Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10

0
71020 Record

Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10 – Seiring dengan populernya platform media sosial youtube, tentunya akan membuat setiap orang ingin mencoba memberikan tutorial sesuai dengan bakat masing-masing. karena, selain sebagai media hiburan dan menambah wawasan youtube juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan lewat adsense yang dihasilkan dari penonton maupun subscriber.

Saat ini, salah satu channel yang paling populer adalah tentang gaming dan aneka tutorial mengenai teknologi komputer. Di dalam pembuatan konten-konten dengan bidang tersebut, tentunya harus dilakukan dengan cara merekam layar laptop secara langsung karena jika menggunakan kamera maka hasilnya kurang maksimal.

Untuk bisa merekam layar laptop, diperlukan sebuah software khusus seperti screen recording, bagi yang tidak mempunyai software tersebut tidak perlu bingung. Karena, merekam layar laptop bisa di lakukan dengan mudah melalui fitur game bar yang ada pada windows 10.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Mudah di Windows 10


71020 Record

1. Pastikan Laptop Sudah Terinstall Windows 10

Fitur game bar, hanya tersedia pada Windows 10 saja. Oleh sebab itu, pastikan sistem operasi di dalam laptop Anda sudah menggunakan windows 10. Walaupun nama fiturnya game bar, jangan sampai terkecoh dengan hal tersebut. Karena selain untuk mengatur game, fitur tersebut juga di kembangkan untuk merekam layar PC atau laptop sehingga tidak perlu mendownload software tambahan.

2. Aktifkan Fitur Game Bar

Apabila ingin menggunakan fitur game bar, maka pastikan untuk mengaktifkannya terlebih dahulu. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu menu setting.
  • Kemudian pilih opsi gaming.
  • Setelah itu, cari opsi game bar kemudian klik tanda pengaktifan.

Jika game bar sudah diatur selalu aktif sebelumnya, maka Anda tinggal menekan tombol windows beserta huruf G yang ada pada keyboard secara bersamaan. Setelah itu, tunggu sampai muncul jendela baru dari perintah tersebut.

3. Checklist Perintah “Yes This is a Game”

Setelah jendela dari fitur game bar terbuka, maka akan muncul kolom dengan pertanyaan “Do you want to open game bar?” dengan pilihan dua checklist di bawah tulisan tersebut. Pilih checklist dengan perintah “yes, this is a game” agar bisa menggunakan game bar untuk melakukan proses perekaman pada layar.

4. Klik Ikon Record

Agar bisa merekam layar laptop, jangan lupa untuk klik ikon bulatan merah yang ada pada game bar untuk mulai proses perekaman. Anda juga bisa mengaktifkan line mikrofon dengan cara memilih ikon mic kecil. Selain itu, apabila membutuhkan screenshot di tengah-tengah perekaman maka hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Caranya cukup tekan tombol windows+Alt+print screen di keyboard kemudian gambar akan tersimpan secara otomatis di dalam folder capture.

5. Klik Ikon Kotak Untuk Menghentikan Rekaman

Apabila perekaman layar sudah selesai, jangan lupa untuk klik ikon kotak dan otomatis rekaman akan terhenti secara otomatis. Pada laptop dengan jenis tertentu, biasanya tombol untuk stop sama dengan tombol record sehingga cukup klik kembali pada ikon tersebut apabila ingin menghentikan rekaman layar.

Jika perekaman sudah selesai, maka akan muncul tampilan di layar berupa notifikasi tentang lokasi penyimpanan video dari hasil rekaman. Semua video akan tersimpan secara otomatis dengan format mp4 di dalam folder capture atau picture. Jika kebingungan untuk mencari video yang baru saja di rekam, maka buka dokumen kemudian pilih master c lalu cari folder capture.

Shortcut untuk Mempermudah Akses Game Bar


71020 Game BarAgar perekaman layar laptop yang akan dilakukan menjadi lebih mudah, berikut beberapa rekomendasi shortcut atau tombol cepat yang akan memudahkan akses fitur game bar. Berikut detailnya:

  • Ikon windows+G, merupakan shortcut yang bisa digunakan untuk membuka fitur game bar.
  • Apabila ingin merekam momen-momen pada bagian akhir dari sebuah gameplay, maka caranya adalah dengan menekan tombol ikon windows+Alt+G. Jika ingin melakukan modifikasi, maka buka game bar kemudian pilih menu settings.
  • Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk memulai dan menghentikan rekaman layar laptop. Yaitu dengan menekan ikon windows+Alt+R. Ketika tombol shortcut tersebut sudah ditekan, maka muncul notifikasi perekaman yang ada di atas layar sebelah kanan.
  • Jika di tengah-tengah perekaman membutuhkan screenshot, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menekan secara bersamaan ikon windows+Alt+print screen pada keyboard kemudian tangkapan gambar akan tersimpan secara otomatis di dalam folder capture.
  • JIka ingin memulai dan menghentikan rekaman dengan mikrofon, maka tekan ikon windows+Alt+M secara bersamaan pada keyboard.
  • Setiap perekaman yang dilakukan pasti akan menampilkan bar notifikasi dari time recording, jika ingin menampilkan atau menyembunyikan time recording tersebut maka tekan ikon windows+Alt+T pada keyboard/

Jangan lupa untuk mempraktekkan cara merekam layar laptop diatas, jika ingin melakukan perekaman pada layar laptop karena caranya sangat mudah dan tidak perlu menginstall aplikasi atau software tambahan.

BACA JUGA!

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows 10