Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Dari sekian banyak jenis sepatu yang ada, sepatu kulit menjadi sepatu dengan penggemar  yang sangat banyak. Selain terlihat elegan, sepatu kulit termasuk sepatu yang tahan lama hingga puluhan tahun. Namun, yang seringkali menjadi permasalahan setiap orang yang memiliki sepatu kulit yaitu cara merawat sepatu kulit agar tetap awet yang terbilang sulit.

Padahal, sebenarnya merawat sepatu kulit terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Nah, bagi kamu yang memiliki koleksi sepatu kulit dalam jumlah yang banyak dan bingung bagaimana cara merawatnya, simak ulasannya berikut ini.

Perawatan Sepatu Kulit Tak Sesulit yang Dibayangkan

Sepatu kulit tetap menjadi favorit karena memiliki bahan yang bisa cukup lentur, sehingga bisa mengikuti bentuk kaki. Hal inilah yang bisa membiarkan kulit bisa bernafas. Dengan karakteristik yang seperti itu, tak heran jika harga sepatu kulit terbilang sangat mahal.

Meski sepatu kulit terbilang tahan lama, namun tetap saja membutuhkan perawatan. Selain bisa menambah umur sepatu kulit, melakukan perawatan juga bisa menjaga sepatu kulit dalam keadaan baik alias tidak kusam. Nah, maka dari itu, perawatan yang tepat pada sepatu kulit sangat dibutuhkan.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sepatu kulit membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap awet. Nah, bagi kamu yang bingung mengenai bagaimana cara merawat sepatu kulit, tak perlu khawatir. Karena berikut ini ada beberapa cara merawat sepatu kulit yang tepat.

  • Agar sepatu kulit tetap awet, jangan terlalu sering menggunakannya. Maksudnya gunakan sepatu kulit untuk 3 hari dan sisanya diselingi sepatu yang lainnya. Hal ini bertujuan agar sepatu kulit bisa bersihkan dan dikeringkan, sehingga sepatu tidak lembab.
  • Hindarkan sepatu kulit dari kelembapan yang berlebihan. Jika sepatu kulit basah, segera keringkan menggunakan lap
  • jangan keringkan sepatu kulit langsung dibawah sinar matahari. Mengapa demikian? Karena sepatu kulit yang terkena panas berlebihan akan mudah kering dan retak.
  • Ketika sepatu kulit tidak digunakan, masukkan pengganjal baik kertas atau apapun ke dalam sepatu. Hal ini bertujuan agar bisa mempertahankan bentuk sepatu kulit. Jika kamu bingung mencari pengganjal yang tepat, kamu bisa memilih kayu aras. Selain bisa mempertahankan bentuk sepatu, kayu aras memiliki bau tertentu yang bisa menangkal serangan serangga.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Selain harus mengetahui cara merawat sepatu kulit yang tepat, penting juga bagu pemilik sepatu kulit mengetahui cara membersihkan. Mungkin bagi sebagian banyak orang membersihkan sepatu kulit sangat ribet dan sulit. Padahal cukup mudah jika dilakukan.

Selain perlu dibersihkan, sepatu kulit juga perlu di semir agar warnanya tetap terjaga dan kinclong. Sebelum menyemir, terlebih dahulu perhatikan jenis bahan kulit sepatu Anda. Setelah itu, pilih semir yang cocok. Selain itu, sebelum mengaplikasikan semir pada sepatu, terlebih dahulu baca label anjuran penggunaan produk. Untuk lebih amannya, coba warnai sedikit bagian sepatu kulit, jika cocok baru cat semuanya.

Nah, berikut ini cara membersihkan dan menyemir sepatu kulit yang mudah dilakukan:

  • Pertama, bersihkan sepatu dari debu menggunakan lap yang kembut. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan sikap atau lap khusus sepatu kulit. Jika sepatu terbuat dari kulit halus, jangan gunakan lap yang kasar.
  • Jika sudah dibersihkan, gunakan conditioner khusus sepatu kulit. Conditioner ini sangat tepat untuk digunakan karena tidak meninggalkan warna dan bisa menjaga kelenturan kulit.
  • Untuk mengaplikasikan conditioner ini, gunakan lap bersih dengan gerakan melingkar.
  • Jia sudah kering, langsung gunakan semir dengan warna yang tepat. Untuk cara mengaplikasikan semir ini, tetap sama dengan gerakan melingkar. Setelah itu, diamkan kurang lebih 15 menit.
  • Agar sepatu kulit bisa lebih mengkilat, sekali lagi gosok sepatu menggunakan lap bersih dan halus. Selain itu, gunakan lap yang kering tanpa menggunakan semir. Cara mengaplikasikannya dengan gerakan yang cepat. Hal ini bertujuan agar tidak meninggalkan bekas.
  • Cara membersihkan dan menyemir sepatu dengan gerakan cepat ini bisa menghasilkan panas, sehingga sepatu bisa cepat mengkilap. Dengan cara-cara mudah dalam membersihkan dan menyemir sepatu, kamu tak perlu repot-repot membawanya ke jasa perawatan sepatu kulit yang profesional. Dengan perawatan rutin seperti ini, sepatu kulit akan mudah dibersihkan.

Itulah ulasan mengenai cara merawat sepatu kulit yang paling mudah dan bisa kamu tirukan. Membersihkan sepatu kulit hanya membutuhkan waktu yang singkat, sehingga kamu tak perlu membawanya ke jasa perawatan sepatu kulit.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA