Cara Mengunci Folder Supaya Tidak Dibuka Orang Lain

0

Memakai laptop secara bersamaan terkadang akan menjadikan privasi yang Anda miliki di dalam laptop terganggu. Terlebih lagi jika Anda menyimpan data-data pribadi yang seharusnya tidak dilihat oleh orang lain. Sebetulnya banyak sekali cara mengunci folder sehingga tidak dapat dibuka oleh orang lain.

Metode seperti ini kerap kali dicari oleh sebagian orang yang tentunya ingin menjaga kerahasiaan data pribadi dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Contohnya saja data-data tentang keluarga atau tentang pekerjaan. Untuk itu, Anda harus mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk bisa mengunci folder pada laptop.

Cara Mengunci Folder Supaya Tidak Dibuka Orang Lain

1. Memakai Aplikasi Folder Lock Free


Untuk langkah yang pertama Anda bisa memakai aplikasi folder lock free. Dimana folder ini nantinya bisa mengunci driver, order hingga file. Dan untuk password yang dibuat oleh aplikasi ini juga mampu melindungi hardisk, kemudian USB, DVD dan CD dari laptop. Bahkan untuk akun seperti Google dan Facebook tidak bisa diproteksi dengan aplikasi ini.

Aplikasi folder lock free dilengkapi dengan adanya  fitur AES encryption, dan adalah salah satu enkripsi paling cepat serta aman.

2. Memakai Aplikasi Easy File Locker


Untuk yang kedua Anda bisa menggunakan aplikasi easy file locker yang menjadi freeware muda pada saat digunakan software di sistem operasi Windows. Aplikasi ini sangat berguna untuk melindungi file maupun folder pribadi Anda di dalam laptop.

Rupanya aplikasi ini mampu memberikan perlindungan yang ekstra pada setiap folder. Orang lain yang menggunakan laptop Anda tidak akan bisa melihat serta membaca folder rahasia pada laptop. Aplikasi ini pun tergolong cukup ringan sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatan dari sistem yang ada di dalam laptop.

3. Memakai Aplikasi Protected Folder


Cara mengunci folder yang ketiga ini bisa menggunakan aplikasi protected folder karena bisa melindungi file pribadi Anda dengan cara yang cukup berbeda dengan aplikasi lainnya. Drag and drop file maupun folder memang harus dimasukkan ke dalam kotak yang sudah menjadi fitur aplikasi.

Kotak tersebut nantinya bisa menyembunyikan serta melindungi folder maupun file yang Anda miliki sehingga orang lain pun tidak bisa membuka ataupun mengubah file itu. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada laptop yang telah menggunakan sistem operasi Windows 7 dan 8.

4. Memakai Aplikasi Winmend Folder Hidden


Untuk yang ke-4 ini merupakan aplikasi winmend folder hidden yang menjadi aplikasi pengunci folder atau file yang terbilang cukup mudah dalam operasinya. Karena bisa menampilkan hingga menyembunyikan sebuah file dan folder dengan mudah, aplikasi ini hanya perlu diberikan sebuah password untuk bisa mengakses semua folder yang di kunci.

Sebetulnya aplikasi ini terbilang cukup ideal bagi pengguna rumahan. Hal ini dikarenakan tingkat keamanan dari aplikasi ini juga sederhana, bahkan para pengguna pun juga bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis.

5. Memakai Aplikasi Secret Folder


Sedangkan untuk yang berikutnya terdapat aplikasi secret folder yang mana dalam penguncian folder mempunyai antarmuka sederhana dan juga mudah untuk dimengerti. Bagi para pengguna aplikasi secret folder ini tidak perlu cemas lagi dengan kesulitan dalam pemakaian softwarenya. Walaupun aplikasi ini tidak menyediakan fitur yang banyak akan tetapi seterus folder jika menjadi salah satu software yang cukup baik jika digunakan pada laptop.

Proses dalam penggunaannya pun sangat mudah, sebab anda hanya perlu melakukan list pada seluruh Folder yang ingin Anda sembunyikan atau kunci.

6. Memakai Aplikasi Secret Disk


Untuk yang terakhir ini merupakan aplikasi software yang memang mempunyai fungsi untuk bisa memberikan keamanan pada suatu folder yang Anda miliki. Di dalam softwarenya, secret disk ini secara otomatis bisa mengunci folder folder yang hanya bisa diakses dengan menggunakan password tertentu. Anda pun tidak perlu cemas akan stalker yang ingin mengetahui data pribadi Anda, hal ini  menyebabkan secret disk menjadi software yang cukup mumpuni untuk mengunci folder.

Apabila Anda memang tertarik untuk memakai software ini, maka Anda bisa memilih 2 versi yang pertama adalah versi gratis dan yang kedua adalah versi berbayar. Ketika ingin menggunakan versi yang gratis tentu saja pemakaian dibatasi untuk fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Jangan khawatir aplikasi ini cukup mumpuni meskipun menggunakan versi yang gratis.

Nah, dari beberapa aplikasi software untuk laptop di atas, anda bisa memilih salah satu untuk mengunci folder maupun file pribadi Anda. Mengunci folder dengan cara di atas tergolong cukup mudah, sebab Anda hanya perlu melakukan pengunduhan dan aplikasi pun sudah bisa dijalankan dengan baik. Semoga informasi diatas bisa berguna dan membantu Anda untuk merahasiakan data pribadi dari orang lain.

BACA JUGA!

Inilah Cara Memberi Password pada Folder yang Mudah