Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6
Daftar Topik

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6. Berbicara mengenai ukuran foto, ternyata masih banyak sekali orang yang merasa bingung tentang cara mengubah ukuran foto. Tidak jarang banyak orang pergi ke tempat cetak foto hanya untuk mengubah ukuran. Padahal di zaman yang sudah serba canggih ini, kita tidak perlu repot-repot lagi lho untuk mengubah ukuran foto. Terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita dengan mudah dalam mengubah ukuran foto. Kita bisa memanfaatkan aplikasi Photoshop atau dengan menggunakan aplikasi bawaan windows yang bernama Paint. Untuk mengedit, kamu harus mengubah perbandingan atau rasio nya. Dalam perbandingan, kamu dapat mengisi sendiri ukuran sesuai yang dibutuhkan seperti ukuran 4×6. Untuk lebih jelasnya, yuk disimak tutorial dibawah ini.

MS Paint

Tutorial Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6

Mengubah ukuran foto menggunakan Photoshop ataupun Paint tentu memiliki perbedaan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu adalah pemula, menggunakan Paint akan lebih memudahkan kamu. Namun yang perlu kamu ketahui, menggunakan aplikasi Paint agak kurang efektif jika kamu menginginkan kualitas foto hasil yang terbaik ketika dicetak. Menggunakan aplikasi Paint akan menyebabkan foto kamu pecah karena pixels yang berkurang. Apabila kamu menggunakan Paint, sebaiknya hanya ketika kamu akan menggunakan ukuran foto yang ukurannya dibawah 1MB saja ya.

1. Menggunakan Paint

cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6

Bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi Adobe Photoshop pada PC jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan alternatif yaitu dengan aplikasi bawaan Windows yang sudah pasti kamu miliki yaitu Paint. Mengedit foto seperti mengubah ukuran foto menggunakan Paint merupakan cara lebih mudah yang bisa kamu pilih jika dibandingkan dengan aplikasi Photoshop ataupun yang lainnya.

Berikut tutorial mengubah ukuran foto menggunakan aplikasi Paint

  1. Hal pertama yang harus dilakukan tentu membuka aplikasi Paint terlebih dahulu. 
  2. Jika sudah, kamu sekarang buka foto yang akan di edit.
  3. Selanjutnya arahkan kursor pada menu home dan klik Resize. Penting kamu ketahui, jika kamu menggunakan aplikasi Paint disini tidak ada satuan cm. Jadi kamu harus menggunakan satuan pixels dan jangan sampai lupa menonaktifkan fitur Maintain aspect ratio.
  4. Untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 kamu bisa ketik 151 x 227 pixels ya.
  5. Jika sudah, kamu tinggal simpan foto dengan klik File Save / Save As (atau bisa dengan shortcut SHIFT + CTRL + S / CTRL + S).

2. Menggunakan Adobe Photoshop

cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6

Hal yang harus kamu lakukan untuk mengubah ukuran foto menggunakan Photoshop adalah 

  1. Kamu harus membuka aplikasi Photoshop (bebas dapat memilih versi berapa saja).
  2. Buka foto yang ingin kamu edit caranya dengan klik File Open (bisa dengan shortcut CTRL + O).
  3. Kemudian klik ikon crop pada toolbox atau bisa dengan klik huruf C pada keyboard kamu. Hal yang perlu kamu perhatikan bahwa ada banyak fungsi serta fitur pada crop tool. Agar lebih jelasnya kamu bisa cari tahu di google ya.
  4. Lalu arahkan crop tool pada foto, selanjutnya pilih ratio dan disesuaikan dengan ukuran foto yang diinginkan. Kamu bisa perbesar dengan langsung klik gambar.
  5. Jika kamu sudah selesai mengubah ukuran foto menjadi 4×6, kamu hanya tinggal klik enter atau tanda checklist di bagian kanan atas.
  6. Nah terakhir, kamu hanya perlu menyimpan foto tersebut dengan klik File → Save atau Save As (atau bisa dengan shortcut SHIFT + CTRL + S / CTRL + S).

3. Menggunakan Canva Editor Foto

canva editor foto

Selain menggunakan dua aplikasi di atas, kamu juga bisa lho memanfaatkan aplikasi khusus smartphone atau situs online seperti Canva. Bagi kamu yang masih asing, jadi Canva ini adalah suatu platform yang biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis desain grafis online. Canva ini dapat digunakan dengan aplikasi smartphone seperti Android dan iOS ataupun dalam bentuk situs web. Menggunakan Canva adalah pilihan tepat bagi kamu yang tidak ingin ribet saat mengedit. Nah Canva ini di dalamnya memiliki sistem drag & drop dalam pengeditannya, sehingga cocok banget nih untuk kamu pemula yang baru berkecimpung di dunia desain.

Dalam Canva terdapat banyak sekali fitur seperti presentation, flyer, logo, animated social media, cropping image, dan banyak lainnya. Jika kamu penasaran, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek sendiri dengan mengunjungi situs web resminya yaitu di www.canva.com.

Nah tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja yuk disimak bagaimana cara mengubah ukuran foto menggunakan aplikasi Canva.

  1. Silahkan kamu kunjungi Canva Editor Foto
  2. Seret foto yang ingin kamu edit, kemudian lepas pada Editor Foto.
  3. Kamu akan menemukan banyak fitur. Nah untuk mengubah ukuran foto, kamu bisa klik menu ‘Pangkas / Crop’. Jika kamu ingin mengubah foto menjadi ukuran 4×6, makan kamu tinggal ketik dengan satuan pixels di bagian atas atau yang lebih tepatnya pada bagian samping pilihan ratio. 
  4. Selanjutnya kamu klik ‘Terapkan’, kemudian klik ‘Simpan’.
  5. Jika sudah mengubah ukuran sesuai yang kamu inginkan, kamu tinggal simpan dengan cara klik ‘download foto Anda sendiri’.

 

Nah itu dia beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan menggunakan aplikasi. Bagaimana? Mudah banget kan? Sekarang kamu tidak perlu ribet ataupun repot lagi pastinya jika ingin mengubah ukuran foto. Jadi sudah tidak perlu menggunakan jasa orang lain lagi deh. Penggunaaan aplikasi yang mana bisa kamu sesuaikan saja ya dengan kebutuhan kamu ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Mengubah Halaman dari Potrait ke Lanscape Tanpa Mempengaruhi Halaman Sebelumnya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP