Cara Meningkatkan Kualitas Video Melalui Ponsel Android

0

Seiring perkembangan zaman, dengan teknologi yang semakin maju saat ini sudah banyak tersedia perangkat smartphone canggih. Yang terbaru adalah berbagai fitur kamera dengan kualitas tinggi. Salah satu kelebihan kamera smartphone adalah fitur merekam video dengan kualitas yang sangat tinggi.

Kamu bisa dengan mudah merekam video yang jernih sehingga nyaman untuk ditonton kembali nantinya. Yang menjadi tolak ukur kualitas tersebut tentu salah satunya adalah FPS atau Frame per Second. Umumnya semakin tinggi FPS yang dimiliki oleh smartphone maka akan semakin baik pula kualitas video yang dihasilkannya nanti.

Cara Meningkatkan Kualitas Video Melalui Ponsel Android


Menjadi sebuah tolak ukur kualitas video, tentu tak jarang banyak orang berpikiran kualitas video adalah berdasar pada kecanggihan smartphon yang dimiliki. Namun, kenyataannya kendati kamera smartphone yang kamu miliki kualitasnya baik atau bahkan mumpuni, tidak berarti video yang dihasilkan kualitasnya baik. Loh, kok bisa?

Tentu bisa, karena saat kamu melakukan perekaman masalah seperti getaran atau pergerakan tiba-tiba seringkali terjadi. Nah, alhasil gambar atau video yang didapat pun buruk kualitasnya. Lalu bagaimana sih cara mengatasinya?

Mudah kok, tenang kamu tak perlu khawatir lagi karena ternyata kamu masih bisa loh memperbaiki hasil video rekaman mu yang buruk dengan langkah-langkah mudah berikut. Sekiranya ulasan kali ini akan memaparkan cara mudah untuk meningkatkan kualitas video kamu melalui ponsel Android. Adapun cara meningkatkannya tersedia dalam beberapa cara, sebagaimana berikut.

Meningkatkan Kualitas Video dengan Google Photos


Pada dasarnya meningkatkan kualitas video sangat mudah kok. Kamu pun tidak perlu mengunduh aplikasi edit video yang sudah tentu akan banyak memakan ruang di smartphone kamu. Tiap smartphone, khususnya Android nyatanya memiliki aplikasi bawaan yang fungsinya dapat mengedit video.

Aplikasi bawaan pada Android ini yakni Google Photos. Setiap perangkat Android sudah pasti memiliki beberapa fitur bawaan dari pabrik yaitu Google.Inc. Nah, Google Photos ini salah satunya yang dapat digunakan sebagai fitur memperbaiki serta meningkatkan kualitas video yang buruk.

Berikut ulasan lengkapnya, cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas video dengan Google Photos:

  1. Cara pertama tentu kamu diharuskan terlebih dahulu membuka Google Photos yang tersedia di Android kamu.
  2. Berikutnya pilih dan buka video yang kiranya ingin kamu perbaiki kualitasnya.
  3. Pilih ikon hamburger
  4. Kemudian pilih stabilize, tunggu beberapa saat aplikasi menjalankan tugasnya. Video akan diproses secara otomatis untuk distabilkan dan diperbaiki kualitasnya.

Menggunakan Power Director


Nah, jika sebelumnya sekedar memanfaatkan aplikasi bawaan tanpa harus mengunduh aplikasi. Cara berikutnya diharuskan mengunduh aplikasi, yakni Power Director. Power Director bisa dengan mudah kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi ini cukup banyak direkomendasikan oleh para pengguna Android yang tersebar di seluruh dunia.

Pengunduhannya gratis, namun termasuk salah satu aplikasi kelas profesional. Yang menjadi kelebihan adalah terdapat fitur pengeditan garis waktu multitrack, editor efek, dukungan layar hijau juga biru dengan pengeditan kunci chroma dan sebagainya. Cara penggunaan pun cukup mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi Power Director di Android kamu,
  2. Kemudian pilih file video yang akan kamu edit
  3. Pilih stabilize yang tersedia di tools, tunggu beberapa saat. Hasilnya kualitas video akan meningkat dan lebih stabil dibanding sebelumnya.

Menggunakan Aplikasi Videoshop


Aplikasi lainnya di Android yang kiranya dapat membantumu mengedit video adalah Videoshop. Videoshop merupakan salah satu video editor rekomended yang dapat kamu unduh melalui Playstore maupun Appstore.

Selain untuk meningkatkan kualitas video yang kamu miliki, video editor yang satu ini menjadi salah satu aplikasi Android dan IOS lintas platform yang bertujuan menciptakan berbagai efek menakjubkan. Aplikasi yang satu ini pun cukup mudah dan gampang penggunaannya. Ukurannya menjadi paling ringan di antara video editor lainnya.

Selain meningkatkan kualitas video, kamu pun bisa menambahkan berbagai efek audio, termasuk musik, binatang, ledakan dan lainnya. Adapun fitur terbaiknya adalah dukungan video slideshow. Lebih canggih lagi, video editor yang satu ini dilengkapi fitur pengubah gerak, trimming, sulih suara hingga pemutaran mundur.

Menggunakan InShot


Cara berikutnya adalah dengan menggunakan InShot yang bisa kamu unduh secara gratis baik melalui Android maupun iOS. Aplikasi ini selain sebagai editor juga berfungsi sebagai pembuat video. Dengan InShot, meningkatkan kualitas video pun cukup mudah. Tersedia tools sekali tekan, yakni ‘Stabilize’, yang nantinya secara otomatis memperbaiki dan menstabilkan kualitas video kamu.

Selain untuk meningkatkan kualitas, InShot dilengkapi berbagai fitur canggih edit video seperti, pemangkas video, berbagai filter dan efek, merger, splitter, kontrol kecepatan, sisipan audio, hingga converter format video. Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas video hanya dengan menggunakan Android kamu.

BACA JUGA! Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here