Cara Mengurangi Nafsu Makan Untuk Bentuk Tubuh yang Ideal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi sebagian besar orang mungkin memiliki bentuk tubuh yang gemuk atau tidak ideal adalah suatu masalah yang sangat besar. Bagaimana pun kondisi tubuh kita sebenarnya bisa saja disebabkan oleh nafsu makan yang besar sehingga kalori yang masuk lebih besar dan tersimpan sebagai cadangan lemak dalam tubuh tanpa kita sadari. Hingga pada akhirnya tubuh yang awalnya terlihat ideal, tetapi karena nafsu makan yang besar tubuh pun lambat laun menjadi gemuk.

Dalam sebagian kasus yang terjadi, orang yang mengalami obesitas memang mempunyai nafsu makan yang besar. Akan tetapi, jika tidak segera dilakukan tindakan atau pencegahan maka bisa saja menimbulkan penyakit yang akan berakibat fatal dalam tubuh karena orang yang mengalami obesitas itu lebih rentan terkena penyakit.

Bagi kamu yang memiliki berat bada yang tidak ideal, sebaiknya kamu segera mencoba cara untuk mengurangi nafsu makan. Pada awalnya memang akan terasa lebih sulit karena tubuh harus menyesuaikan terlebih dahulu, tetapi lambat laun tubuh juga akan terbiasa dan kamu akan terhindar dari penyakit obesitas. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan juga sehat.

Tips Sederhana yang Ampuh Untuk Mengurangi Nafsu Makan 

Mengalihkan Perhatian

Cara pertama untuk menghilangkan nafsu makan adalah dengan cara mengalihkan perhatian kita dari makanan ke kegiatan lain. Karena keinginan makan dari nafsu makan yang besar bisa timbul sewaktu-waktu, diperlukanlah aktivitas lain yang bisa kamu sukai.

Dengan mengerjakan segala aktivitas pengalihan tersebut dengan rutin, maka nafsu makan yang terlalu tinggi akan perlahan berkurang.

Kosongkan Kulkas Kamu

Cara berikutnya yang dapat kamu coba adalah dengan mengosongkan kulkas atau tempat penyimpanan makanan yang kamu miliki. Kenapa? Karena dengan kosongnya tempat persediaan makanan yang kamu miliki tersebut, otomatis juga akan menunda keinginan kamu untuk memenuhi nafsu kamu yang tidak terkendali.

Isi kulkas yang kosong juga akan terlihat tidak menarik untuk kamu lihat dan secara psikologis itu juga akan mempengaruhi keinginan kamu untuk makan. Jadi berhentilah mengoleksi makanan di kulkas atau tempat kamu menyimpan makanan baik itu jenis makanan berat atau pun ringan karena itulah yang diperlukan untuk mengurangi nafsu kamu dalam makan.

Makan Perlahan

Biasanya yang membuat kita tidak sadar telah makan terlalu banyak adalah karena terlalu cepatnya kita menelan makanan. Maka dari itu, cobalah makan secara perlahan. Hal tersebut juga akan memberikan dampak ke otak bahwa kamu sudah terlalu kenyang untuk makan sehingga dengan waktu yang lama tersebut akan membuat kamu berhenti makan sebelum menghabiskan seluruh persediaan yang ada.

Atur Jadwal Makan

Hal yang dapat kamu lakukan selanjutnya untuk mengurangi nafsu makan kamu adalah dengan mengatur jadwal makan. Kebiasaan kamu yang selalu nyemil di hampir setiap waktu sebaiknya segera ditinggalkan karena itu sangat berdampak buruk.

Dengan mengatur jadwal makan, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan menjadi teratur. Tubuh akan mulai merespon baik terhadap kebutuhan energi yang digunakan. Dan hal tersebut akan mengurangi keinginan nafsu makan kamu di waktu-waktu lain di luar jam makan tersebut.

Selalu Sediakan Air Putih

Selanjutnya hal yang sangat simpel sekali, bisa kamu lakukan untuk mengurangi nafsu makan yang kamu miliki adalah dengan sering mengkonsumsi air putih. Hal ini untuk mencegah kamu nyemil makanan terlalu banyak, maka dari itu manipulasilah keinginan tersebut dengan cara mengkonsumsi air putih.

Selain itu, kamu juga minum air putih hangat setiap sebelum makan. Ini akan membantu kamu untuk mengurangi porsi makan kamu yang tidak terkendali loh. Karena dengan meminum air sebelum makan. Perut akan merasa sudah penuh sebelum waktunya sehingga porsi makan kamu akan sedikit.

Mengapa Perlu Mengurangi Nafsu Makan ?

Cara Agar Diet Berhasil

Kebiasaan yang tidak baik termasuk memiliki nafsu makan yang berlebih memang sebaiknya kita cegah dan kita hindari, seperti yang sudah saya singgung di awal tadi bahwa jika kita memiliki nafsu makan yang besar, maka kita akan sulit untuk mengontrol makanan apa saja yang baik dan tidak baik bagi tubuh. Dengan begitu tubuh kita bisa menjadi tidak sehat dan rentan terhadap penyakit.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mengapa perlu mengurangi nafsu makan karena kita tahu bahwa sebenarnya orang yang bisa mengontrol dan mengurangi nafsu makan maka kondisi tubuhnya terutama lambung dan pencernaan akan jauh lebih baik. Itu mengapa dalam ajaran agama tertentu mewajibkan umatnya untuk berpuasa di waktu-waktu tertentu, adapun tujuannya untuk mengistirahatkan lambung yang mungkin selama ini sudah terlalu lama bekerja keras untuk memproses makanan dan saat-saat berpuasa itulah pencernaan kita bisa beristirahat untuk sejenak.

Demikian pembahasan mengenai cara mengurangi nafsu makan yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA