Cara Menjalankan File APK di PC Tanpa Software

0

Application Package File atau yang biasa disebut dengan apk adalah suatu format berkas yang dipakai untuk memasang bermacam software serta middleware pada smartphone dengan sistem operasi berbasis android. Sehingga, apabila suatu software ingin di install dalam smartphone android, software tersebut harus memiliki format apk.

Lalu bagaimana apabila kamu ingin menjalankan file dengan format apk pada pc kamu, pasti banyak orang yang menyarankan agar kamu memakai bluestacks atau sejenis emulator lainnya. Sehingga kamu bisa menjalankan file apk pada pc kamu. Namun, terdapat banyak keluhan dari pemakaian software seperti jenis emulator ini.

Pemasangan software emulator memerlukan spesifikasi laptop yang handal. Apabila laptop hanya memiliki spesifikasi standart saja, maka menjalankan software ini, akan membuat laptop menjadi sangat lemot. Sehingga, untuk membuka apk atau menjalankannya pada pc kamu menjadi sangat lambat dan terkadang tidak stabil.

Berikut merupakan cara yang dapat kamu gunakan agar kamu bisa menjalankan file apk di pc kamu tanpa software apapun sehingga nantinya pc tidak menjadi lambat dan bisa bekerja lebih optimal.

Menggunakan Ekstensi Browser Chrome Arc Welder


Ekstensi Arc Welder memiliki ukuran sebesar 12 mb saja sehingga tidak akan membuat pc kamu menjadi lambat. Ekstensi ini merupakan salah satu fitur yang dimiliki chrome. Sehingga saat kamu ingin menggunakan ekstensi ini, kamu harus memiliki browser chrome terlebih dahulu. Berikut cara penggunaannya,

  1. Kamu bisa membuka browser chrome pada pc atau laptop kamu.
  2. Kemudian, kamu bisa menuliskan link Arc Welder agar kamu langsung terhubung dengan ekstensi Arc Welder.
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan menuju suatu halaman yang berisi instalasi untuk ekstensi Arc Welder. Selain itu, kamu bisa langsung ke bagian menu setelan pada pojok kanan atas pada chrome lalu cari “more tools” kemudian cari lagi “ekstensions” kemudian kamu bisa mencari Arc Welder.
  4. Selanjutnya kamu bisa men tap menu “add to chrome” untuk melakukan penginstalan pada chrome.
  5. Apabila telah selesai, kemudian kamu bisa membuka ekstensi Arc Welder dengan menggunakan Chrome atau dengan cara masuk ke Chrome seperti berikut, Chrome://apps lalu kamu bisa memilih Arc Welder selanjutnya kamu bisa meng klik choose kemudian pilihlah folder terserah kamu agar kamu bisa melakukan penyimpanan file pada file system.
  6. Kemudian untuk menambahkan apk agar bisa di jalankan pada pc kamu, kamu bisa meng klik “add your apk” kemudian kamu tinggal memilih apk yang telah kamu unduh tadi untuk menjalankannya pada PC kamu.
  7. Selanjutnya kamu bisa masuk pada halaman, test your app dan kamu bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan kamu.
  8. Langkah terakhir yaitu, kamu bisa meng klik Launch App pada bagian pojok kanan bawah.

Menggunakan Ekstensi  Browser Chrome Archon Runtime


Selain ekstensi yang pertama, chrome juga memiliki ekstensi lain yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan ekstensi yang pertama. Namun, untuk ekstensi yang kedua ini memiliki kelebihan yaitu bisa mendukung banyak apk, tidak hanya pada apk tertentu saja. Berikut cara menggunakannya,

  1. Sebelum kamu menambahkan file apk, terlebih dahulu kamu harus melakukan instalasi ekstensi ini pada browser chrome kamu.
  2. Caranya yaitu, kamu bisa mendownloadnya pada chrome dan pastikan untuk sesuai dengan sistem operasi yang ada pada PC kamu. Apabila sudah terdownload, selanjutnya kamu bisa mengekstrak file nya.
  3. Kamu bisa langsung membuka ekstensi tersebut dengan cara, bukalah chrome terlebih dahulu, kemudian lakukan klik pada ikon yang terdapat pada pojok kanan atas, pilihlah more tools dan pilihlah ekstensions. Apabila kamu ingin cepat, tinggal kamu tuliskan saja pada address bar yaitu chrome://ekstensions selanjutnya kamu enter.
  4. Setelah kamu masuk pada ekstensions, selanjutnya yaitu kamu harus mencari menu “developer mode” yang berada pada pojok atas kanan kemudian kamu aktifkan dengan cara di centang.
  5. Sekarang kamu sudah bisa menginstall ekstensi Archon Runtime dengan memilih Load Unpacked kemudian kamu cari folder yang berisi hasil ekstrak dari Archon runtime.
  6. Apabila kamu sudah menginstal ekstensi, selanjutnya kamu harus merubah format apk ke dalam format yang dikenali oleh chrome.
  7. Kemudian, kamu bisa menambahkan apk tersebut pada chrome dengan cara yang sama seperti ekstensi pertama.
  8. Apabila sudah kamu tambahkan, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan mode developer pada sisi kanan, lalu pilih load unpacked, lalu pilihlah file apk yang telah kamu ubah formatnya.
  9. Selanjutnya klik saja “launch”.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa menjalankan apk pada pc kamu tanpa perlu menginstall software. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

Cara Menggunakan Teamviewer Tanpa Diketahui