Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Merubah Huruf Kapital di Excel dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara merubah huruf kapital di excel-2
Daftar Topik

Cara merubah huruf kapital di excel. Pasti sudah tidak asing dengan keluhan dan curhatan seperti di atas dong. Keluhan tentang belajar excel sudah menjadi hal overheard atau sering didengar di zaman sekarang, bahkan mempelajari excel terasa seperti momok bagi beberapa orang. Padahal dengan berkembangnya teknologi saat ini, excel termasuk menjadi salah satu aplikasi yang harus dipelajari dan kalau bisa menjadi mahir. Menurut Zandax, terdapat beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari Excel seperti di bawah ini.

Microsoft excel

Mengapa kita perlu mempelajari Excel

1. Memudahkan dan meningkatkan kualitas dalam bekerja

Salah satu efek yang dapat kamu rasakan setelah bisa mengoperasikan excel adalah akan merasa terbantu dalam mengolah data maupun penyajian data. Karena excel memiliki fungsi dan rumus yang praktis, sehingga dapat memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan maupun menyajikan data dengan baik. Selain itu, bagi kamu yang bekerja dengan angka, tentu akan jatuh cinta dengan excel karena perhitungan otomatisnya yang mempercepat kamu dalam menghitung. 

2. Excel merupakan aplikasi standar di segala industri

Apapun pekerjaan kamu, Excel merupakan salah satu aplikasi yang pasti akan kamu temui di tempat kerja loh. Bahkan, saat ini anak-anak sekolah sudah mulai diperkenalkan dengan Excel dan juga dilatih untuk dapat mengoperasikannya. Tidak hanya pekerjaan dibidang keuangan saja, seperti penjualan, marketing, dan data juga menggunakan Excel sebagai aplikasi pendukung untuk mengolah hingga mempresentasikan data yang telah mereka olah. 

Untuk belajar excel, tingkat kemahiran mengoperasikan excel bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dalam menggunakan excel. Jika kamu hanya membutuhkan Excel untuk menginput data, setidaknya kamu bisa mengetahui fungsi seperti filter, rata-rata, margin, penjumlahan, dan fungsi-fungsi dasar lainnya. Bagi kamu yang bekerja dibidang analisis data, tentu perlu memahami fungsi Excel yang mendukung kamu dalam melakukan proyeksi data dan pengolahan data lebih lanjut. Yuk kita mulai belajar mengoperasikan Excel dimulai dari hal termudah yaitu tentang tulisan dan huruf!

microsoft office

Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Kapital

Bagi kamu yang baru belajar mengoperasikan Excel, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menulis di Excel adalah beberapa fitur pada aplikasi Word tidak tersedia di dalam Excel, salah satunya adalah fitur Change Case. Change Case merupakan salah satu fitur pada Microsoft Word yang berfungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital. Namun, Microsoft Excel tidak memiliki fitur Change Case ini, sehingga cukup merepotkan jika kita memiliki banyak data yang perlu diubah dari huruf kecil menjadi huruf kapital. 

Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui cara merubah huruf kapital di excel, salah satunya dengan cara di bawah ini. 

  1. Pertama, siapkan satu kolom kosong di sebelah tulisan huruf kecil yang ingin kamu ubah untuk menghasilkan tulisan kapital;
  2. Kedua, kita akan menggunakan fungsi “=UPPER()” terhadap teks yang ingin diubah (sebagai contoh, teks yang ingin kita ubah berada di sel A6);
  3. Ketiga, pada kolom kosong tadi, ketiklah pada Formula Bar fungsi “=UPPER(A6)”
  4. Keempat, klik kanan pada kolom yang telah kita ketik fungsi, pilih “Copy” atau gunakan keyboard dengan menekan CTRL+C;
  5. Kelima, pada sel A6, klik kanan pada mouse, dan pilih “Paste Special”;
  6. Kemudian, pada “Paste Special” pilih “Paste” lalu “Values”;
  7. Klik “OK”;
  8. Hapus kolom yang telah digunakan sebelumnya. 

Setelah itu, sel A6 akan menjadi huruf kapital deh. Mudah bukan?

cara merubah huruf kapital di excel-2

Membuat Tulisan Miring, Diagonal, ke Bawah

Untuk menghemat ruang atau memaksimalkan ruang yang terbatas pada kertas kerja Excel, kamu bisa berinovasi dengan menggunakan format teks mulai dari memiringkan tulisan hingga membuat tulisan yang mengarah ke bawah. 

Berikut adalah cara pertama untuk merubah arah tulisan pada Excel. 

  1. Pertama, klik kolom yang tulisannya akan kamu rubah;
  2. Kedua, pada menu “Home” kamu akan menemukan tombol “Orientation”;
  3. Ketiga, setelah kamu klik tombol “Orientation” maka akan muncul beberapa pilihan arah tulisan
  4. Kemudian, pilih arah tulisan yang kamu inginkan;
  5. Teks akan berubah setelahnya.

Cara lainnya yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, klik kolom yang tulisannya akan kamu rubah;
  2. Kedua, pada kolom tersebut, klik kanan;
  3. Ketiga, pilih “Format Cells”;
  4. Keempat, pilih “Alignment”;
  5. Kelima, atur tulisan sesuai dengan keinginan kamu;
  6. Klik “OK”
  7. Tulisan akan berubah setelahnya.
  8. rumus excel

Meng-enter Sebuah Kata atau Tulisan

Fitur lainnya yang tidak dimiliki oleh Excel adalah dalam hal meng-enter sebuah tulisan atau kata. Dalam aplikasi Word, jika kita mengklik tombol “Enter” maka tulisan tersebut akan berpindah ke bawah, namun dalam Excel, jika kita mengklik hanya tombol “Enter”, maka yang berpindah adalah kursor yang menunjukkan kolom ke kolom di bawahnya. 

Namun, hal tersebut bisa diakali dengan mengklik dua tombol sekaligus yaitu “Alt” dan “Enter”. Jika kamu mengklik Alt+Enter secara bersamaan, maka kalimat atau kata yang ingin kamu pindah ke bawah namun dalam satu sel yang sama akan berpindah ke bawah. 

Gampang bukan mempelajari Excel? Untuk memulai belajar mengoperasikan Excel kamu tidak harus menggunakan rumus-rumus yang sulit, kamu bisa memulainya dengan memahami fitur-fitur yang disediakan oleh Excel. Mungkin bisa belajar cara merubah huruf kapital di excel dengan mudah. Selain dari artikel ini, kamu tentu dapat menambah wawasan fitur Excel dari berbagai sumber di internet. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tips Merawat Rambut Keriting

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP