Cara Mengurangi Sampah Plastik Agar Alam Tetap Terjaga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
211020 Sampah Plastik
Daftar Topik

Saat ini volume data sampah di indonesia meningkat drastis, bahkan sebagian besar berasal dari kategori sampah rumah tangga yaitu sampah plastik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tanpa plastik tidak baik untuk lingkungan. Coba saja Anda bayangkan jika tanah dan lautan dipenuhi dengan sampah, sudah bisa dipastikan banyak sekali ekosistem yang akan mati. Untuk mengantisipasi hal tersebut saat ini banyak diimbau dan banyak pula peraturan dari pemerintah mengenai pengurangan penggunaan plastik. Meski peraturan tersebut sudah diperlakukan hingga saat ini hasilnya belum terlihat.

Hal tersebut memang sangat memprihatinkan. Lalu sebagai warga Indonesia yang baik, bagaimana usaha untuk mengurangi sampah plastik? Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk mengurangi sampah plastik agar lingkungan tetap sehat dan bersih.

Cara Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

1. Membawa Tas Belanja Sendiri


211020 Tas BelanjaCara termudah untuk mengurangi sampah plastik yaitu membawa tas belanja sendiri. Seperti yang telah kita ketahui ketika belanja pasti akan diberikan kantong plastik untuk membungkus apapun yang dibeli. dengan melakukan cara sederhana ini anda tidak akan lagi menumpuk kantong plastik di rumah. Bahkan, ada beberapa orang yang membuang kantong plastik begitu saja tanpa memperhatikan dampak kedepannya untuk lingkungan.

2. Membawa Kotak Makan Sendiri


211020 Kotak MakanCara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik agar alam tetap terjaga yaitu membawa kotak makan sendiri. Seperti yang pernah kita lakukan biasanya saat membeli makan di warteg atau makanan di pinggir jalan, terutama makanan yang berkuah. Biasanya akan dibungkus dengan plastik. Nah, untuk mengurangi penggunaan plastik ini, alangkah baiknya jika Anda membawa kotak makan sendiri.

Meskipun cara ini terbilang sederhana tetapi setidaknya bisa membantu mengurangi penggunaan plastik. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membawa kotak makan sendiri yaitu biasa lebih praktis. Karena Anda tidak perlu lagi memindahkan makanan ke tempat yang lain. Sehingga hal ini bisa membuat makanan tetap rapi dan praktis.

3. Mengurangi Penggunaan Tisu Basah


211020 Tisu BasahCara mengurangi sampah plastik yang selanjutnya yaitu kurangi penggunaan tisu basah. Mengapa tisu basah harus dikurangi penggunaannya? Karena tisu basah terbuat dari resin plastik, sehingga tidak bisa larut dalam air. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan lap kain untuk membersihkan apapun. Selain tisu basah, masih banyak barang lain yang bisa Anda gunakan dan yang pasti lebih ramah lingkungan.

4. Menggunakan Produk Kemasan Kaca atau Karton


211020 Produk Kemasan KacaCara mengurangi sampah plastik yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan produk kemasan kaca atau karton. Selain rumah lingkungan makanan yang dikemas menggunakan kaca, bisa digunakan kembali untuk wajah makanan lain. Sedangkan makanan atau barang yang dibungkus dengan kemasan karton bisa mudah larut dan terurai. Produk yang terbuat dari kaca sangat aman untuk digunakan, terutama untuk mengemas makanan.

5. Bawa Botol Minum Sendiri


211020 Botol MinumMungkin sebagian banyak orang lebih memilih membeli air mineral dalam kemasan botol. Padahal kemasan botol tidak baik untuk digunakan lagi, sehingga hanya untuk sekali pakai. Nah, akan lebih menguntungkan lagi jika Anda membawa botol minum sendiri ketika kemana-mana. Bahkan botol minum yang Anda miliki ini bisa digunakan berkali-kali. Dewasa ini jenis tanpa plastik yang paling banyak ditemukan di indonesia yaitu botol plastik. Nah, solusi yang tepat agar lebih aman dan sehat serta ramah lingkungan yaitu memanfaatkan botol minum yang Anda miliki.

6. Tidak Menggunakan Sedotan untuk Minuman


211020 Sedotan StrawCara mengurangi sampah plastik agar alam tetap terjaga yang selanjutnya yaitu tidak menggunakan sedotan untuk minum. Dalam hal ini, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja jika membeli minuman, usahakan tidak menggunakan sedotan. Sekalipun terpaksa, tidak masalah untuk melakukannya. Setidaknya Anda sudah melakukan tindakan untuk mengurangi penggunaan plastik. Cara termudah untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik yaitu Anda bisa membawa minuman sendiri.

7. Daur Ulang Sampah Plastik


211020 Recycle PlasticCara terakhir untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan belajar mendaur ulang sampah plastik. Yang mana cara ini sangat tepat untuk mengurangi menumpuknya sampah plastik di rumah atau lingkungan sekitar. Caranya cukup mudah, Anda bisa mendaur ulang plastik untuk digunakan menjadi aksesoris. Bahkan, saat ini aksesoris yang dibuat dari bahan plastik dibandrol dengan harga yang tinggi. Selain menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik, Anda juga bisa menyelamatkan kantong kosong. Plastik bisa Anda manfaatkan untuk membuat bunga. Nantinya bunga plastik ini bisa Anda jual secara online atau digunakan sebagai hiasan rumah.

Cara mengurangi sampah plastik sangatlah mudah, karena kebaikan berasal dari hal yang sederhana. Dengan memperhatikan ke tujuh cara tersebut, setidaknya Anda bisa lebih mudah dan membantu untuk mengurangi penggunaan plastik secara berlebihan.

BACA JUGA!

Pengertian dan Dampak dari Pemanasan Global

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP