase pada bagian kulit subjek secara rapi dan merata. Dan yang terakhir jangan lupa oleskan juga pada bagian kaca lensa kamera dan sepatu subjek.
  • Kemudian untuk menyimpannya tinggal pilih File >> Save As ( Shift+CTRL+S) >> Format >> JPEG >> Save.
  • Selesai, warna baju sudah diganti menjadi warna kuning seperti yang Anda inginkan

2. Menggunakan Tools Eyedropper


3920 Tools Eyedropper Super User
Source: Super User

Berikut ini adalah cara merubah warna baju di Photoshop yang lainnya:

  1. Siapkan foto gambar bahan yang akan Anda edit, lalu buka pada Photoshop milik Anda.
  2. Pilih tool pada sisi kiri lalu pilih Magnetic Lasso Tool – kemudian buat pola sesuai bentuk baju yang akan diganti warnanya.
  3. Kemudian beralih ke menu bagian atas pilih Image – Adjustment – Replace Color.
  4. Maka akan muncul pengaturan lalu klik Eyedropper Tool – lalu klik ke warna yang Anda seleksi tadi. Kemudian klik Result untuk mengganti warna yang Anda inginkan.
  5. Pengaturan warnanya seperti ini Anda dapat menggeser bulatan ke warna yang Anda inginkan, jika sudah klik OK dan Ok lagi pada Replace Color.

Nah, mengganti warna baju di Photoshop dengan cara ini telah selesai. Warna telah berubah dan jangan lupa untuk klik Ctrl  D agar bisa menghilangkan garis seleksi putus- putus. Hasilnya akan tampak seperti nyata.

Pada langkah nomor 4 yang sudah disebutkan di atas baju yang awalnya memiliki warna biru gelap telah berubah menjadi warna coklat karena telah ditentukan terlebih dahulu pilihan warnanya dan di klik ok. Sedangkan untuk warna aslinya yakni warna biru gelap masih ada dan setelah menuju tahap nomor 5, maka warna baju pun berubah menjadi coklat.

Pro Tips: Ketika hasil editan sudah jadi dan ingin ukurannya diperbesar, ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi online ‘Smart Upscaler‘ yang dikembangkan oleh icon8.com. Kamu tinggal upload dan gambar kamu akan diperbesar dengan warna yang tetap tajam.

Nah, sangat mudah sekali bukan cara merubah warna baju di Photoshop yang tentunya siapa pun bisa melakukannya termasuk Anda yang masih pemula. Kini Anda bisa merubah warna baju sesuai dengan keinginan untuk kebutuhan Anda seperti jualan baju online yang tentunya akan menampilkan seri warna baju yang berbeda-beda. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba.

 

BACA JUGA!

Cara Edit Background Foto di Photoshop