Cara Merawat Kura-Kura yang Masih Kecil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1511-kura kura
Daftar Topik

Kura-kura sering menjadi binatang peliharaan favorit karena kura-kura sendiri dipercaya memiliki arti panjang umur. Namun, ternyata pemeliharaan kura-kura yang masih kecil sangatlah rumit, sebab meskipun kura-kura memiliki tempurung yang kuat ternyata kura-kura merupakan binatang yang sensitif terhadap suhu disekitarnya.

Sebelum kamu memelihara kura-kura kecil, lebih baik kamu mencari referensi dan memperdalam pemahan mengenai kura-kura dan jenisnya serta cara perawatannya. Berbedanya jenis kura-kura menyebabkan berbedanya pula cara perawatannya.

Berikut merupakan beberapa teknik merawat kura-kura yang masih kecil yang bisa kamu ikuti.

Mempersiapkan Kandang Kura-kura

Pada umumnya, kandang yang digunakan untuk merawat kura-kura kecil adalah stoples dengan ukuran besar atau akuarium yang memiliki ketinggian 4 sampai 5 kali lipat dari tinggi kura-kura dengan tujuan agar kura-kura tidak lepas. Stoples ukuran besar bertujuan agar kura-kura dapat bebas bergerak. Kandang kura-kura haruslah bersih.

Akuarium atau stoples harus transparan, sehingga kamu bisa melihat kondisi kura-kura dari luar. Pada bagian atas stoples atau akuarium kamu beri penutup yang disertai dengan ventilasi udara. Pada bagian dasar akuarium atau stoples berilah tanah atau campuran gambut, pasir dan tanah dengan ketebalan 6 sampai 9 cm.

Masukkan batu besar yang berguna untuk berjemur kura-kura. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris akuarium seperti rumah-rumahan yang bisa digunakan kura-kura untuk bersembunyi.Tambahkan air pada akuarium atau stoples dengan kedalaman lebih rendah dari ketinggian batu yang digunakan kura-kura untuk berjemur.

Pengaturan Suhu pada Kandang

Kandang kura-kura harus memiliki suhu cukup hangat, sehingga letakkan kura-kura pada suhu ruang kira-kira 26 derajat celcius, agar kura-kura bisa hidup.

Memberi Pencahayaan

Pencahayaan yang cukup pada kandang kura-kura bertujuan untuk memberikan penerangan pada kandang. Selain itu, pencahayaan yang cukup dapat digunakan kura-kura untuk berjemur dan menghangatkan kura-kura. Bila memungkinkan, kamu bisa menjemur kura-kura dibawah sinar matahari.

Menjemur Kura-kura

Penjemuran kura-kura harus dilakukan secara rutin, yaitu bisa 1 sampai 2 kali dalam satu minggu dengan durasi waktu menjemur seperempat jam sampai dengan setengah jam. Waktu yang cocok untuk menjemur kura-kuran adalah pada pagi hari, karena sinar matahari masih hangat pada pagi hari.

Makanan Kura-kura

Perhatikan asupan makanan kura-kura. Makanan yang masuk pada kura-kura merupakan salah satu cara untuk menjaga asupan gizi dan kesehatan pada kura-kura. Makanan yang cocok dengan kura-kura adalah pelet yang kecil karena pelet memiliki gizi yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan kura-kura. Agar bervariasi, kamu bisa memberikan daging ikan cincang dan cacing sutra sebagai makanan pada kura-kura.

Kamu bisa menambahkan kalsium pada makanan kura-kura yaitu dengan menaburkan sedikit bubuk kalsium pada makanan kura-kura sekitar 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Pemberian kalsium ini bertujuan agar kura-kura memiliki cangkang yang kuat

Sayuran tidak direkomendasikan untuk kura-kura, karena akan menyebabkan pencernaan kura-kura menjadi terganggu. Pemberian makanan kura-kura harus secara teratur dan tepat waktu. Pemberian makanan pada kura-kura bisa dilakukan satu hari sekali atau juga bisa dua sampai tiga hari sekali.

Menjaga Agar Kura-kura Tetap Sehat

Kura-kura merupakan hewan yang rentan terhadap berbagai infeksi. Periksa kura-kura kamu secara rutin. Periksa mulai dari tekstur cangkang kura-kura, pastikan bahwa tempurung kura-kura tetap lembut dan tidak memiliki noda, apabila cangkang kura-kura menjadi kasardan lunak maka segera bawa kura-kura ke dokter hewan. Pemeriksaan kura-kura haruslah secara menyeluruh.

Perubahan pada mata kura-kura, kotoran, hidung dan paruhnya serta pada tingkah laku kura-kura yang tidak sama seperti biasanya.

Membersihkan Kandang Kura-kura

Sebelum membersihkan kandang kura-kura, kamu lebih baik memindahkan kura-kura pada kandang cadangan. Pembersihan kura-kura dapat menggunakan campuran pemutih dan membilasnya menggunakan air hangat.

  1. keluarkan aksesoris yang terdapat pada kandang kura-kura, buanglah sisa-sisa air, tanah atau gambut yang ada pada kandang kura-kura.
  2. Bersihkan akuarium dengan membilasnya, pastikan pula bahwa kamu membilas akuarium hingga benar-benar bersih dan tidak ada pemutih atau sisa-sisa pemutih yang tertinggal didalamnya.
  3. Bersihkan juga aksesori-aksesori yang kamu keluarkan dari akuarium sampai benar-benar bersih.
  4. Kemudian, letakkan kembali aksesori-aksesori di dalam akuarium sama seperti kandang pada saat belum dibersihkan.
  5. Setelah membersihkan kandang kura-kura, sebaiknya kamu mencuci tangan hingga benar-benar bersih dan buanglah sisa-sia air yang digunakan untuk mencuci kandang kura-kura. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terkena kuman yang ada pada tubuh kura-kura yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.

Itulah cara merawat kura-kura saat masih kecil agar kura-kura tidak mudah stress dan dapat bertahan hidup hingga dewasa. Perlu diketahui bahwa keadaan kandang dan asupan makanan serta perawatan kura-kura tidak lah sama, bergantung dari jenis kura-kura yang kamu pelihara.

BACA JUGA! TIPS MEMILIH DAN MERAWAT KUCING AGAR TETAP SEHAT

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP