Cara Menulis Cepat dan Efektif

0

Semua pekerjaan atau kegiatan pasti memiliki trik atau memiliki konsep dalam mengerjakannya. Oleh karena itu, mengapa dalam suatu perusahaan, ketika kamu baru di terima sebagai karyawan baru, kamu harus mengikuti training terlebih dahulu, sebelum akhirnya kamu diperbolehkan untuk bekerja sesungguhnya seperti karyawan lain.

Training dalam perusahaan merupakan cara agar sebelum kamu memulai kegiatan yang berupa pekerjaan, kamu akan tahu pekerjaan apa yang kamu lakukan, sehingga nantinya kamu bisa melakukan pekerjaanmu secara lebih efektif dan efisien.

Cara Menulis Cepat dan EfektifSama halnya dengan menulis. Menulis adalah kegiatan yang sangat mudah di lakukan kapan pun dan dimana saja, tapi taukah kamu menulis memiliki cara-cara yang harus kamu pelajari agar pada saat kamu menulis, kamu bisa melakukannya dengan cepat dan tentunya hal tersebut menjadi lebih efektif. Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa menulis dengan cepat dan efektif.

Latihan dan Harus Tahu Apa yang Ingin Ditulis

Menulis sehari-hari bisa memberikan latihan pada kamu. Kamu bisa menulis sesuatu yang ingin kamu tulis. Apapun itu, baik kegiatan sehari-hari, pengalaman yang kamu rasakan, artikel atau berita. Selain itu, kamu harus memiliki tujuan dalam menulis.

Kamu harus memiliki arah dalam penulisanmu. Apabila kamu tidak memiliki tujuan atau arah dalam menulis maka kamu kan kebingungan untuk melakukan pembahasan dan menyatukan pembahasan dalam penulisan.

Penulisan yang baik adalah apabila kamu bisa menyampaikan ide atau pikiranmu dengan baik kepada pembaca. Sehingga apapun yang kamu tulis, pembaca bisa mengakapnya dengan baik dan pembaca bisa merasakan pengalaman yang sama dengan yang kamu raskan saat kamu menulis pengalamanmu.

Menulis Ide atau Kerangka Tulisan

Sebelum kamu memulai menulis dan setelah kamu menentukan apa yang ingin kamu tulis, sangat penting bagi kamu untuk membuat kerangka atau ide dalam penulisanmu terlebih dahulu. Apabila kerangka telah terbentuk, maka kamu tinggal menggunakan kerangka tersebut untuk memulai menulis sesuaatu yang memang telah kamu rencanakan untuk ditullis.

Pembuatan kerangka bisa hanya pada garis besar-garis besar topik dengan beraagam kata kunci. Sehingga kamu lebih mudah memetakan penulisan-penulisanmu berdasarkan kerangka yang telah kamu buat sebelumnya.

Mempelajari Topik Sebelumnya

Sebelum memulai menulis, kamu harus mempelajari topik yang ingin kamu buat sebelumnya. Agar ketika menulis tidak terjadi kesalahan pemahaman dalam penulisanmu. Dengan cara mempelajari topik selanjutnya, kamu bisa mengetahui bagian-bagian mana yang harus kamu cantumkan dalam penulisanmu.

Dalam pembuatan kerangka penulisan, sebaiknya kamu mempelajari topik terlebih dahulu. Agar kerangka penulisan yang kamu buat sesuai dengan tujuan menulis atau arak penulisan kamu. Pada dasarnya, dalam setiap penulisan pasti memerlukan sumber atau referensi baik berupa pemikiran seorang tokoh atau teori yang sudah ada.

Menyingkirkan Gangguan

Memang ada sebagian orang yang bisa menulis dalam keadaan ramai dan sebagainya. Namun, pada umumnya setiap orang selalu memerlukan tempat yang kondusif untuk membuat tulisan yang bagus. Apabila seorang penulis memiliki ide yang bagus, lalu tiba-tiba terdapat gangguan, maka penulis akan kesulitan memfokuskan pemikirannya kembali. Hal tersebut lah yang harus dihindari oleh seorang penulis.

Menulis dalam Kondisi Tubuh Santai

Menulis dalam keadaan tubuh rileks sangat diperlukan, karena dengan tubuh rileks semakin mempemudah kamu dalam menyusun suatu informasi atau mengolah suatu kata-kata agar menjadi tulisan yang lusa dan luwes sehingga bagi pembaca akan lebih menarik saat membaca tulisan kamu.

Menjadi Produktif

Menjadi produktif dalam menulis bisa memacu kamu agar menulis dengan cepat. Kamu tidak boleh bermalas-malasan dalam menulis, perhatikan waktu yang harus kamu gunakan. Jangan sampai kamu menggunakan waktu yang banyak utuk menulis sehingga kamu melalaikan pekerjaanmu lainnya. Kamu harus memiliki tenggat waktu dalam menulis. Jadi, kaamu harus bisa produkti dalam menulis meskipun dengan waktu yang sangat terbatas.

Menggunakan Kata yang Mudah Dipahami

Menulislah sesuai dengan lapisan mana pembaca yang ingin kamu sentuh. Usahakan menulis menggunakan pemilihan kata yang sederhana, sehingga akan mudah di pahami oleh seluruh lapisan dari pembaca. Pemilahan kata yang sederhana juga akan mempermudah kaamu dalam menulis.

Edit Apabila Telah Selesai

Jangan mengedit apabila kamu sedang fokus menulis karena hal tersebut dapat mengganggu fokus kamu saat menulis. Apabila tulisan telah selesai, kamu bisa mengedit tulisan sembari malkukan pengecekan. Selain itu, melakukan pengeditan saat menulis juga kan membuang waktumu lebih lama. Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan, agar kamu bisa menulis dengan cepat tetapi tetap memiliki kualitas yang bagus. Karena pada dasarnya, pembaca tidak menilai seberapa cepat kamu menyelesaikan tulisan, tetapi seberapa bagus tulisan yang kamu tulis sehingga memberikan nilai di mata para pembaca. Namun, waktu adalah hal yang penting yang harus di perhatikan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT STRUKTUR MAKALAH YANG BENAR