Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

3 Cara Merubah Huruf Kapital di Excel Tanpa Rumus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
jenis font
Daftar Topik

Cara merubah huruf kapital di excel tanpa rumus. Siapa yang tak tahu dengan Microsoft Excel? Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan software, besutan Microsoft Office. Perangkat lunak ini merupakan jenis perangkat lunak pengolah angka, sehingga tak heran jika banyak digunakan oleh mereka yang bekerja di kantor-kantor, yang membutuhkan bantuan untuk mengolah data-data penting yang digunakan dalam pekerjaannya. 

Sebagai perangkat lunak pengolah angka, fitur-fitur yang tersedia di Microsoft Excel terbilang lengkap dan sekaligus di sisi lain terlihat rumit apalagi bagi mereka yang awam dengan software ini. Banyak orang masih kesulitan dalam melakukan suatu hal tertentu di Microsoft Excel, salah satunya adalah membuat huruf kapital di Microsoft Excel ini. Berbeda dengan aplikasi Microsoft Word yang relatif mudah untuk mengubah huruf menjadi kapital dengan hanya menekan tombol Change Case saja, Microsoft Excel tidak menyediakan fitur ini dalam aplikasinya. Inilah yang membuat banyak pengguna Microsoft Excel terutama yang masih awam dan kurang terbiasa menggunakannya, menjadi kebingungan.

Microsoft Excel

Cara merubah huruf kapital di excel

Tapi, jangan khawatir, berikut penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara mengubah huruf menjadi huruf kapital pada software Microsoft Excel yang dijamin mudah dipahami oleh siapapun termasuk kamu yang masih belum terbiasa menggunakan perangkat lunak pengolah angka yang satu ini. 

1. Menggunakan Fungsi Huruf Kapital

Sebenarnya, mengubah huruf dari huruf kecil atau lower case menjadi huruf kapital alias upper case pada Microsoft Excel tidaklah sulit. Microsoft Excel menyediakan sebuah fungsi bernama UPPER yang dapat mengubah huruf kecil menjadi kapital. Caranya pun relatif mudah. Pertama, masuk ke kolom lembar kerja dan pilih kolom manakah yang akan kamu ubah hurufnya menjadi huruf kapital. Kemudian, arahkan kursor pada kolom baru tersebut, lalu klik tombol atau kolom formula pada bagian atas. Lalu, ketik format (fx): =UPPER(kolom Excel) dan kemudian tekan Enter. Maka, secara otomatis, teks di dalam kolom yang dituju akan menjadi teks dengan huruf kapital atau huruf besar. Bila ingin mengubah kolom lain menjadi huruf besar juga, maka arahkan kursor pada kotak kecil di sudut kanan bagian bawah pada kolom yang telah diubah, lalu langsung drag ke bawah untuk mengisi masing-masing sel kolom pertama untuk disalin ke kolom kedua dalam huruf besar. Setelah itu, sorot atau blok kolom pertama, klik menu Edit kemudian klik Copy dan Paste Values. Dengan menggunakan perintah ini, maka kamu bisa mengganti formula dengan nilai dan tidak merubah apapun pada kolom pertama walau kolom kedua telah dihapus.  

cara merubah huruf kapital di excel tanpa rumus

2. Menggunakan Fungsi Nama

Cara lain untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital di Microsoft Excel adalah dengan menggunakan fungsi nama. Cara ini digunakan bila kamu hanya ingin mengubah huruf pertama saja menjadi huruf kapital. Langkah ini biasanya digunakan secara khusus dan spesifik untuk mengubah format nama orang ataupun nama kota yang terlanjur diketik menggunakan huruf kecil dan akan diganti dengan huruf kapital hanya di awal kata-nya saja. Untuk melakukan fungsi ini, pertama masuk dulu ke teks kolom yang ingin kamu ubah hurufnya menjadi kapital di awal. Kemudian arahkan kursor ke sel sebelahnya, kemudian klik tombol formula dan ketikkan rumus =PROPER(sel kolom) lalu kemudian tekan tombol Enter. Kamu akan melihat di sel kolom ini secara otomatis terjadi perubahan dari huruf kecil menjadi huruf kapital. Setelah itu, kamu bisa melakukan drag kolom ke bawah agar setiap sel di kolom ini secara otomatis berubah menjadi huruf kapital untuk kata pertamanya. Seperti cara sebelumnya, lakukan Paste Values pada kolom kedua agar kamu dapat menghapus semua sel kolom pertama tanpa menghilangkan teksnya. 

jenis font

3. Menggunakan Flash Fill

Dibanding dua cara sebelumnya, cara ini relatif lebih rumit dan khusus hanya bisa dilakukan pada Microsoft Excel versi 2013. Fungsi Flash Fill ini pada umumnya digunakan untuk rangkaian daftar nama orang, dimana tujuannya adalah untuk mengubah huruf pertama dari nama depan dan belakang menjadi huruf kapital. Caranya, isi kolom A dengan nama-nama orang yang menggunakan huruf kecil. Kemudian kamu bisa menggunakan kolom sebelah kanannya untuk menjalankan perintah Flash Fill, yakni pada kolom B. Arahkan kursor pada sel B1, kemudian ketik nama yang sama di kolom sel A1 dengan menggunakan huruf kapital di setiap nama dan tekan Enter. Berikutnya, masuk ke menu Data yang terdapat pada bagian menu bar dan pilih opsi Flash Fill. Fungsi ini bekerja dengan cara mempelajari pola serta membuat perubahan dalam rangkaian data. Kamu juga dapat menggunakan kode pintasan yakni CTRL + E untuk mengaktifkan opsi Flash Fill ini. Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus nama-nama yang diketik dengan huruf kecil. Untuk mencegah terjadinya duplikasi, maka klik langsung pada bagian atas kolom teks dengan huruf kecil, klik kanan lalu tekan Delete untuk menghapusnya dan membuat dafta huruf besar kecilnya sesuai. Jangan lupa untuk memastikan fungsi Flash Fill ini berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan sebelum menghapus daftar nama pada kolom pertama, ya. 

Nah itu dia beberapa cara merubah huruf kapital di excel tanpa rumus. Setiap cara tentu dapat digunakan sesuai kebutuhan dari masing-masing individu. Nah, jadi cara mana-kah yang kamu pilih untuk mengubah huruf di Microsoft Excel menjadi huruf kapital? Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Menghapus Header Section pada Word

ARTIKEL LAINNYA