Cara Menyambung Kabel Listrik dengan Mudah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7. Sambungan Kabel dengan Solder
Daftar Topik

Cara menyambung kabel listrik. Kabel merupakan hal yang penting dalam kebutuhan aliran listrik. Oleh karena itu, teknik penyambungan kabel wajib kamu ketahui apabila suatu saat terdapat kabel yang terputus. Menyambung kabel listrik akan terlihat cukup mudah. Namun, ada berbagai cara dan teknik dalam menyambung kabel listrik yang wajib kamu pelajari. Teknik ini berguna untuk memastikan bahwa sambungan kabel listrik terjamin benar dan aman. 

Sambungan Kabel Listrik

Kabel listrik memiliki banyak jenis, diantaranya adalah kabel listrik inti tunggal, inti serabut, aluminium, maupun kabel tembaga. Masing-masing jenis kabel ini memiliki teknis penyambungan yang berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. 

Perlu kamu ingat bahwa kabel listrik yang baik adalah kabel listrik yang tidak memiliki sambungan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kegiatan menyambung listrik kecuali memang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan proses instalasi listrik yang cepat.

Sambungan kabel dikatakan kurang baik karena terdapat risiko yang lebih besar pada bagian sambungan. Saat sambungan kabel tersebut dilalui aliran listrik, akan terjadi getaran pada bagian tersebut. Apabila sambungan kabel tidak terpasang dengan benar, maka ada kemungkinan listrik terputus atau yang lebih parahnya akan menimbulkan percikan api pada bagian sambungan tersebut.

Cara Mudah Menyambung Kabel Listrik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa menyambung kabel harus disesuaikan dengan jenis dan bahan kabel yang akan disambung tersebut. Oleh karena itu, kamu wajib tahu jenis-jenis kabel listrik sebelum melakukan penyambungan. Sebelum melakukan penyambungan, kamu juga harus mempersiapkan alat bantu terlebih dahulu seperti tang, obeng, dan lain sebagainya. Berikut adalah berbagai cara mudah menyambung kabel listrik.

  • Sambungan Ekor Babi (Pig Tail)

1. Sambungan ekor babi

Sambungan kabel listrik berjenis ekor babi atau pig tail merupakan sambungan yang paling sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya cukup menggabungkan dua kabel dan kemudian melintirnya. Jangan lupa untuk melapisinya dengan isolasi agar lebih aman. Teknik yang sangat mudah ini membuatnya digunakan oleh banyak orang untuk memperbaiki instalasi listrik mereka. Walau sangat mudah dilakukan, ternyata teknik ini tidak stabil dan kabel lebih mudah lepas. Oleh karena itu, teknik ekor babi cocok digunakan untuk kabel yang tidak memiliki daya tarik.

  • Sambungan Puntir

2a. Sambungan Puntir Bell Hangers

Sambungan kabel listrik puntir merupakan modifikasi dari sambungan ekor babi yang cenderung mudah lepas. Sambungan puntir akan lebih kokoh dan kuat karena dua kabel disambung dengan lurus dan saling mengikat satu sama lain. Fungsinya pun juga untuk menyambung kabel inti tunggal. Sambungan puntir sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Bell Hangers dan Western Union. 

  • Sambungan Bolak-Balik

3. Sambungan Bolak-Balik

Sambungan yang satu ini dapat dikatakan lebih rumit dibanding sambungan-sambungan sebelumnya. Namun, dibalik tingkat kerumitannya, sambungan ini lebih dijamin aman dan kuat. Caranya adalah dengan menyayat atau mengupas bagian ujung, dimana salah satu ujungnya dikupas lebih panjang. Kemudian silangkan kedua ujung kabel sehingga membentuk huruf “X” yang sejajar dan sama panjang. Lalu, puntir keduanya secara bersama-sama. Bagian pangkal yang belum terlilit dibengkokkan berlawanan 180 derajat hingga membentuk garis lurus. Puntir bagian pangkal pada kedua ujung kabel yang telah dipuntir.

  • Sambungan Britania

4. Sambungan Britania

Teknik sambungan yang kedua adalah sambungan Britania. Teknik satu ini cocok digunakan untuk kabel berukuran 5-7 mm yang tidak bisa dipuntir menggunakan tangan. Sambungan Britania ini membutuhkan bantuan kabel yang lebih kecil untuk mempermudah proses penyambungan. Caranya adalah dengan menyiapkan potongan kabel yang berukuran kecil dengan panjang beberapa sentimeter dan telat disayat hingga tinggal intinya saja. Kedua ujung kabel yang akan disambungkan dibengkokkan sedikit pada bagian ujungnya.  Kemudian dempetkan secara berlawanan dan pastikan pada bagian yang bengkok saling berlawanan menghadap keluar. Terakhir, lilitkan inti kabel kecil hingga mengelilingi dua kabel yang telah didempetkan.

  • Sambungan Scarf

5. Sambungan Scarf

Sambungan ini tidak beda jauh dengan sambungan Britania yaitu membutuhkan bantuan kabel kecil sebagai pengikatnya. Namun, bedanya adalah kabel yang akan disambung dipipihkan terlebih dahulu agar tidak terlalu besar. Caranya adalah melekatkan kedua ujung  kabel yang telah dikupas isolasinya. Lalu, lilitkan inti kabel yang berukuran jauh lebih kecil sebagai pengikatnya mengelilingi kedua kabel secara kuat.

  • Sambungan Single Wrapped Cable Slice

6. Sambungan Single Wrapped Cable Slice

Sambungan yang satu ini merupakan jenis sambungan yang paling rumit di antara semua jenis sambungan. Perlu usaha yang cukup besar dan waktu yang lebih lama. Akan tetapi, sambungan ini menghasilkan sambungan yang sangat kuat dan aman. Sambungan ini biasanya diperuntukkan untuk menyambung kabel yang berinti banyak atau kabel serabut. Teknik penyambungannya adalah dengan menyambung satu per satu dari banyak kabel dengan arah sambungan bell hangers dan kemudian disatukan hingga rapi.

  • Sambungan Kabel dengan Solder

7. Sambungan Kabel dengan Solder

Teknik yang satu ini digunakan untuk penyambungan kabel jenis serabut yang berukuran kecil. Sambungan dengan bantuan penyolderan juga terbilang lebih kuat, mengingat kabel benar-benar menyatu dengan timah solder. Caranya cukup gampang yaitu kupas atau sayat ujung kabel bagian isolasi dahulu, kemudian puntir kedua ujung kabel dengan rapi. Terakhir, satukan kabel dan solder sambungan. 

  • Sambungan Kabel dengan Connector Cable

8. Sambungan Kabel dengan Connector Cable

Sesuai dengan judulnya, sambungan ini menggunakan bahan tambahan yaitu “Connector Cable” yang berbentuk mirip dengan selongsong. Teknik sambungan ini dapat digunakan untuk kabel berinti tunggal maupun serabut. Teknik ini termasuk cara yang sangat mudah, cepat, serta hasil yang cukup menjanjikan karena tidak mudah terlepas. Caranya adalah memasukkan kedua ujung kabel yang telah terkelupas bagian isolasinya pada Connector Cable, kemudian connector dijepit menggunakan Tang Skun (Crimping Pliers).

Itulah beberapa jenis dan cara menyambung kabel listrik dengan mudah. Masing-masing teknik tersebut tentu disesuaikan dengan bahan kabel serta kebutuhan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

6 Steker Listrik yang Bagus dan Awet

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP