Cara Menghitung pH Tanah dengan Mudah

0
29720 Alat Ukur PH Meter Dinas Pertanian Mesuji
Source: Dinas Pertania Mesuji

Cara Menghitung pH Tanah dengan Mudah – Tanah merupakan komponen penting  dalam melakukan cocok tanam. Karena tanah adalah media untuk menanam yang digunakan oleh petani dan pekebun. Tanah adalah media yang menyediakan unsur hara yang diperlukan tanaman agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jenis tanah dan kadar ph tanah juga akan mempengaruhi hasil panen para petani dan pekebun. 

Kalian harus tahu berapa kadar ph dari tanah yang dibuat untuk bercocok tanam karena kadar keasaman tanah (pH) akan sangat berpengaruh besar terhadap tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang.  pH tanah memiliki ukuran yaitu antara 0 sampai 14. Jika tanah memiliki pH tanah 0 – 7, maka tanah tersebut bersifat asam. Dan jika tanah memiliki pH 7 – 14, maka tanah tersebut bersifat basa. Tinggi rendahnya kadar pH tanah akan membuat tanaman sulit dalam menyerap zat unsur hara. Jadi, tanaman akan mudah dalam menyerap zat unsur hara jika pH tanah  dalam keadaan netral yaitu 7. 

Untuk dapat mengetahui berapa kadar keasaman tanah ada cara menghitung pH tanah dengan mudah. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur ataupun dengan cara tradisional. Jika menggunakan alat ukur biasanya dapat  dipastikan jika hasilnya akan lebih akurat. Akan tetapi, untuk kalangan petani atau pekebun yang hanya memiliki lahan yang tidak luas mungkin tidak akan mau membeli alat ukur ini, karena harganya bisa terbilang mahal.

Maka dari itu, ada beberapa cara menghitung  pH tanah yang dapat dilakukan tanpa membeli alat ukur yang harganya relatif mahal. Tetapi cara sederhana ini tidak dapat memastikan berapa kadar pH tanah tersebut. Namun, hasilnya masih bisa dibilang cukup akurat. Berikut akan kami bagikan cara menghitung pH tanah dengan cara yang sangat sederhana.

Cara Menghitung Ph Tanah dengan Mudah dan Sederhana

1. Menggunakan Kertas Lakmus atau pH Indicator


29720 Kertas LakmusCara yang pertama untuk dapat mengetahu berapa kadar pH tanah yaitu dengan menggunakan kertas lakmus atau pH indicator.

Jadi, kalian perlu menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kertas lakmus atau pH indicator
  • Gelas
  • Air yang bening
  • Sendok teh
  • Sampel tanah : untuk mengambil sampel tanah yaitu kalian harus mengambil tanah yang kering dari empat sudut lahan dan dari tengah-tengah lahan. Campurkan semua sampel tanah yang sudah diambil kemudian campur hingga merata. Setelah tercampur rata, silahkan kalian jemur agar hingga kering.

Cara untuk mengukur atau menghitung pH tanah:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu silahkan kalian ambil sedikit sampel tanah serta air bening yang perbandingannya 1 : 1
  • Setelah itu masukkan semuanya ke dalam gelas
  • Kemudian aduk bahan tersebut hingga  benar-benar merata
  • Selanjutnya diamkan beberapa menit agar tanah dalam gelas tersebut mengendap
  • Setelah semua tanah mengendap dan tanahnya sudah agak jernih, silahkan masukkan kertas lakmus atau pH indicator bagian ujungnya tanpa menyentuh tanah yang mengendap . Tunggulah hingga sekitar satu menit.
  • Setelah sekitar satu menit kertas lakmusnya atau pH Indicator akan berubah warna.
  • Kemudian jika dirasa warna sudah agak stabil, klan tinggal cocokkan hasil warnanya dengan petunjuk yang sudah disediakan dalam kertas lakmus itu.

2. Dengan Menggunakan Cara Tradisional


29720 KunyitUntuk cara yang tradisional ini hanya untuk melihat dari keasaman tanahnya saja tanpa mengetahui berapa kadar pH tanahnya. Jadi, cara ini hanya bisa mengetahui sifat dari tanah yaitu asam atau basa. Caranya yaitu dengan menggunakan kunyit.

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui sifat tanah:

  • Langkah pertama yaitu silahkan kalian ambil kunyit dengan panjang jari telunjuk.
  • Silahkan potong kunyit tersebut menjadi dua bagian.
  • Selanjutnya, salah satu dari potongan tersebut silahkan kalian masukkan di dalam tanah yang sudah dibasahi untuk mengukur berapa Phnya
  • Silahkan kalian tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu ambil kunyit tersebut dan lihatlah apakah kunyit yang dipotong tadi berubah warna atau tidak.
  • Jika warna kunyit itu pudar maka dapat disimpulkan bahwa tanahnya bersifat asam. dan dapat diperkirakan ukuran pH-nya dibawah 7.
  • Jika kunyitnya tidak berubah warna maka tanahnya bersifat netral, maka ukuran pH-nya yaitu 7.
  • Dan jika kunyitnya berwarna biru maka tanahnya bersifat basa maka ukuran pH-nya diatas 7.

3. Dengan Menggunakan Alat Ukur pH Meter


29720 Alat Ukur PH MeterKedua cara diatas adalah cara alternatif yang dapat digunakan jika kalian tidak memiliki alat ukur pH meter. Karena sesungguhnya hasil yang sangat akurat yaitu dengan menggunakan alat ukur ini. cara untuk menggunakan alat ukur pH meter ini yaitu kalian tinggal masukkan bagian ujung alat ini ke dalam tanah yang digunakan untuk sampel. Maka hasilnya akan keluar secara otomatis.

Itulah berbagai cara menghitung pH tanah yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu bagi kalian yang membutuhkan materi ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA!

6 Ciri-Ciri Tanah Aluvial Plus Manfaatnya