Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Menghitung Persentase Kenaikan Penurunan di Excel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
2. Menghitung Persentase Kenaikan
Daftar Topik

Cara menghitung persentase kenaikan penurunan di excel. Ada banyak rumus perhitungan yang dapat dipelajari dan dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya adalah rumus mengenai persentase. Rumus ini dapat dikembangkan menjadi banyak rumus lain seperti misalnya persentase kenaikan dan penurunan. Kedua rumus ini cukup signifikan perannya dalam beberapa hal, misalnya persentase kenaikan dibutuhkan ketika perusahaan akan menghitung untung atau laba, yang mana kenaikan laba ini tak hanya dilihat dari segi nominalnya saja melainkan juga persentasenya. Persentase kenaikan ini juga kerap digunakan sebagai pembanding utama, misalnya untuk mengetahui berapa persen kenaikan omzet atau berapa persen besarnya kenaikan produksi dari suatu barang. Karena itu sangat penting untuk memahami tentang cara mencari persentase kenaikan dan penurunan. Untungnya, kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memudahkan kegiatan berhitung di era modern ini. Pada dasarnya, menghitung persentase kenaikan atau persentase penurunan ini tidak terlalu berbeda jauh dengan penghitungan secara manual, hanya perlu mengkonversinya ke dalam fungsi-fungsi yang tersedia di Excel. Berikut pembahasannya. 

Menghitung Persentase Kenaikan

Persentase yang menunjukkan besaran perubahan kenaikan menunjukkan jumlah persen dari penambahan nilai baru dibandingkan dengan nilai lama. Nilai tambah dapat diperoleh dengan cara mengurangi nilai baru dengan nilai lama. Untuk memudahkan kamu memahami cara menghitungnya, kamu dapat menggunakan rumus berikut. 

1. Menghitung Persentase Kenaikan

Rumus ini bila diaplikasikan dalam Microsoft Excel maka kira-kira akan seperti contoh gambar berikut ini. 

2. Menghitung Persentase Kenaikan

Seperti yang kita lihat, rumus yang digunakan untuk menghitung tingkat persentase kenaikan adalah =(B3-B2)/B2. Artinya, rumus ini mengurangi jumlah desa x penduduk pada tahun 2010 dengan jumlah desa x penduduk tahun lalu, lalu dibagi dengan jumlah desa x penduduk pada tahun 2010 dan seterusnya. 

Yang perlu diperhatikan, dalam kondisi standar, sel Excel hanya akan menampilkan angka saja tanpa ada persen. Misalnya, jika hasil rumusnya adalah 7% maka yang keluar hanyalah angka 7 saja. Untuk menggantinya, kamu bisa mengubah format sel dengan cara klik kanan pada sel persentase, lalu pilih Format Cells. Akan muncul menu Format Cells, pilih Percentage dan atur Decimal Places satu atau dua, sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu klik OK. Maka, hasil dari rumus diatas tadi yang telah kamu gunakan akan muncul dalam format persentase. Cara ini dapat kamu terapkan untuk mengubah satu atau beberapa sel di Excel, sesuai dengan kebutuhan. Bila dalam satu kolom atau satu baris terdapat beberapa data sekaligus yang ingin kamu ubah, kamu dapat memblok semua sel yang dibutuhkan, lalu ubah formatnya menjadi persentase sekaligus. 

Menghitung Persentase Penurunan 

Kebalikan dari persentase kenaikan, persentase perubahan penurunan ini bertujuan untuk mengetahui besaran persen penurunan nilai lama bila dibandingkan dengan nilai baru. Nilai perubahannya diperoleh dengan cara mengurangi nilai lama dengan nilai baru, atau sebagaimana rumus matematis persentase penurunan berikut ini.

Untuk contoh lebih jelasnya, kamu dapat melihat gambar tabel berikut. 

4. excel 2

Tabel diatas menjelaskan mengenai luas lahan kosong dari beberapa tahun, yang di samping kolom tahun dan luas lahan kosong terdapat kolom persentase perubahan penurunan. Dalam contoh ini, rumus yang digunakan adalah =(B2-B3)/B2. Bila dijabarkan, rumus ini mengurangi luas dari lahan kosong pada tahun x dengan tahun sebelumnya. Lalu, pada langkah selanjutnya, hasil tersebut dibagi dengan tahun sebelumnya. Yang perlu diperhatikan, pada persentase perubahan, adanya nilai minus juga menunjukkan persentase dari perubahan penurunan. 

Nah itu dia cara-cara menghitung persentase baik kenaikan maupun penurunan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak pengolah angka yakni Microsoft Excel dan memanfaatkan rumus-rumus yang tersedia. Tips dalam menghitung atau mencari besaran persentase baik kenaikan ataupun penurunan, penting bagi kamu untuk memperhatikan bahwa nilai baru atau nilai akhir dihitung dengan menggunakan cara perkalian, sementara nilai awal dan persentase dihitung dengan cara pembagian.

Bila kasus yang kamu hadapi melibatkan adanya persentase kenaikan, maka jumlahkan 100% dengan persentase. Sementara bila mencari persentase penurunan maka kurangi 100% dengan persentase, hal ini berlaku untuk seluruh soal persentase mulai dari yang dikerjakan dengan cara perkalian ataupun pembagian. Jangan lupa juga untuk mencermati bila menggeser tanda desimal bila memang diperlukan, pahami cara pembulatan angka agar hasil penghitunganmu jadi tepat. Tulislah juga satuan yang sesuai, seperti persen ataupun rupiah.

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan orang lain ataupun kamu sendiri dalam membaca hasil kerjamu. Kamu juga harus memahami benar perbedaan rumus menghitung persentase kenaikan dan persentase penurunan, dan jika nilai akhir lebih rendah dari nilai awal maka otomatis yang perlu dicari adalah tentu saja persentase penurunan. Tips lain untuk menghitung persentase dan memudahkan serta mempercepat penghitungan adalah dengan cara menyederhanakan penyebut atau nilai awal dengan angka 100 atau dengan nilai pembilang yang didapat dari selisih nilai awal dengan nilai akhir. 

Baik menggunakan Microsoft Excel ataupun menghitung persentase menggunakan fungsi dalam Microsoft Excel sejatinya akan menghasilkan nilai yang sama bila caranya tepat. Namun tentu menggunakan Microsoft Excel akan lebih efektif dan efisien bila data atau angka yang akan diolah jumlahnya banyak, sehingga tak repot untuk melakukan penghitungan manual pada masing-masing data. Tutorial aneka cara menghitung persentase kenaikan penurunan di excel pun sudah banyak beredar di situs-situs internet, cukup mencarinya dengan mesin pencari saja. Nah, jadi cara manakah yang lebih kamu pilih dalam menghitung persentase?

Baca juga:

Cara Menghilangkan Tulisan Page 1 di Excel

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP