Cara Mengubah Ukuran Foto Pada Gambar Format JPEG

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Ukuran foto dari gambar yang dihasilkan dari jepretan terkadang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Meskipun terdengar sepele, hal tersebut bisa sangat dibutuhkan pada saat-saat tertentu. Misalkan saja untuk mengirim foto dengan ukuran terbatas atau dalam kebutuhan mencetak foto.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengubah atau memperkecil ukuran foto. Dalam hal ini, terdapat berbagai macam cara yang dapat ditempuh mulai dari cara termudah hingga paling susah. Adapun beberapa diantara cara mengubah ukuran tersebut dapat dilihat pada ulasan dibawah ini.

Mengubah Ukuran Foto menjadi 100 KB

Saat ini hampir semua kaum muda pasti menginginkan smartphone dengan kamera terbaik. Berdasarkan hal tersebut, foto yang dihasilkan dari kamera smartphone memiliki ketajaman sekaligus ukuran dari resolusi terbilang cukup besar. Tidak hanya itu, gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR juga pasti memiliki resolusi tinggi.

Pada saat tertentu seperti pendaftaran suatu kegiatan atau pekerjaan mengharuskan ukuran dari foto yang dilampirkan beresolusi kecil. Oleh karena itu, dalam hal ini harus diketahui cara mengubah ukuran foto hingga resolusinya mencapai 100 KB. Pada cara pertama ini, tidak perlu membutuhkan aplikasi edit foto apapun.

Akan tetapi langkah ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan tools online salah satunya yaitu IMGOnline.com.ua. Namun perlu diketahui bahwa situs tersebut menggunakan bahasa Rusia sehingga perlu adanya bantuan penerjemah seperti Google Translate. Mulai langkah pengeditan foto dengan memilih tab Resize yang berfungsi untuk mengubah ukuran foto.

Selanjutnya, upload foto yang akan diedit dengan mengklik tombol Choose File. Format foto yang akan diedit dapat berupa format BMP, GIF, JPEG, PNG, hingga TIFF. Selanjutnya pilih opsi Compress jpg-file to dengan menjadikannya dalam satuan 100 KB atau juga bisa memilih ukuran lain.

Kemudian lanjutkan dengan mengklik OK dan tunggu beberapa saat untuk proses penurunan resolusi. Jika proses sudah selesai, maka kamu dapat mendownlaod hasil editan dengan cara mengklik Download processed image. Foto dengan ukuran yang kamu inginkan sudah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Aplikasi

Selain dilakukan secara online, mengubah ukuran foto dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi salah satunya yaitu Image Resizer. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mengubah ukuran dari beberapa foto sekaligus dalam satu waktu. Untuk memulainya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu dengan mendownload dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Sebelum memulai mengedit foto, kamu harus menyatukan semua foto yang akan diedit kedalam satu folder. Agar dapat mengantisipasi proses pengeditan gagal maka buat file back up-nya juga. Jika sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah Highlight semua foto yang akan diubah ukurannya.

Langkah tersebut dilakukan dengan mengklik kanan dan pilih opsi Resize pictures. Setelah itu akan ditampilkan sebuah pop up Image Resizer untuk dapat menentukan kualitas gambar. Pilihan yang disarankan atau sebaiknya ditentukan dalam hal ini yaitu memilih opsi Large (fits within 1920 x 1080 pixels).

Setelah itu, langkah yang dilakukan yaitu mengaktifkan opsi Resize the original pictures (don’t create copies) dan Ignore the orientation of pictures. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Resize untuk memproses pengeditan foto. Tunggu beberapa saat hingga Image Resizer selesai memproses penurunan ukuran foto.

Apabila proses sudah selesai maka kamu dapat mengecek apakah pengeditan tersebut sudah berhasil atau sebaliknya. Jika tidak berhasil, kamu dapat mengulangi langkah-langkah pada cara ini kembali.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4 x 6

Selain menurunkan resolusi, terkadang pada kebutuhan tertentu diperlukan adanya foto dengan ukuran 4 x 6. Apabila foto dipotret sendiri akan sulit untuk menentukan ukuran 4 x 6 dalam foto yang dihasilkan. Untuk bisa mengubah hasil foto menjadi ukuran 4 x 6 juga dapat dilakukan dengan aplikasi Image Resizer.

Cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Langkah pertama yaitu pilih pas foto yang sudah diubah backgroundnya sesuai dengan ketentuan warnanya. Apabila background belum sesuai maka edit terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini.

Jika sudah, maka klik kanan foto yang dipilih dan klik Resize Pictures. Setelah itu, pilih Custom dan lanjutkan dengan mengubah satuannya ke dalam ukuran Centimeters. Selanjutnya masukkan panjang ukuran yang diinginkan, dalam hal ini yaitu panjang x lebar sebesar 4 x 6. Lanjutkan dengan mengklik Resize maka secara otomatis foto akan berubah ukurannya sesuai dengan proses pengeditan yang telah dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengedit foto, khususnya dalam mengubah resolusi dan ukuran foto. Melalui cara-cara diatas, foto yang dibutuhkan akan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Selain itu, juga tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk sekedar mengubah ukuran gambar saja.

BACA JUGA! 7 APLIKASI EDIT FOTO TERBAIK YANG BISA DIJADIKAN PILIHAN

wiyana
wiyana

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA