Cara Mengubah Halaman dari Potrait ke Lanscape Tanpa Mempengaruhi Halaman Sebelumnya

0

Bagi kamu yang suka sekali menulis baik penulisan artikel biasa atau pun karya ilmiah, pasti kamu pernah mengalami dalam satu dokumen kamu harus membuat bentuk halaman yang berbeda, namun tetap berada pada satu dokumen. Semisal, tiba-tiba di tengah dokumen, kamu harus memakai landscape, sedangkan seluruh dokumen memiliki bentuk potrait.

Apabila dokumen yang kamu buat itu, kamu pisahkan satu persatu sesuai dengan bentuknya,maka kamu akan mepersulit diri kamu sendiri dalam mepersiapkan dokumen tersebut dan tentunya akan menambah kebingungan kamu.

Bagi yang belum pernah melakukannya atau bahkan tidak mengetahui, pasti membuat halaman yang berbeda kertas ditempatkan pada dokumen-dokumen yang berbeda. Karena apabila mereka menggunakan menu orientation dan langsung memilih landscape maka seluruh dokumen akan menjadi landscape.

Cara mengubah halaman agar halaman sebelumnya tidak berubah merupakan pekerjaan yang cukup mudah dan hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 3 menit.

Cara Mengubah Halaman dari Potrait ke Lanscape


Berikut merupakan cara yang dapat kamu gunakan untuk mengubah bentuk layout hanya pada halaman tertentu dalam suatu dokumen.

    1. Kamu harus menentukan halaman yang ingin kamu ubah, dengan cara menaruh kursor pada halaman tersebut atau kamu juga bisa memblok semua tulisan yang berada pada halaman tersebut. Hal itu bertujuan agar hanya pada halaman itu saja layoutnya berganti, sedangkan pada halaman lain tidak mengalami pergantian atau tetap seperti bentuk halaman semula.
    1. Selanjutnya kamu bisa membuka tapi layout yang berada pada bar. Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa menu yang dapat kamu gunakan. Margins pada page layout memiliki fungsi untuk menentukan ukuran kertas yang dihitung dari garis tepi. Ukuran kertas yang biasanya digunakan untuk karya ilmiah atau makalah adalah 3 3 4 4. Sedangkan ukuran kertas untuk penulisan biasa yaitu normal 2.5 2.5 2.5 2.5.

Orientation pada page layout berfungsi untuk menentukan posisi halaman, apakah vertikal atau horizontal apakah potrait atau landscape. Potrait dalam pembentukan halaman secara potrait sedangkan landscape adalah pembentukan halaman secara landscape. Size pada page layout memiliki fungsi untuk menentukan ukuran kertas, apakah A4, Legal, Letter dan masih banyak lagi menu lainnya.

    1. Kamu bisa memilih margins. Pada bagian margin pasti terdapat beberapa pilihan margins. Karen kamu hanya ingin mengubah pada halaman tertentu, kamu haru memilih menu custom margins yang berada pada bagian bawah sendiri yaitu tidak terletak bersama menu-menu lainnya. Costum margin berisi menu pengaturan, sehingga apabila kamu tidak menemukan pengaturan yang sesuai dengan keinginanmu, kamu dapat menggunakan custom margins untuk mengatur halaman sendiri.
    1. Kemudian, kamu akan dibawa ke sebuah menu yang berisi margins, paper dan layout. Pada kali ini, kamu memilih margins. Pada bagian margins ini terdapat beberapa menu yang bisa digunakan untuk mengatur format halaman seperti apa yang kita inginkan dan kita ingin memaki jarak berapa centi dari tepi.
    1. Kemudian, setelah kamu memilih tab margins maka akan terdapat pilihan bentuk halaman yaitu potrait atau landscape. Apabila kamu menginginkan mengubah halaman menjadi potrait yaitu bentuk halaman memanjang ke atas atau bentuk vertikal, maka kamu bisa menekan potrait. Begitu juga sebaliknya, jika kamu menginginkan bentuk halaman menjadi landscape yaitu halaman yang memiliki panjang ke samping atau panjang horizontal maka kamu tinggal memilih landscape.
    1. Apabila sudah kamu tentukan, kamu bisa menuju bagian apply to. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan, seperti whole document dan selected text. Kamu bisa memilih selected text. Pemilihan selected text ini bertujuan agar yang mengalami perubahan adalah teks yang kamu pilih. Yaitu teks yang telah kamu blok pada halaman pada sebelumnya.
    1. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pengecekan pada dokumen. Pada satu dokumen akan terdapat bentuk kertas yang berbeda, yaitu potrait dan landscape.
    1. Kamu akan menemukan bahwa satu dokumen terdapat berbagai bentuk kertas.
    1. Selain melakukan blok pada seluruh tulisan yang terdapat pada kertas tersebut, kamu bisa hanya dengan memposisikan pointer kamu pada awal halaman yang ingin kamu ubah.
    1. Selanjutnya, pada bagian apply to, yang muncul bukan menu pilihan whole document dan selected text. Melainkan, whole document dan this point forward yang artinya pengubahan hanya pada halaman yang terdapat tkamu pointer.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan, untuk mengubah halaman dari potrait ke landscape tanpa harus merubah halaman sebelumnya. cara tersebut dapat kamu gunakan untuk microsoft word versi apapun. Karena itu merupakan fasilitas atau layanan yang memang ada pada microsoft word. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi memisahkan dokumen satu per satu. 

BACA JUGA!

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format