Cara Mengupas Nanas dengan Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
412-pineapple 2
Daftar Topik

Buah nanas memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Namun, seringkali orang-orang merasa malas mengkonsumsinya karena kesulitan untuk mengupas. Hal ini karena kulit buah nanas memiliki banyak mata yang bisa membuat lidah menjadi gatal jika tidak dibersihkan dengan baik.

Kandungan Buah Nanas


Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang bermanfaat bagi kesehatan. Nanas memiliki kandungan senyawa tertentu yang bisa mengobati batuk dan flu, memperbaiki sistem pernafasan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan bahkan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam 100 gr buah nanas memiliki kandungan energi sebesar 40 Kkal, lemak 0,3 gr, protein 0,6 gr serta karbohidrat sebesar 9,9 gr. Selain itu, buah nanas juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 22 mg serta serat 0,6 gr.

Manfaat Buah Nanas yang Bisa Diperoleh


Sekarang ini ada cara yang cepat dan mudah untuk mengupas buah nanas. Jadi, Kamu tidak perlu ribet-ribet lagi mengupas buah nanas. Nanas merupakan jenis tumbuhan tropikal yang berasal dari negara Brazil, Bolivia serta Paraguay. Buah  tumbuh lebih rendah dengan daun yang panjang berjumlah 30 atau lebih.

Daun buah nanassangat tajam dan buah ini mengelilingi batang yang tebal.Ukuran dari buah inicukup besar dengan tekstur dari kulitnya yang tidak rata. Bau dan rasa buah nanas sangat khas. Buah nanas bisa dikonsumsi secara langsung jika sudah matang. Selain itu bisa diawetkan yaitu dengan cara direbus lalu dijadikan selai, sirup maupun diberi tambahan gula.

Ada banyak khasiat yang diperoleh dari buah nanas. Selain sebagai obat tradisional, buah ini mengandung vitamin C dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat tersebut yaitubisa membersihkan bagian jaringan kulit yang telah mati, menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit, mengobati cacingan sertabanyak yang lagi khasiat lainnya.

Walaupun buah nanas mempunyai banyak manfaat, namun buah ini dilarang untuk dikonsumsi orang-orang tertentu. Salah satunya adalah seorang wanita yang sedang hamil atau sedang mengandung. Jadi, bagi wanita hamil sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi buah ini.

Pengupasan Buah Nanas dengan Cara Lama


Buah nanas merupakan salah satu buah yang mempunyai kulit. Jadi, pada saat kita akan mengkonsumsinya tentu harus lebih dulu mengupasnya. Proses pengupasan buah nanas bagi sebagian orang terasa menyulitkan. Hal ini karena bagian kulit yang membungkus buah nanas ini teksturnya tidak rata.

Jadi ketika mengupasnya memerlukan waktu yang cukup lama.  Ditambah lagi dengan adanya bintik-bintik hitam yang ada disekeliling buah nanas tentu akan menambah kesulitan. Hampir semua orang di dalam mengupas buah nanas melakukan cara atau teknik yang sama. Cara tersebut yaitu dengan sedikit demi sedikit mengupas kulitnya.

Jika seluruh bagian kulit yang membungkus buah nanas sudah dikupas, maka barulah bintik-bintik hitam yang terdapat pada buah nanas tersebut dibuang atau dihilangi satu persatu.Tetapi, mengupas buah nanas dengan cara seperti ini merupakan cara lama yang sebenarnya kurang efektif. Ada cara pengupasan buah nanas yang lebih mudah Kamu lakukan.

Bahan yang Dibutuhkan


Ketika akan mengupas buah nanas, tentunya ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Beberapa bahan yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan ketika mengupas nanas yaitu meliputi:

  • Buah nanas yang akan dikupas.
  • 1 buah talenan.
  • 1 buah pisau.

Langkah-langkah Mengupas Nanas dengan Cepat dan Mudah


Daripada mengupas nanas dengan cara yang sulit, lebih baik Kamu mengupas dengan cara yang lebih mudah agar cepat selesai. Mengupas nanas bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, langkah-langkahnya:

  1. Letakkan buah nanas yang akan dikupas dan yang sudah disiapkan sebelumnya ke talenan. Peletakan buah nanas ini adalah dengan posisi vertikal. Kemudian belahlah atau potonglah menjadi dua bagianbuah nanas tersebut.
  2. Setelah itu, dari buah yang sudah dibelah tersebut ambilah salah satu bagian. Setelah itu, belah lagi menjadi dua bagian tepat di bagian tengah-tengah buah nanas dengan arah yang vertikal atau memanjang.
  3. Jika sudah selesai, ambilah salah satu bagian dari buah yang sudah dibelah. Kemudian simpan bagian buah tersebut pada talenan.Lalu mulai kupas buah nanas dari ujung bawah hingga ujung atas. Pada saat mengupasnya, janganlah mengupas kulit buah terlalu tipis. Tujuannya agar bintik hitam pada buah nanas tidak ikut terbawa pada dagingnya.
  4. Langkah terakhir adalah potong buah dengan ukuran kecil dan buah  siap untuk dimakan.

Nah, mengupas buah nanas bisa dilakukan dengan cepat dan mudah bukan. Jika ada cara yang lebih mudah kenapa harus memakai cara lama yang susah dan cenderung merepotkan. Apalagi jika buah nanas yang ingin dikupas jumlahnya banyak sekali tentu cara diatas akan sangat membantu.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT SELAI NANAS DAN NASTAR UNTUK CAMILAN DI HARI RAYA

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA