Cara Menulis Footnote di Microsoft Word

0

Catatan kaki atau yang kerap kali disebut sebagai footnote adalah satu hal yang sangat penting ketika seseorang membuat sebuah makalah, jurnal, skripsi, tesis, ataupun laporan. Footnote sendiri seringkali ditampilkan dalam simbol angka, kemudian huruf ataupun kata yang kemudian akan diberikan tanda kurung. Footnote sendiri merupakan daftar referensi dari pengerjaan sebuah makalah, skripsi dan lain sebagainya.

Untuk penggunaan format font Memang jauh lebih kecil yakni font 10 dan format times new romans. Cara menulis footnote di word jarang sekali diketahui oleh para mahasiswa yang masih pemula, sebab di beberapa perguruan tinggi tidak menerapkan pembelajaran pembuatan makalah secara benar. Untuk label dari foto Sabirin secara otomatis akan berurutan dan bertambah, berawal dari angka 1, 2, 3 dan juga seterusnya.

1. Langkah Pembuatan Footnote Default


Untuk langkah dalam pembuatan footnote Anda harus membuka dokumen terlebih dahulu pada Microsoft word. Kemudian Anda harus meletakkan kursor tepat pada kalimat yang ingin anda munculkan footnotenya.

Setelah itu Anda bisa memilih menu references, tab-nya berada di bagian atas jendela di mana referensi tersebut berjajar bersama dengan home yang juga page layout. Dan pada tab inilah yang memudahkan Anda dalam membuat berbagai jenis referensi.

Kemudian, Anda harus memilih insert footnote yang secara otomatis footnote ataupun catatan kaki pun sudah berada di dokumen Microsoft word dengan nomor 1 kecil tepat di samping kalimat yang diberikan footnote.

Setelah itu, Anda bisa mengisi referensi footnote dengan informasi yang memang ingin Anda sampaikan sebelumnya. Langkah lain untuk bisa memperoleh hasil tersebut Anda bisa mengklik ctrl+alt+f yang berada pada keyboard Anda sehingga footnote secara otomatis akan terbuka sendirinya.

2. Cara Mengubah Nomor Pada Footnote


Pemakaian dari tab references memang telah diterangkan jika akan secara otomatis berurutan. Selain itu, Anda juga bisa mengubah penomorannya apabila memang diwajibkan penambahan kalimat serta referensi tertentu.

Langkahnya pun tergolong cukup mudah, klik panah yang terletak pada bagian pojok kanan bawah ada didalam tab references. Kemudian nantinya akan muncul pop-up ataupun jendela dari footnote. Dan pada bagian formatnya Anda bisa memakai menelpon nomor guna penentuan penomoran dari footnote dari awal hingga akhir.

3. Cara Mengubah Format dari Footnote


Untuk format default dari penomoran sendiri, secara otomatis akan menggunakan penomoran. Akan tetapi Ketika anda lebih menyukai penggunaan simbol dalam pembuatan footnote, dan ketika Anda ingin membuat footnote yang muncul pada bagian teks dibandingkan bagian bawah halaman.

Maka cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah opsi footnote and endnote. Hampir sama dengan langkah yang sebelumnya, di mana Anda harus klik tombol menu yang ada di bagian sudut kanan bawah yang ada di bagian footnote dari referensi agar bisa membukanya.

Kemudian Anda harus klik menu simbol agar bisa mendapatkan berbagai macam pilihan simbol yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

4. Sistematika Dalam Penulisan Footnote yang Baik


Penulisan ketika membuat footnote tidak boleh dilakukan secara asal. Sebab terdapat sebuah sistematika yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan footnote tersebut. Hal ini tentu bertujuan agar bisa memperoleh dokumen yang rapi, sesuai aturan dan mudah untuk dibaca.

Maka dari itu berikut ini adalah penjelasan dari sistematika penulisan footnote yang benar:

  • Contoh penulisan dalam footnote adalah diawali dengan nama penulis, kemudian judul bukunya, (kota penerbit buku, siapa yang menerbitkan, tahun terbit buku), dan yang terakhir adalah nomor halaman.
  • Untuk penulisan dari nama pembuat buku tanpa menggunakan gelar. Ketika penulis buku lebih dari 3 orang maka pencantuman hanya satu nama saja yang kemudian akan ditambah dengan et al atau dkk.
  • Untuk penulisan dari judul buku yang sebagai referensi harus dicetak miring.
  • Kemudian, 14 karakter dari margin kiri dengan jarak spasi dari setiap teks harus diperhatikan.
  • Sedangkan untuk catatan kaki harus diketik dengan menggunakan jarak spasi 1.
  • Perlunya diberikan nomor yang menyesuaikan dengan footnote simbol seperti halnya kalimat di atas.
  • Sedangkan dalam pemakaian font harus menggunakan times new roman dengan ukuran 10.
  • Jika footnote yang Anda buat lebih dari 1 bagis, maka dalam penulisan baris yang kedua yakni tepat pada margin kiri.
  • Ketika footnote yang dibuat lebih dari satu, untuk jarak spasi yang harus digunakan pada setiap catatan.

Nah, Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai cara menulis footnote di word dengan baik dan benar. Pastikan Anda memperhatikan sistematika dalam pembuatan footnote, sehingga dalam penulisan karya ilmiah yang Anda lakukan tidak mengalami kesalahan.

BACA JUGA!

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format